Maling Keren

Posted on April 16th, 2021

ā€œIf you train your mind to search for the positive things about other people, you will be surprised at how many good things you can observe in them and comment upon.ā€ (Alan Loy McGinnis)

KRING … KRING… Ibu Linda ada maling di depan rumahmu. Kata tetangga depan rumah dengan suara berbisik di tilpon. Jam menunjukkan 01:00 lewat sedikit. Saya bisa melihat ada seorang pria, dan juga sebuah motor parkir di depan rumahmu. Ibu Linda kemudian menyingkap sedikit gordijn kamarnya, dan ternyata kelihatan ada orang. Ibu tetangga kemudian meminta bu Linda membangunkan suami dan lain2 di rumah, dan katanya dia akan terus memonitor di telpon, jadi jangan diputus telponnya. Ibu Linda kemudian membangunkan suaminya, yang spontan meraih apa saja yang bisa dijadikan pentungan, sambil juga membangunkan anak lakinya di ruang lain. Spontan mereka teriak maling …… maling….. ibu tetangga dengan penuh cemas terus memantau dari jendela rumahnya… juga berteriak: maling….! (kedua nama itu bukan nama sebenarnya)

Tetangga yang peduli

Hidup bertetangga, merupakan kehidupan keluarga lingkar luar terdekat. Bukan kebetulan bahwa kita memilih rumah bersebelahan. Ada tugas kemanusiaan yang dirancang alam semesta untuk saling membantu dan bersama melakukan tugas yang akan kita pahami begitu tugas itu hadir di depan kita.

Kejadian yang dialami bu Linda, merupakan buah kebaikan dari upaya membina hubungan kekerabatan dengan tetangga, sehingga dalam keadaan sulitpun mereka akan sangat diandalkan. Bayangkan, kalau ibu tetatngga itu tidak bangun tengah malam dan tidak melihat kehadiran orang yang patut dicurigai seperti itu, dampaknya bisa beda.

Hal penting yang terlintas di pikiran bu Linda, betapa saya mensyukuri punya tetangga yang punya kepedulian tinggi.

Sambil mensyukuri peran penting tetangga seperti itu, kita diajak untuk terus membangun hubungan positif dengan lebih banyak orang di sekitar kita. Semoga gelombang positif akan terus menyebar, menyentuh lebih banyak orang

Kejutan di Rumah bu Linda

Kembali ke soal maling, suami bu Linda semakin yakin akan hadirnya orang tak dikenal, setelah melihat bahwa pintu pagar terbuka, ada motor parkir di jalan depan rumah, dan sepintas dalam keremangan ada pria, tapi duduk di bangku. Ada apa? Apakah dia sedang mengintai?

Sambil teriak maling… maling, mereka berhamburan keluar rumah dengan pentungan apa adanya di tangan….

Ibu tetangga terus memantau dan memberi laporan sambil berbisik kepada ibu Linda.

Sebelum pembawa pentung mengambil tindakan, mendadak dari sudut halaman ada suara wanita: Pa… ini Irma…..

Kaget sambil mencoba menahan diri, penghuni rumah hanya bisa terdiam lemas, sementara Irma dengan senyum (bukan ketakutan) terus mengulang … ini Irma..

Ala Selebrity

Irma, yang merupakan asisten rumah tangga bu Linda, sedang duduk berhadapan dengan seorang pria. Di atas meja kecil itu nampak sepintas ada kue kecil. Rupanya, pria itu adalah pacar Irma. Dia hadir di awal hari itu, dengan sepotong kue, ingin ajak pacarnya yang bernama Irma untuk tiup lilin ulang tahun.

Maaf bapa dan ibu, hari ini Ulang Tahun Irma, jadi pacar Irma mau ajak tiup lilin. kata Irma.

Kenapa kamu tidak bilang2, kata bu Linda dengan nada meninggi penuh kecewa.

Saya juga tidak tahu bu, kata pacarku, biar kejutan, jawab Irma.

Walaupun dengan sinar lampu yang remang2, bisa terlihat ekspresi ceria di wajah Irma dan pacarnya…. Dan lebih mengejutkan saya yang menulis kisah ini, pacar Irma berangkat dengan motor dari desa sebelah yang berjarak sekitar 40 km.

Mereka menyaksikan acara2 TV, dan mereka belajar untuk memberi kejutan ulang tahun ala selebrity kepada pacarnya.

Mereka Belajar Kita Juga Belajar

Tetangga bu Linda yang terus memonitor situasi via telpon, hanya bisa menggelengkan kepala begitu mendengar laporan balik dari bu Linda. Bu Linda bercerita penuh semangat, hampir tidak percaya akan apa yang terjadi di rumahnya. Buat saya ada pelajaran unik yang dihadirkan untuk kami semua yaang mendengar cerita ini:

 

  1. Apapun latar belakangnya, Irma sebagai manusia membutuhkan perlakuan sebagai pribadi yang dihargai, penting dan istimewa
  2. Banyak momen yang bisa digunakan untuk mengekspresikan, betapa berharganya Irma di mata pacarnya
  3. Kejadian di sekitar kita adalah sumber pembelajaran. Pacar Irma belajar dari siaran TV, bagaimana para selebrity memberikan kejutan saat pacarnya atau keluarganya berulang tahun. Pacar Irma cepat belajar, dan mengimplementasikan kepada Irma, dan sungguh kejutan buat Irma. Hari Itu, di mata pacarnya, Irma adalah selebrity.
  4. Kapan suamimu berulang tahun? Tanyaku kepada bu Linda. Agustus. Peristiwa ini boleh jadi mengingatkanmu untuk juga memberikan kejutan pada suamimu saat ulang tahun nanti. Caranya? Terserah … yang penting unik dan tulus

 

Setiap hari kita berkesempatan untuk berbuat kebaikan, sebagai role model untuk bisa di contoh siapapun di sekitar kita. Karena itu, setiap hari niatkan dengan tulus: Apa kebaikan yang akan saya sebarkan kepada orang2 sekitar kita? Apa langkah kecil yang bisa saya lakukan hari ini untuk menginspirasi banyak orang, untuk bersama menyebar kebaikan demi lingkungan yang lebih baik, dan Indonesia yang lebih baik.

ā€œI have seen many storms in my life. Most storms have caught me by surprise, so I had to learn very quickly to look further and understand that I am not capable of controlling the weather, to exercise the art of patience and to respect the fury of nature.ā€ (Paulo Coelho)

 

Bookmark and Share

2 Responses to Maling Keren

  1. Sofia says:

    Terharu sekali membaca tulisan pak Josef diqtas. Benar pak.. be act based on apa yang kita pelajari sebelumnya.. dan akan bisa terus belajar.
    Dan yang pasti quote penutupnya benar benar mengena pak..
    Thank you for sharing

    • josef josef says:

      Terima kasih mba Sofia untuk kunjungan ke blog dan menyimak tulisan ini. Kita belajar setiap hari dari berbagai peristiwa disekitar kita. Kisah ini bisa saja berlalu begitu saja. Ketika saya mendengarnya, naluriku membisikan bahwa ada pelajaran kehidupan penting dibalik itu. Karena itu saya hadirkan untuk pembaca semuanya. Dan kutipan penutup, akan terus mengingatkan saya, mba Sofia dan lain2nya untuk terus belajar. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 mas Arie, saya juga senang kita bisa belajar bersama. Salam untuk teman2 semua

Arie Frederik:
Terima kasih Pak sudah mau membagikan pengalaman dan materi ini ke kami. Kami semua senang mendapatkan...

josef:
Terima kasih sama2 pa Dedy, terima kasih juga sudah berkenan mengunjungi dan menyimak tulisan di blog ini....

Dedy:
Terima kasih sharenya pak Josef.

josef:
Terima kasih sama2 Santi. Melalui Prof Jennifer, kita mjulai sadar bahwa ada penjelasan ilmiah tentang Humor...


Recent Post

  • Pandemi: Empathy dan Coaching
  • FUN di Tempat Kerja
  • Dosen Yang Tanggap Perubahan
  • Maling Keren
  • Terima Kasih Pintuku Dibuka
  • VALUES Landasan Sukses
  • BERMAKNA Bagi Orang Lain
  • Berani Bersuara
  • Saya Belajar Bersyukur dari Murid SD
  • Mengukir Positive Legacy