Dunia yang Lebih Baik

Posted on July 8th, 2014

“Darkness cannot drive out darkness; only light can do that. Hate cannot drive out hate; only love can do that.” (Martin Luther King, Jr.)

HARI INI SAYA SENGAJA menghadirkan orang-orang bijak seantero dunia, yang kata-kata bijaknya terus menginspirasi saya, atau mungkin juga menginspirasi banyak orang lain. Bahkan kata-kata mereka sudah juga menggerakkan banyak orang untuk memulai berpikiran positif, ataupun melakukan langkah untuk mengajak orang lain secara bersama membawa kebaikan.

Berawal dari Diri Sendiri

Saya sendiri teguh memegang motto hidupku: “Be Yourself, But Better Everyday.” Motto yang menjadi panduan hidup itu menegaskan, bahwa untuk sukses kita telah dilengkapi dengan berbagai talenta. Ada yang sudah kita ketahui dan kita pertajam. Ada yang  masih harus digali lebih lanjut. (Baca juga posting sebelumnya dengan klik link di akhir artikel ini.)

  • “Knowing yourself is the beginning of all wisdom.” (Aristotle)
  • “Everyone thinks of changing the world, but no one thinks of changing himself.” (Leo Tolstoy)

Penggalan kedua dari motto di atas memberikan saya sebuah komitmen untuk senantiasa  membuka diri untuk belajar (better everyday) menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu, hari ini lebih baik dari kemarin dan besok lebih baik dari hari ini. Penggalan kedua dari motto ini juga memacu saya untuk terus belajar agar saya bisa membagi kepada orang lain, sebagai bagian dari kontribusi saya untuk membuat orang lain belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

  • “He who knows others is wise. He who knows himself is enlightened.” (Lao Tzu)
  • “As human beings, our greatness lies not so much in being able to remake the world – that is the myth of the atomic age – as in being able to remake ourselves.” (Mahatma Gandhi)
  • “Better keep yourself clean and bright; you are the window through which you must see the world.” (George Bernard Shaw)

Terkadang kita terlalu banyak melihat orang lain, dan lupa refleksi untuk melihat apa yang ada dalam diri sendiri yang perlu dimaksimalkan atau dikembangkan.

Lingkungan yang Lebih Baik

Kita tidak harus menunggu menjadi kaya untuk berbagi. Kalaupun tidak punya harta benda, maka pengetahuan, pengalaman dan bahkan hatimu pun bisa diberikan, seperti kata-kata bijak berikut ini:

  • “If you have much, give of your wealth; if you have little, give of your heart.” (Arabian Proverb)
  • “What we have done for ourselves alone dies with us; what we have done for others and the world remains and is immortal.” (Albert Pike)
  • Smile and the world smiles with you. (Anonymous)

Kata-kata bijak di atas seakan meneguhkan bahwa semakin banyak kita memberi, kita tidak akan berkekurangan. Dan kebaikan itu akan tinggal selamanya di bumi ini, dalam hati orang yang mendapat manfaat dari perbuatan baik kita. Foto berikut ini adalah foto Eka, putriku, yang sejak kecil belajar menjadi kakak asuh untuk adik-adiknya di Desa Lamalera Lembata.

Aktivitas Eka di Desa Lamalera Lembata by josefbataona dotcom

Akhirnya Dunia yang Lebih Baik

Kekuatan dari kebersamaan akan mampu menelorkan keajaiban yang tidak terduga. Semakin banyak orang dengan pemikiran positif bertekad untuk membuat dunia ini lebih baik, mereka akan mengambil langkah nyata. Dengan semakin banyak orang dengan pemikiran positif, semakin sempit ruang tersisa untuk yang negatif dan perbuatannya. Begitu pemikiran-pemikiran positif hadir, seakan tercipta magnit yang akan menarik semua mereka yang juga mempunyai pemikiran positif untuk bersatu dan melangkah.

  • “If you are clear about what you want, the world responds with clarity.” (Loretta Staples)
  • “The way we choose to see the world creates the world we see.” (Barry Neil Kaufman)
  • “The people who get on in this world are the people who get up and look for the circumstances they want, and, if they can’t find them, make them.”(George Bernard Shaw)

 

Semua langkah kongkrit berawal dari dalam hati yang tulus dan iklas untuk berbuat. Perilaku dan langkah nyata akan didorong oleh semangat dari dalam yang kuat dan kadang tidak terbendung. Foto berikut, adalah refleksi cahaya, membayangkan kontribusi yang bisa kami berikan kepada dunia sekitarnya, seakan sinar yang tak pernah padam.

Refleksi cahaya by josefbataona dotcom

  • “Thousands of candles can be lit from a single candle, and the life of the candle will not be shortened. Happiness never decreases by being shared.” (The Buddha)
  • “The most beautiful things in the world cannot be seen or even touched, they must be felt with the heart.” (Helen Keller)

Akhirnya, pemikiran Confucius berikut ini seakan merangkum keseluruhan pesan di atas: tujuan akhir adalah membuat dunia yang lebih baik, tapi ini hanya akan terjadi kalau dimulai dari diri sendiri, dan dari dalam hati kita masing-masing:

To put the world right in order, we must first put the nation in order;

to put the nation in order, we must first put the family in order;

to put the family in order, we must first cultivate our personal life;

we must first set our hearts right.” (Confucius)

 

Baca juga posting sebelumnya dengan klik link ini:

  1. Be yourself but better everyday
  2. Motto Be yourself, langkah menuju “The best of yourself!”

Bookmark and Share

6 Responses to Dunia yang Lebih Baik

  1. Hanny says:

    Very inspiring Pak, thanks. Have a nice day 🙂

  2. Tromol Sihotang says:

    Pagi pak Josef, very inspiring. Thank you pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life