Agar Api Semangat Terus Menyala

Posted on March 14th, 2014

“The world becomes a better place the moment you act on an intention to serve another.” (Fish Omnibus)

KISAH TERKENAL di Pasar Ikan Pike Place, Seattle Amerika memang menyuguhkan situasi yang unik sekaligus Fun: ada teriakan, ada nyanyian, senda gurau dari karyawan sambil bekerja. Ikan-ikan dilemparkan untuk ditangkap dengan cekatan oleh karyawan di bagian lain, bahkan juga oleh pengunjung.

Sesungguhnya yang ingin dicapai dengan penerapan model kerja seperti itu adalah, di samping karyawannya menyenangi pekerjaannya sepanjang hari, mereka ingin juga para customer terlibat aktif dalam susana positif seperti itu. Harapannya adalah ketika customer meninggalkan tempat itu, walaupun tidak membawa ikan, mereka terus mengenang suasana kerja ceria positif, mereka bercerita pada teman-temannya dan diharapkan mereka akan kembali lagi.

Bukan Sebuah Program Tapi Falsafah

Karyawan di sana tidak melakukannya karena mereka ingin menjual lebih banyak ikan. Tidak !! Mereka hanya ingin bahagia dalam bekerja dan mereka juga menyadari bahwa mereka perlu konsentrasi melayani dan membantu orang lain.

Dengan cara seperti itu mereka bisa memperoleh kepuasan yang tidak terbayangkan. Semakin mereka melayani, semakin banyak orang datang ke pasar ikan itu dan semakin banyak ikan yang dijual. They are not selling fish; they are making the world a better place to live, one engagement at a time. At the end they sell a lot of fish. Demikian pengakuan pelanggan yang datang ke sana.

Karena itu di samping inisiatif yang dilaksanakan, peran komunikasi sangat penting, agar tim terus memahami falsafah di balik inisiatif tersebut. Empat falsafah yang dimaksud adalah: Choose Your Attitude, Make Their Day, Play, Be Present. Peran papan komunikasi yang kami namai Fish World turut me-reinforce konsep ini.

Tampilan Fish World by josefbataona

Agar Api Semangat Tetap Menyala

Kreasi-kreasi baru, walaupun untuk kejadian yang rutin terus disodorkan. Demi saling mengingatkan tentang hidup sehat, tim Mindslim diundang untuk presentasi, sambil diperkenalkan pola hidup sehat. Atau tips untuk Personal Planning dan Financial Checkup agar tujuan hidup dapat dicapai secara terstruktur dan bijak, dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Tidak lupa pula memikirkan aspek social media dengan menghadirkan FISHWorld via Facebook dan twitter @fishworldchr. Yang disebut terakhir belum aktif. Kami masih dalam tahap belajar, tapi jangka panjang ini akan bermanfaat. Quotes menginspirasi terus hadir di desktop anggota tim, dan tentu saja stretching sehat tiap jam 10:00 dan 15:00 terus berlanjut.

Slide 1

Serah Terima dan Learning Points

Tugas tim Make Their Day di Episode 2 sudah usai, dan serah terima tugas diberikan kepada Tim PLAY, termasuk serah terima tanggung jawab pengelola sosmed dan penanggung jawab stretching dan PIC/Assistant FishFUN.

Slide 2

Tiap kali handover ke tim baru yang akan bertugas, tim lama akan juga membagi apa saja yang dipelajari dalam memfasilitasi implementasi falsafah FishFUN termasuk “Make Their Day.” Di antaranya;

  • Semangat bahu membahu yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
  • Bisa lebih memahami peran masing-masing dan mengoptimalkannya dalam membuat suatu kegiatan yang positif sehingga menularkan semangat dan antusiasme yang positif.
  • Lebih mengerti arti persahabatan dan berusaha membuat hari (pagi hari) kawan lebih indah (yang ultah).
  • Belajar bersabar dalam menghadapi tantangan demi tantangan, baik dari sisi pekerjaan maupun relasi dengan orang lain.
  • Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Ide yang cemerlang untuk membuat suatu kegiatan dihasilkan dari gabungan pemikiran para tim yang saling melengkapi.
  • Dengan inisiatif kecil, dengan perhatian pada orang lain, kita membangun mindset positif sekaligus menghadirkannya sepanjang hari di tempat kerja.

Setiap tim akan menelorkan ide-ide gemilang, karena itu, serah terima ke tim berikutnya juga dengan harapan akan memunculkan ide-ide kreatif baru lagi. Dan ide baru ini, tidak lain adalah dalam rangka melayani orang lain, agar bersama kita bisa menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik.

“It only takes a split second to smile and forget, yet to someone that needed it, it can last a lifetime.” (Steve Maraboli)

Bookmark and Share

10 Responses to Agar Api Semangat Terus Menyala

  1. Erlina says:

    Semangatt tetap, tetap Semangatt!! Pak 🙂

  2. Andreas Gautama says:

    Sangat bagus sekali. Suasana kerja yang hidup membangun kreatifitas dan sangat insipiratif

    • josef josef says:

      Terima kasih Andre, telah mengunjungi blog dan menyimak cerita ini. Ikuti terus posting berikutnya yang akan hadir setiap Selasa dan Jumat.

  3. litasari seruni says:

    Never full dressing without smile ya Pak. We choose our attitude. Great!!! Thanks a lot Pak.

    • josef josef says:

      Terima kasih Litasari, senyum adalah sesuatu yang sangat basic tapi sering diabaikan, padahal dampaknya luar biasa. Terima kasih untuk komennya.

  4. Bertinus says:

    Very inspiring, thank you Pak Josef, terutama tag terakhir mengenai “smile’ sangat bagus …

  5. Ratih says:

    Dengan lebih banyak senyum atau tawa di kantor, maka stok senyum dan tawa yang dibawa pulang ke rumah akan bertambah banyak pula ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan