Meningkatkan Kerjasama Team Melalui FISHFun

Posted on June 21st, 2013

“Focus on the journey, not the destination. Joy is found not in finishing an activity but  in doing it.” (Greg Anderson)

KEGIATAN FISHFun sudah memasuki bulan ke-5. Seperti yang disampaikan sebelumnya, setiap team FISHFun akan bertugas selama dua bulan. Di akhir tugas, team-2 yang bernama PLAY, mereka harus memaparkan apa saja yang sudah dilakukan, learning point yang perlu diperhatikan oleh semua kita tapi terutama team berikutnya yang akan bekerja.

Analogi Kapten Team Sepak Bola

Briefing sudah sangat jelas tentang apa tugas team, baik secara kelompok maupun secara individu. Team PLAY menemukan sesuatu yang ingin mereka bagikan kepada kita. Walaupun ada pembagian tugas untuk masing-masing, namun dalam situasi tertentu di mana sang ketua tidak ada, mereka merasakan kesenjangan itu. Cermati team sepak bola.

Masing-masing pemain mempunyai tugas yang sangat jelas sesuai keahlian masing-masing. Namun demikian, mereka masih punya seorang kapten, yang akan memimpin, mengarahkan, atau mengambil berbagai keputusan bila diperlukan demi mencapai performance team yang optimum. Team PLAY kemudian menyarankan untuk mempunyai orang kedua yang akan mengambil inisiatif, seandainya ketua berhalangan dan belum ada yang merasa terpanggil untuk ambil inisiatif. Mungkin sungkan sama sang ketua.

Apa kata mereka tentang FISHFun

  1. Memberikan kesempatan dan sarana  untuk dapat mengenali diri sendiri dan mengekspresikan ide-ide kreatif yang dimiliki.
  2. Kesempatan untuk bekerja sama dalam 1 team (mengukur seberapa besar kebesaran hati saya untuk dapat menerima kritik dan masukan dari orang lain, saya masih harus banyak belajar untuk bersikap rendah hati dan tidak bersikap egois).
  3. Program FISH yang paling berkesan: streching dan morning briefing yang penuh dengan kejutan
  4. Acara Potluck atau makan-makan, selain makan gratis juga makin mengenal aneka makanan yang enak dan yang belum pernah dicoba.
  5. Memberikan kesempatan kontribusi semua anggota team.
  6. Kesempatan untuk meng-generate ide.
  7. Belajar 5S dengan gaya FISHFun buat saya paling berkesan.

Serah Terima ala FISH Fun

Tentu saja acara serah terima di akhir bulan Mei, tidak sekedar ritual. Mereka mengemasnya dalam sebuah acara untuk lebih mengenal produk perusahaan. Secara serius team mengumpulkan berbagai informasi tentang sejarah berbagai produk, menampilkan berbagai iklan di masa lalu, dan semua team berlomba melakukan display berbagai produk perusahaan.

Mengapa Harus Dilanjutkan

Team PLAY juga menyarankan agar FISHFun ini dilanjutkan. Beberapa butir penting alasan mereka, dipaparkan sebagai berikut:

  1. Program FISH merupakan kegiatan yang sangat menarik dan membangun untuk tetap dilaksanakan di CHR Indofood seperti pelaksanaan training Team Building informal.
  2. Membuat kerja sama dengan sesama anggota keluarga CHR terbina dengan lebih baik … bukan program untuk berkompetisi tetapi program untuk meningkatkan persatuan.
  3. Setelah kelompok Make Their Day selesai bertugas di bulan September dan apabila akan dibentuk kelompok kembali, maka sebaiknya anggota Team disusun kembali.
  4. Hal ini untuk memberikan kesempatan untuk bekerja sama dengan rekan kerja yang berbeda.
  5. Memberikan kesempatan pada masing-masing individu untuk mengeluarkan ide yang mungkin selama ini belum bisa disalurkan.
  6. Memberikan kesempatan untuk membangun team work yang baik.
  7. Memberikan kesempatan untuk ‘keluar’ dari rutinitas pekerjaan yang terkadang menjemukan.
  8. Program FISH harus tetap terjaga dan tidak terputus di tengah jalan,  untuk menjaga kebersamaan/kekompakan tim di CHR, jangan sampai pudar dan tenggelam dalam kesibukan masing-masing lagi seperti dulu dan menjadi silo.
  9. Awalnya ada beban dan sedikit berat menjalaninya karena harus pintar-pintar membagi waktu antara tugas pekerjaan yang harus dilakukan dengan rangkaian acara yang harus diikuti dalam program FISH. Kalau BlackBerry atau Smart Phone katanya: “Mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat,” maka FISH: “Mendekatkan yang jauh dan semakin mempererat yang dekat.”

Dan perjalanan ini disepakati untuk dilanjutkan, karena team melihat bahwa keempat filosifi FISH: Choose Your Attitude, Play, Be There, Make Their Day telah memperlihatkan hasil nyata. Pilihan perilaku positif sudah menjadi menu harian melalui latihan: “My Reason To Smiletoday. Perilaku sehat melalui program peregangan sudah mulai dirasakan manfaatnya. Dan tidak kalah pentingnya, semangat Tim untuk saling membantu sudah nampak dalam tugas sehari-hari. Ini akan membuat perjalanan karya selanjutnya akan terasa ringan, karena akan dibumbui dengan elemen FUN melalui FISHFun.

Terima kasih untuk Team PLAY dan selamat bertugas untuk Team BE THERE.

“The greater the loyalty of a group toward the group,  the greater is the motivation among the members to achieve the goals of the group, and the greater the probability that the group will achieve its goals.” (Rensis Likert)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih mba Sofia, kita mulai dengan membenahi diri disi sendiri, meningkatkan kemampuan memimpin diri...

sofia assegaff:
Thank you sharingnya ya pak Josef..

josef:
Setuju sekali pa Mul, sulit namun bukan berarti tidak mungkin. Latihan untuk secara sadar memilih kata atau...

Anasis:
Tutur kata dan perilaku yg beretika ini kadang yg sulit jk/krn kita banyak berhadapan dg berbagai orang dan...

josef:
Terima kasih pa Mul, sudah berkunjung dan menyimak tulisan ini. Betul sekali, Personal Branding ini selain...


Recent Post

  • Pentagon of Peak Performance
  • Great Team Player
  • Jurnal Bersyukur
  • Pandemi: Empathy dan Coaching
  • FUN di Tempat Kerja
  • Dosen Yang Tanggap Perubahan
  • Maling Keren
  • Terima Kasih Pintuku Dibuka
  • VALUES Landasan Sukses
  • BERMAKNA Bagi Orang Lain