Siapa Yang Memberikan Kegembiraan?

Posted on October 14th, 2014

“All seasons are beautiful for the person who carries happiness within.” (Horace Friess)

JANJI LINGKUNGAN PEGUNUNGAN adalah janji untuk pemulihan semangat, menyegarkan kembali pikiran dan hati, sejenak menjauh dari rutinitas tugas sehari-hari, dalam rancang program yang berbeda, program yang menggugah kreativitas, yang mendorong semangat untuk berlari lebih cepat, karena tuntutan bisnis memang demikian. Kompetisi menghendaki kita untuk keluar dari comfort zone dan siap bersaing.

Tata Nilai Perusahaan (Values)

Belajar atau persisnya refreshing tentang Values Perusahaan tidak pernah berhenti di berbagai momen. Dan seluruh program kebersamaan juga diramu dengan landasan Values Perusahaan. Ke-6 (enam) Values tersebut adalah:  Disiplin, Integritas, Menghargai, Kesatuan, Keunggulan dan Inovasi. Setiap tim harus menunjuk dua anggotanya untuk masuk ke dalam kolam renang untuk mencari bahan untuk diteruskan kepada team di luar kolam renang agar bisa merangkai berbagai Value.

Di sini bisa dibayangkan apa yang terjadi di dalam air, akibat kompetisi yang sangat ketat. Tapi ekspresi mereka memperlihatkan bahwa mereka bahkan ingin lebih lama lagi di kolam renang…

Kolam renang_Josefbataona

Flash back terima kasih dan ajakan melangkah

Dalam kata pengantar singkat menjelang acara malam kebersamaan, saya sengaja mengingatkan acara kebersamaan setahun lalu di pulau Ayer, di mana tema yang dipilih ketika itu adalah: “No US without U

“Masing-masing kita adalah bagian yang tak terpisahkan dari tim, dan tim ini tidak akan solid tanpa masing-masing kita sebagai anggotanya. Kebersamaan yang dibangun dalam moment ketika itu, sudah memberikan modal yang berharga dalam perjalanan setahun yang lalu. Saya tidak perlu mengulasnya karena masing-masing kita telah mengalaminya sekaligus sebagai kontributornya.

Kini kita sudah hadir kembali dalam setting yang berbeda. Kesempatan ini kami ingin juga menyampaikan terima kasih sekaligus penghargaan kepada mereka yang sudah berkontribusi di perusahaan selama 5 dan 10 tahun. Kontribusi mereka sangat berharga, baik untuk tim HR maupun perusahaan.

Service award_Josef bataona

Selanjutnya, marilah kita bergendengan tangan untuk terus melangkah. Kenangan manis akan menjadi pendorong yang meringankan langkah kita, sementara itu tantangan di depan seakan menjadi motivasi untuk kita melangkah karena percaya akan kekuatan kebersamaan.”

Talenta Tersembunyi

Sayang sekali kalau berkumpul bersama tanpa pamer kebolehan, terutama yang belum pernah dimunculkan. Tidak ada yang malu atau sungkan. Tidak ada demam panggung. Semua ingin tampil prima, dengan waktu persiapan terbatas. Tidak ketinggalan Pak Yudhi yang ingin mengajak semua menghangatkan badan dengan gerakan berjudul “Water Melon” seperti nampak pada foto berikut ini.

Watermelon_Josefbataona

Air Terjun Memberikan Kesejukan

Insentif bagi yang bangun pagi, ditengah udara yang dingin, tentu saja pemandangan pagi yang indah, yang layak untuk direkam, entah di kamera, HP atau iPad. Bercanda dengan alam, entah itu ikan di kolam, bunga, pohon.. .

Bercanda dengan alam_Josef bataona

Dan yang paling menarik adalah perjalanan ke air terjun di obyek wisata Curug Ngumpet, Gunung Salak Endah. Suasana sejuk, gemericik air terjun yang jatuh, alam sekitarnya yang indah, menyatu dan terekam rapih dalam ingatan. Teringat kata-kata manis  Vijali Hamilton:

“If there is any wisdom running through my life now, in my walking on this earth, it came from listening in the Great Silence to the stones, trees, space, the wild animals, to the pulse of all life as my heartbeat.”

Bila Jakarta nanti terasa agak panas, rekaman ini kiranya bisa membantu memberikan kesejukan.

Air terjun Curug Ngumpet, Gunung Salak Endah_Josef bataona

Mereka yang menciptakan kegembiraan

Siapakah yang telah memberikan kebahagiaan selama di kaki Gunung Salak?? Apakah Panitia telah menciptakan sukacita itu?? Samasekali tidak !! Tim sangat yakin bahwa mereka tidak menunggu kegembiraan itu datang. Mereka juga percaya bahwa untuk menjadi gembira, mereka harus menciptakannya. Mereka, secara sendiri-sendiri atau bersama-sama harus mengambil bagian dalam aktivitas di sana. Karena mereka sadar bahwa happiness itu harus diciptakan.

“Think deeply, speak gently, love much, laugh often, work hard, give freely and be kind.” (Anonymous)

Wajah-wajah gembira_Josef bataona

Wajah-wajah gembira dalam kompilasi foto di atas ini adalah ekspresi alami tentang apa yang dirasakan saat itu. Tanpa disadari momen itu telah membangkitkan energy luar biasa … energy positif. Bayangkan kalau energy positif itu menebar ke sekitarnya, saling merangkai dalam satu kesatuan, satu kekuatan, maka dampaknya untuk kerja sama tim sangat dasyat.

Setiap moment adalah moment of creation, creating ide-ide baru sebagai hasil dari keleluasaan yang diberikan. Itu sekaligus  merupakan inspirasi yang akan dibawa pulang ketempat kerja, demi melanjutkan perjalanan bersama. Just MOVE ON.

“Don’t put your happiness on hold by giving it conditions such as: “I’ll be happy when….” Choose to feel  positive now, and enjoy the journey.” (Mario Cortes)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan