Let us Play the Game

Posted on April 26th, 2019

“The great solution to all human problems is individual inner transformation.” (Vernon Howard)

ERICKSON WORLD GAME memang dibuat penuh FUN, membuat peserta belajar tanpa merasa diajarkan. Mereka harus merasakan bahwa mereka adalah bagian dari Game, bukan penonton. Dan dari situasi seperti itu, diharapkan bisa menelorkan berbagai inspirasi untuk menyusun proyek dari berbagai tim, sesuai dengan pilihan masing-masing. Diawal sesi hari pertama, bahkan Marilyn sempat melemparkan bola dunia yang akan ditangkap peserta dan diteruskan kepada yang lain, perlambang, tanggung jawab untuk memelihara planet ini adalah tanggung jawab bersama. Bagaimana para coaches bisa memainkan peran penting untuk mengajak berbagai pihak untuk juga turut mengambil bagian.

Coach Position

Komitmen sebagai coach, entah life coach atau business coach, diawali dari diri sendiri, seberapa sering saya sebagai individu membiasakan diri untuk menatap masa depan dan menanyakan kontribusi apa yang bisa saya lakukan untuk masa depan yang lebih baik. Masa depan ini, bisa diri sendiri, keluarga, tim Kerja, lingkungan, atau dunia dimana saya berada. Perilaku ini akan dipertajam saat saya membuat komitmen untuk menjadi coach, baik dalam kapasitas sebagai individu atau sebagai seorang leader. Namun dunia ini bergerak cepat, kita membutuhkan sebuah movement yang melibatkan lebih banyak coach lagi.

Pada kesempatan World Game 2019 di Turkey, Marilyn, Founder and President of Erickson College International mengajak semua coaches dari 50 negara yang hadir untuk turut mengambil bagian dari berbagai inisiatif sesuai dengan pilihan sendiri. Dalam presentasi pengantar, Marilyn menyampaikan, bahwa ada 7 Elements to Build a Deep ‘Commitment Focus’ for the 21st Century:

  1. Link to the future!
  2. Link to the development of others!
  3. Take on big problems. Take on a game worth playing!
  4. Explore your unique contribution – your uniqueness becomes available and comes alive when you contribute it.

Saya memilih berada di team Millennial. Kami berusaha membahas issue kekinian yang memungkinkan masing-masing bisa berkontribusi. Berikut tim yang sudah dibentuk:

Komitmen Team

Komitmen team hanya akan solid kalau setiap individu dalam tim mempunyai komitmen tinggi. Proyek kami diberi code name: Bee, dan sengaja menyasar mereka yang berada di usia 18-35 tahun. Tema besarnya: Within the next 5 years the Gen 15-35 are aligned within the 4 quadrants. Tentu saja di target area yang disepakati.

Ini merupakan bagian dari komitmen Turkey World Game. 3 Aspek berikut ini merupakan deep commitment focus diantara anggota team:

  1. Commit yourself to results! We have access to an amazing repertoire of solutions when we request it!
  2. Move into action. (Being a Coach is a commitment to awaken ourselves and others now). Declare it!
  3. Announce it! For example: This is what we are planning to do about this specific ecology issue.

Beberapa foto team Bee Project

Paparan Komitmen

Masing-masing team (sekitar 10 team) harus memaparkan  komitmennya kepada anggota team lainnya di ball room, agar bisa tercipta gelombang positif dalam rangka menjawabi pertanyaan: who are we as humanity with its strongest potential moving forward? Berikut kesempatan presentasi dari Proyek BEE.

Kegiatan ini masih akan berlanjut, walau masing-masing anggota team telah kembali ke negara masing-masing. Sementara itu Joy, happiness, positive vibes yang dimunculkan selama World Game, akan dibawa serta oleh masing-masing peserta, seakan membawa lilin yang sedang menyala dan siap untuk dibagikan kepada siapapun yang bisa mendapatkan manfaat dari nyala lilin tersebut. Dan nyala lilin tersebut tidak akan berkurang, walaupun dibagi berkali-kali, seperti kata bijak di akhir tulisan ini.

“Thousands of candles can be lighted from a single candle, and the life of the candle will not be shortened. Happiness never decreases by being shared.” (Buddha)

 

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Ratih, tidak perlu malu pada diri sendiri. Sebaliknya bersyukur bahwa kita masih bisa...

josef:
Terima kasih sama2 Santi, kita semua belajar dari semangat pantang menyerah. Cermin yang dihadirkan melalui...

Ratih:
Hebat Pak Joyo, punya optimisme dan semangat yang tinggi … Saya jadi malu pada diri saya sendiri 🙂

Santi Sumiyati:
Luar biasa pelajaran dari Joyo, yang Bapak paparkan kepada kami. Semangatnya mengingtkan saya untuk...

josef:
Terima kasih bu Santya, telah mengunjungi blog ini yang berisi lebih dari 660 artikel dengan berbagai...


Recent Post

  • Optimisme Pekerja Mandiri
  • Positive Organization
  • Benih Positif di Taman Kehidupan
  • Mengenal dan Memotivasi Team
  • Perluas Wawasan
  • Konektivitas Bermakna
  • Lestarikan Tradisi sambil Bersyukur
  • Mengapresiasi dengan Perilaku Positif
  • Menenun Kebersamaan Lintas Negara
  • Let us Play the Game