Bersihkan Hati Bangun Semangat Baru

Posted on September 5th, 2014

“Laughing people are more creative people than serious people. They are more productive people.” (Dr. Madan Kataria)

MOMEN KEBERSAMAAN kali ini merangkum beberapa acara sekaligus. Ada Halal Bihalal, ada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-69 dan juga alih tugas dari Choose Your Attitude Team ke Be There 2. Semua ingin dibungkus dalam sebuah acara dengan tema seperti judul tulisan ini.

Pengantar Sekaligus Renungan

Usai bulan Puasa ada Hari Raya Idul Fitri. Untuk rekan-rekan kita yang merayakannya, ini merupakan tanda kemenangan setelah berpuasa sekaligus membangun komitmen untuk kembali bersih hatinya dan akan terus menjaganya dalam setiap perbuatan dan perkataannya setiap hati. Tim Choose Your Attitude turut mengantar semua kita untuk senantiasa memilih perilaku positif dalam rangka menciptakan lingkungan kerja menyenangkan.

Saat ini, mereka akan menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Tim Be There 2 yang sekaligus mengingatkan semua kita akan panggilan pelayanan dalam tugas kita. Be There atau Be Present setiap kali orang lain memerlukan uluran tangan kita.

Menciptakan Alasan untuk Interaksi

Dengan bangga Tim Choose Your Attitude memaparkan berbagai kegiatan, yang tentu saja dalam pelaksanannya bukan mereka sendiri, tapi seluruh CHR Team yang akan terlibat. Foto berikut ini memperlihatkan pemenang quiz selama periode itu.

foto1

Usai acara peregangan jam 10:00 atau jam 15:00, tiba-tiba ada tim yang melontarkan quiz untuk dijawab. Quiznya pun tidak sulit-sulit amat. Misalnya sebutkan nama produk Indofood. Atau sebutkan nama jalan di Jakarta yang dimulai dengan kata “Kebon”.

Di sana ada kecepatan berpikir, ada salah sebut yang menimbulkan tawa, ada juga demo pengetahuan umum, tapi yang terpenting ada alasan untuk interaksi antar tim.  Semuanya memakan waktu tidak lebih dari 3 menit, termasuk pemberian hadiah yang juga adalah produk Indofood sendiri.

Kejadian paling sering dan lumrah adalah Ulang Tahun. Tapi di sinilah tantangan paling seru, apakah tim bisa memunculkan berbagai kreativitas mereka untuk bentuk perayaan yang bervariasi.

foto2

Berbagai ekspresi wajah yang berulang tahun bisa menceritakan variasi perayaan yang disodorkan oleh tim. Ada satu keunikan, usai tiup lilin ada teman yang berulang tahun diminta untuk sharing apa yang paling menyentuhnya dalam kehidupan satu-dua minggu terakhir ini. Diapun berkisah, sudah lama diskusi dengan sang istri yang sudah kerja tentang bagaimana membesarkan anak bayinya. Berbagai pro dan cons digali. Pada akhirnya sang istri memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus membesarkan anak. Suatu ketika, bila anak-anak sudah besar, mungkin dia akan kembali bekerja. Menurutnya, ini merupakan moment yang sangat berarti demi masa depan anaknya.

Silaturahmi dan Makan-makan

Hari ini, kami berkumpul untuk saling bersalaman, memohon maaf lahir dan batin. Momen itu juga belum pas kalau tidak ada makanan. Kami sepakat untuk menghadirkan Potluck, saling sharing makanan yang dipunyai seperti nampak pada foto berikut.

foto3

Bangun Semangat Baru

Karena acara ini bersamaan dengan Peringatan Hari kemerdekaan, maka Tema Bersihkan Hati akan dirangkai dengan membangun semangat baru, meneruskan perjuangan para pendahulu kita. Tapi juga semangat baru untuk meneruskan semangat dari FishFun. Dan undangan Perusahaan untuk mengikuti lomba mendekor tempat kerja, langsung disambar oleh tim.

photo4)

Mereka mendiskusikan secara serius, mulai dari tema sampai ke detail pelaksanaannya. Di sini nampak jelas berbagai ide yang mengalir, kerjasama dalam eksekusi. Termasuk di dalam ide itu adalah menyambut tim juri dengan Tarian Jali-Jali (foto kanan atas). Juara tiga dari hampir 20 peserta merupakan buah dari kerja ini. Tapi tim masih melihat bahwa buah yang sesungguhnya adalah Kerjasama, Kreatifitas dan FUN. Dan perjalanan FishFUN masih berlanjut…

“You don’t work for a dollar – You work to create and have FUN.” (Walt Disney)

Bookmark and Share

4 Responses to Bersihkan Hati Bangun Semangat Baru

  1. Ratih says:

    Dengan adanya keinginan untuk menghadirkan inisiatif baru yg dapat membantu mencerahkan suasana kerja, kita jadi terlatih untuk kreatif.

    Dan bagi saya pribadi, kreativitas harus terus menerus dilatih dan dipupuk, sehingga tidak sulit untuk terus berinovasi. Secara tidak langsung, program FISH yg melatih kreativitas dalam menciptakan suasana kerja yg menyenangkan, dapat pula menjadi stimulus untuk terus berinovasi dalam tugas/pekerjaan sehari-hari.

    • josef josef says:

      Terima kasih Ratih untuk highlightnya, ini bukan sekali jadi. Harus berkesinambungan. Melalui program ini secara terus menerus kita melatih diri untuk berkreasi demi implementasi aspek perilaku positif mana saja. Terima kasih untuk terus mengunjungi dan menyimak kisah di blog ini

  2. siska tarigan says:

    Kalau suasana FUN diciptakan maka kreatifitas dan kerjasama akan lebih baik lagi. Tertawa memang salah satu sumber energi positif pak☺.

    • josef josef says:

      Terima kasih Siska, dan Siska sendiri sudah mengalaminya. Energi positif itu kalau terus kita tumbuhkan di tempat kerja, dampaknya dasyat. Terima kasih, selamat malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET