Keseharian Executive Handal

Posted on February 9th, 2018

“Greatness lies not in being strong, but in the right use of strength.” (Henry Ward Beecher)

BELAJAR dari pengalaman nyata orang lain, dari contoh hidup mereka, akan lebih menggairahkan. Dalam blog, Management Metablog, 13 Juni 2017, Christina DesMarais menuliskan tentang “40 Daily Habits of High Achieving Executives” yang mengulas apa yang dilakukan para executive handal dalam kesehariannya.

Sering kita mengenal mereka berkaitan dengan pekerjaan besar yang dilakukan. Karena itu, menarik untuk kita simak beberapa di antaranya:

1. Say you’re sorry.

Diperlukan kebesaran jiwa untuk menyampaikan permintaan maaf. Ini merupakan pernyataan bahwa saya salah dan lawan bicara yang benar. Kontrasnya, orang biasanya lebih gampang mengucapkan Terima kasih, tapi inipun tidak mudah buat orang tertentu. (Abraham Piper, Founder and Chief Creative Officer of Online Publisher Brainjolt)

2. Exercise every day.

Di tengah kesibukan harian, saya akan meluangkan waktu untuk berolah-raga. Perlu balance agar bisa tetap fit dan aktif seharian. Olahraga harian juga penting karena memberikan saya feeling bahwa saya komit meluangkan waktu berharga untuk mengurus diri sendiri. Budaya kami di perusahaan Keds mengakui bahwa konsumen, sebagaimana halnya kita semua, sangat sibuk. Insight ini kami gunakan untuk membuat sepatu yang bisa dipakai wanita ke manapun mereka pergi. Jadi luangkan waktu untuk olahraga, selain penting untuk meningkatkan produktivitas dan tetap fokus, juga bagian dari gaya hidup yang didukung produk kami. (Gillian Meek, President of Keds)

Kebiasaan ini juga dijalankan oleh Marie Tillman (Founder and CEO of Children’s Clothing Retailer Mac and Mia) dengan olahraga pagi sebelum seisi rumah bangun. Menurutnya, ini sangat membantu untuk mengatasi stress dan menyegarkan pikiran untuk menentukan prioritas hari itu.

Bersama team di CHR kami juga melakukan gerakan stretching di tempat kerja setiap jam 10:00 dan jam 15:00.

9 Feb 2018_Keseharian Executive Handal3. Hand write your top five for the day.

Adam Robinson, CoFounder and CEO of Hireology, memulai 15 menit pertama harinya dengan menuliskan 5 “Top Five of The Day” dalam lembar baru notebooknya. Ini adalah langkah menuju pencapaian goal besarnya. Menurutnya, walau tidak semua yang dituliskan itu diselesaikan, paling tidak ada sekitar 300 critical items yang bisa diselesaikan setiap tahun.

4. Never stop asking for advice and help.

Menemui pelanggan untuk merekam masalah yang sedang dihadapi. Buka diri, kesampingkan rasa konfiden berlebihan pada produk/model yang sudah ada atau pada pengalaman kita sendiri dan DENGARKAN. Dengarkan dengan tulus. Dengan cara seperti ini, kita akan mengasah sikap kritis kita untuk menangkap berbagai peluang atau cara baru untuk memperbaiki produk kita. (Rich DiTieri, CEO of Startup Institute)

5. Clean up email.

Puluhan bahkan ratusan email membanjiri inbox kita setiap hari. Saya membiasakan diri untuk memanfaatkan sejam di awal dan di akhir jam kerja untuk segera menjawabi email klien dan anggota team. Ini membuatku up to date tentang proyek yang sedang berlangsung dan juga me-manage inbox saya secara cermat. (Marie Chan, Partner at Vivaldi)

6. Call someone important to you.

Dalam perjalanan ke tempat kerja atau sore pulang ke rumah, saya membiasakan diri untuk menelpon seseorang yang penting dalam kehidupanku. Pilihan ini lebih diutamakan daripada mengirim pesan lewat SMS, WA atau sarana social lainnya. Ini akan membuatku terus merasa dekat, connected, bisa berbagi cerita dan tawa ria. (Katie Kemerling, CMO of Digital Marketing Agency Ervin and Smith)

7. Treat people as you would want to be treated.

Sebagai bisnis keluarga di service industry, kami percaya bahwa strategic competitive advantage kami yang paling utama dan satu-satunya adalah “engaging our people” sejalan dengan Values yang kami anut:

“Empathy, striving to treat others–both customers and fellow team members–as we want to be treated, is Pyle’s first core value.”

Memperlakukan mereka sebagaimana kita sendiri ingin diperlakukan. Hidup sesuai value ini akan menciptakan ownership, yang akan menjamin job security jangka panjang bagi Pyle People dan keluarganya. Langkah ini sekaligus menjamin terciptanya budaya yang mempererat hubungan dengan asset utama kami: PEOPLE. (Peter Latta, CEO of Transportation and Logistics Provider A. Duie Pyle)

8. Ask yourself why you do what you do.

Banyak hal yang terjadi atau yang dilakukan dalam kehidupan ini setiap hari: membanjirnya email atau pesan-pesan melalui WA/SMS; menjalankan bisnis; bertemu pelanggan, mengelola kehidupan pribadi atau mengatur diri sendiri. Rahasiaku untuk tetap termotivasi dan fokus adalah dengan bertanya pada diri sendiri:

‘Why am I doing what I’m doing? What impact do I want to make?’

Dengan menjawabi pertanyaan itu secara tulus, saya akan dengan mudah membedakan mana yang harus dikatakan YA dan mana yang NO, dan juga menjaga keseimbangan dalam kehidupan pribadi dengan kehidupan professional saya. (Foram Soni Sheth, CoFounder and Career Coach at Coaching Company Ama la Vida)

Ini hanya sedikit dari contoh kebiasaan kecil para executive, yang mungkin bisa memberikan ide untuk mencermati kebiasaan positif kita sendiri.

Saya sendiri membiasakan diri untuk meditasi 30 menit tiap malam jam 01:30, untuk melatih fokus dan speed recovery agar kembali segar untuk berkarya. Saya juga mengajak follower saya di social media untuk pagi-pagi membangun mindset positif melalui tiga inspirational quotes yang saya posting sebelum jam 06:00. Saya juga rutin olah-raga pagi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Teman-teman semua tentu mempunyai kebiasaan positif yang ingin dibagikan. Silahkan di-share dengan menanggapi postingan ini di social media atau email josef.bataona@gmail.com. Terima kasih sebelumnya.

“If your attitude toward the world is good, you will obtain good results. If your attitude is excellent, excellent will be your results.” (Earl Nightingale)

Bookmark and Share

4 Responses to Keseharian Executive Handal

  1. Bily says:

    Selamat pagi, pak Josef. Saya Bily, pernah bertemu bapak pada satu sesi pelatihan BISMA Indofood Leadership Camp, sebagai peserta pada tahun 2017.

    Terimakasih pak, tulisan-tulisannya sangat menginspirasi. Membaca blog bapak saya jadikan kebiasaan positif di setiap pagi saya. 🙂

  2. Ratih says:

    Terima kasih atas contoh-contoh di atas dan senantiasa mengingatkan kita untuk berpikir serta bertindak positif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Tromol. Semoga pemahaman ini akan semakin meningkatkan kerja sama dalam tim. Salam

Tromol:
Semakin paham arti TRUST sesungguhnya yang aplikatif dan thanks pak Josef Bataona atas sharing materi ini....

josef:
Terima kasih Haris. Ikuti terus artikel baru yang akan hadir setiap hari Jumat dan Selasa pagijam 08:00

haris h sidauruk:
kereen om Bataona. Regards Haris H. Sidauruk

josef:
Terima kasih Santi, dengan membiasakan diri mengatur tutur kata terhadap rekan kerja, teman2 di masyarakat...


Recent Post

  • Menyamakan Makna TRUST
  • Komunikasi dan Seni Mendengarkan
  • Pilihan di Tangan Anda
  • Tutur Kata Seorang Pemimpin
  • Bawa Juga Hatimu ke Tempat Kerja
  • Kartini Zaman Now
  • People With Purpose
  • Menularkan Kebaikan
  • Bahagia itu Sederhana
  • Talent Value Proposition