Dari pantai ini semua kisah berawal

Posted on November 7th, 2011


Horizon perspektif kehidupan saya saat itu tidak lebih luas dari batas pandang ketika berdiri di pantai ini. Namun kami percaya bahwa di balik batas itu ada bentangan luas kesempatan yang luput dari imaginasi siapa pun di desa itu, desa Lamalera di selatan pulau Lembata Nusa Tenggara Timur.

Ketika pamit dengan orang tua untuk menempuh jalan yang belum diketahui lika-likunya, pesan mereka pun sangat sederhana: “Jangan memilih-milih kerjaan, dan jagalah kepercayaan orang padamu”

Pesan singkat ini memberi makna yang lebih dalam, bahwa tiap pekerjaan yang diberikan akan membuka pintu kesempatan lainnya, kalau kita menerimanya dengan penuh syukur dan mengerjakannya sepenuh hati. Dan modal dasarnya adalah kepercayaan (trust).

Itulah bekal yang sangat berharga dari desa saya. Saya sangat berterima kasih atas bekal dari orang tua, dan bangga berasal dari desa ini. Setiap tampil berbicara di depan publik, foto desa ini saya gunakan sebagai slide pertama saat memperkenalkan diri.

Bookmark and Share

18 Responses to Dari pantai ini semua kisah berawal

  1. eriman says:

    sederhana dan dalam, pesannya Pak.senang bisa belajar dari blog Pa Jos.salam kenal Pak

  2. Erna Sidhi Prasena says:

    Saya selalu ingat cerita2 nya tentang Lamalera, selalu membayangkan indahnya pantainya, hanya bisa lihat dari nasional geography …..

  3. isti'anah says:

    Saya sangat tertarik dengan”Human Resource Management”. Meskipun saya sekarang tidak berkecimpung dalam hal tersebut, saya masih berminat mendalaminya. Apalagi mengenal sosok yang sangat menginspirasi seperti Pak Jos, semua yang disampaikan pastilah akan membangkitkan semangat untuk berkarya lebih baik pada rekan2 maupun karyawan. Hope we can learn more from u about anything to be “our self”, but better every day.

    • josef josef says:

      Terima kasih Istiana. Saya dengan senang hati untuk membagi melalui blog ini. Sebarkan berita kepada teman2 lain, dan saya akan membagi ceita baru setiap selasa dan jumat pagi

  4. Nusril Ahadi says:

    Dear Pak Jos,

    Sungguh menyenangkan sekali jika dapat kesempatan kembali menyelam dengan bapak
    seperti di Lembongan-Bali beberapa tahun lalu.
    ( apalagi kalau di Lamalera-Lembata …… )

  5. Hari says:

    Dear Pak Josef,

    Sayang saya hanya sesaat bisa mengenal Bapak pada saat Bapak mengajar di CHRP 8 dan itupun Bapak pasti tidak tahu siapa saya.

    Padahal saya ingin sekali bisa “berguru” dan mendapatkan ilmu karena saya tahu dan yakin Bapak gudang nya, tapi saya tidak tahu harus bagaimana.

    Dengan adanya blog ini paling tidak saya bisa belajar dan “nyontek” sesuatu dari Bapak. Terimakasih Pak Yosef. Sukses selalu. Tuhan memberkati.

    Salam,
    Hari

    • josef josef says:

      Hi Hari, masih banyak jalan untuk kita saling berbagi dan saling belajar. Saya kagum dengan keinginanmu untuk terus belajar. Mudah2 an blog ini bisa memenuhi keingin-tahuanmu. Semoga Hari juga terus sukses dan sehat

  6. Rifqi says:

    Wah senangnya bisa belajar inspirasi dari praktisi HR yang sudah berpengalaman… 🙂
    Sebelumnya saya tahu nama Josef Bataona dari majalah HC,,dan membaca artikel2nya portalHR… saya senang sekali Pak Josef bersedia berbagi ilmu dan kebijaksanaannya. Salam kenal Pak Josef :D.
    Semoga PortalHR membuatkan blog praktisi2 HR berpengalaman lainnya..agar kami penyuka HRM, people development, mendapat input2 positive. 😀

    • josef josef says:

      Terima kasih Rifqi. Memang itulah tujuan kami bersama portalhr untuk menghadirkan praktisi lainnya setelah ini. Mudah2an sharing ini bermanfaat. Salam

  7. Meisia says:

    Pak, Aku mau dong mengunjungi desa Lamalera.. it’s an amazing place to grow up. Ada ikan pausnya juga kan? Ditunggu cerita-cerita tentang desa bapak juga di blog ini…

    Kapan bapak mau ke sana, aku ikuttt yaaa…

    meisia

    • josef josef says:

      meisia, bisa kita atur, pokoknya penginapan disana terjamin. Bukan saja bisa lihat ikan paus, tapi juga mengunjungi pasar barter, kita bawa ikan dan ditukar dengan jagung, pisang atau sayuran.

  8. jhon says:

    weiii … asik indah sekali 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih Jhon telah mengunjungi blog ini. Saya akan hadir dengan cerita baru setiap selasa dan jumat pagi. Melalui akun tweeter @josefbataona saya hadir seiap kamis pagi dengan rangkaian #curhatSTAF, menyuarakan curahan hati staf tentang boss mereka.

  9. Simply yuven says:

    Mengenang tanah air, kampung halaman, levo tana,tidak selalu mampu dibuat setiap anak tana. Trims telah belajar sebuah kebijakan ttg mengakar ke levotana dan menjangkau luas ke 8 penjuru mata angin. Aku berterimakasih dan mau belajar sukses dari Ama sebagai putera Lamalera, Flobamora tercinta. GBU

    • josef josef says:

      Terima kasih Simply, telah mampir ke blog ini dan menyimak kisah2 disini. Sudah cukup banyak kisah perjalanan dan pengalaman yang saya sajikan disini, dalam rangka berbagi untuk yang mau mencernanya. Saya akan hadir tiap selasa dan jumat pagi dengan cerita2 baru. Melalui akun tweeter @josefbataona tiap kamis pagi saya menyuarakan curahan hati staf kepada boss mereka melalui #CurhatSTAF. Salam

  10. Sten says:

    Pak Yos,

    Saya juga jadi pengen bgt keliling pulau bunga sampai ke pulau lamalera. Saya jadi malu dari dari sana tetapu belom sempat menjelajahi pulau indah ini. Pengalaman Bapak menginspirasi saya dan semoga anak-anak muda dari kampung2 di pulau bunga bisa mendapatkan semangat dari bapak.

    Tks sudah berbagi pak

    Cheers
    Sten

    • josef josef says:

      Terima kasih Sten. Kenangan akan desa kelahiran dan juga tempat2 lain di NTT, alam, budaya dan manusianya, meninggalkan kesan mendalam dan akan terus terekam dalam hati saya. Tidak akan pernah bosan2nya mengunjunginya kembali. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Ratih. Semua kita punya kontribusi untuk menciptakan lingkungan untuk tumbuh kembangnya mindset...

Ratih:
Penutupnya keren Pak, “fokus pada solusi”. Hal ini akan mudah diterapkan jika kita punya mindset...

josef:
Terima kasih Ratih, sungguh cantik, hanya terbatasnya ruang untuk penyajian saya di blog. Salam

Ratih:
Cantik sekali ya Pak pemandangannya..

josef:
Terima kasih Tromol untuk waktunya menyimak kisah ini. Banyak momen hadir dihadapan kita, untuk mengingatkan...


Recent Post

  • Kick-off Coaching Program
  • Suasana Penuh Kedamaian
  • Jadikan Pelajaran Berharga
  • Swedia Negara Ribuan Pulau
  • World’s Happy Countries
  • Indahnya Ciptaan Tuhan
  • Meaning dibalik Aktivitas
  • Optimisme Pekerja Mandiri
  • Positive Organization
  • Benih Positif di Taman Kehidupan