Menyimak Corporate Personality

Posted on March 10th, 2015

“The best educated human being is the one who understands most about the life in which he is placed.” (Helen Keller)

PENCARI KERJA, baik di tingkat fresh graduate ataupun middle dan senior manager level sering dihadapkan dengan persyaratan kesesuaian “Personality” dengan  tata nilai kehidupan di perusahaan. Dan tata nilai, atau Company Values dapat dibaca pada figura di dinding seantero perusahaan, di laporan keuangan ataupun di corporate website. Informasi ini sangat bermanfaat untuk pencari kerja.

Karena itu bila dalam penelusuran, ditemukan bahwa pelamar tidak fit untuk hidup dengan tata nilai perusahaan, maka kemungkinan untuk diterima sangat kecil. Tapi bagaimana kalau pelamar yang menilai, Value dirinya tidak sesuai dengan Value Perusahaan? Bagaimana dia tahu, karena dalam berbagai dokumen, semua yang ditulis sangat positif??

Menyimak  Corporate Personality

Menarik untuk mendalami postingan di blog HR Talent Management, 2 Maret 2015, Terri Williams mengedepankan sebuah tulisan berjudul: “The right employer Personality Important to Job Seekers”, yang menyajikan hasil ‘2014 Randstad Employer Branding Survey’, diselenggarakan oleh ICM.

Ada 11.549 calon pegawai berusia 18-65 tahun yang di-interview, tapi fokus analisa pada mereka yang berusia di bawah 40 tahun. Para pencari kerja berpendapat bahwa top personality yang mereka cari dalam melamar pekerjaan adalah:

  • 78% look for a company that is honest
  • 71% search for reliable companies
  • 62% value security in a company
  • 51% want a company that is well-respected

Hasil survey tersebut juga menyebutkan:

“Transparency and authenticity are valued in family, friends, and employers, and that came through loud and clear in the results.”

Walaupun responden survey di atas bukan dari Indonesia, tapi kenyataan bahwa:

“Transparency and authenticity are valued in family, friends, and employers,”

maka hasil survey ini sangat relevan untuk disimak.

Berbagi Sambil Belajar

Sabtu siang itu, saya hadir di tengah komunitas HR di ICHRP (Indonesia Certified Human Resource Professional Program) Monthly Event dan diminta sharing tentang Perjalananku sebagai Leader dan HR Professional. Tapi sesi itu sengaja saya beri judul: “Menggali Mutiara Kehidupan”, sebuah paparan yang sebagian sumbernya ada di dalam buku “Kisah Rp 10.000 yang Mengubah Hidupku”. Tapi ini bukan program bedah buku, bukan juga cerita biografiku.

Komunitas HR di ICHRP

Selama satu setengah jam, peserta yang hadir saya ajak untuk menyimak berbagai moment dengan menghadirkan nilai-nilai yang hadir karena komitmen perusahaan di mana saya berkarya. Di sana mereka bisa merasakan betapa sebuah tim bisa bahu membahu menyelesaikan tugasnya secara kompak, karena direkat oleh value yang sama. Melalui paparan itu  saya membuka mata mereka untuk menyadari bahwa tugasku di mana saja dan di level mana saja adalah memenuhi panggilan untuk melayani, termasuk peran saya sebagai Direktur sekalipun.

Atas pertanyaan, kapan saya mempersiapkan diri untuk menjadi direktur, jawabanku adalah:

“Setiap saya menerima tugas, saya akan mengerjakan dengan sepenuh hati, karena itu akan mempersiapkan saya untuk tugas di masa depan. Do’a yang selalu saya panjatkan: Semoga tugas apapun yang sedang disiapkan untukku di masa mendatang, bisa memberikan manfaat bagi banyak orang sekitarku.”

Berbagai case study saya ketengahkan dalam moment tersebut. Banyak contoh yang saya berikan, tapi satu harapan saya untuk bisa mereka tangkap dan bawa pulang adalah: hadirnya VALUE tertentu sepanjang perjalanan itu, yang memungkinkan kami (saya dan tim) berkontribusi maksimal.

Adakah Pembelajaran yang Dibawa Pulang??

Di akhir sesi itu, peserta sharing “Learning Points” yang bisa dibawa pulang untuk mereka mulai terapkan, sebagian besar di sarikan oleh Nandita Galuh Guamaradewi dan disajikan di lini masa Facebook-nya:

Such a very very inspiring session with the most inspiring yet a role model of a great LEADER, Pak Josef Bataona…

  • GREAT LEADERS use their HEART in working with their PEOPLE
  • ‪‎Everything happens for a REASON
  • ‪BE YOURSELF, but BETTER EVERYDAY!
  • Be GRATEFUL for everything you have. share joy, love and care to your FAMILY and everybody you care about
  • ‪GRAB THE MOMENTS!!
  • ‪Always do your BEST in everything you Do
  • Prepare yourself for the better you
  • ‪Use your NETWORKING
  • ‪Start your dream and do FOLLOW UP

Peserta sudah kembali ke kehidupan harian mereka. Saya terus doakan semoga virus positif yang mereka bawa pulang, segera menyebar ke lingkungan sekitarnya, sesuai komitmen mereka, turut mewarnai tata nilai positif di perusahaan masing-masing.

Dan perlu juga kita sadari bahwa, sudah tiba waktunya para pencari kerja akan serius menyimak “Corporate Personality” berdasarkan perilaku keseharian para pimpinannya, untuk bisa memilih bekerja pada perusahaan tersebut.

“What we learn with pleasure we never forget.” (Alfred Mercier)

Bookmark and Share

6 Responses to Menyimak Corporate Personality

  1. Tita says:

    pak Josef….
    Jadi teringat pesan bapak: don’t underestimate your self… Sudah mulai berbunga hasilnya pak… Sebentar lagi saya mengharapkan buahnya… Bila sdhberbuah kelak saya akan update bapak..
    Thank you for spreasing your positive virus to me..
    Something happened for a reason indeed

    • josef josef says:

      Terima kasih Tita untuk updatenya. Saya sendiri yakin bahwa Tita pasti Bisa. Jangan sungkan untuk hubungi saya kalau perlu diskusi atau update. Sukses selalu

  2. Robert Affero says:

    Terima kasih pak Josef atas artikelnya yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya mengenai corporate Personality dan dan bagaimana harus selalu berfikiran positif. salam sukses selalu pak.

  3. Rio Purboyo says:

    Menjadi catatan pribadi, ketika menjajaki kerjasama dengan pihak luar. Ternyata, keserasian value pribadi dan organisasi, juga menjadi jembatan harmonis hubungan imbal-balik yang terjadi.

    Terima kasih atas inspirasinya, pak.

    • josef josef says:

      Terima kasih Rio. Betul sekali, bahwa setiap hubungan yang terjadi biasanya dilandasi kesesuaian VALUE. Semoga upayamu akan terus menjaga harmoni sekitarmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Roy, pasti ada waktunya untuk masing-masing kita, sesuai kebutuhan. Salam sukses

roy:
Senang sekali bila malam itu saya bisa ikut bergabung, berbagi cerita, dan bersilaturahmi dengan pak Jos dan...

josef:
Terima kasih Denitri, pa Pungki sudah mulai membangun dialog untuk menemukan jalan agar CHRP bisa mendapat...

josef:
Selalu sehat dan jangan lupa olahraga rutin, serta ajak teman2 lainnya untuk ikut bersama2. Terima kasih Ratih

josef:
Terima kasih Ratih, kontribusi nyata bisa diberikan ditempat kerja, membuat diri kompeten karena terus...


Recent Post

  • Loyalitas Timbal Balik
  • Self Discovery melalui Coaching
  • Profesi MSDM Berkualitas
  • Fokus Untuk Masa Depan
  • Komitmen Hidup Sehat
  • Leading with Love
  • Paduan Gotong Royong dan Growth Mindset
  • Train the Brain for Growth Mindset
  • Ketertarikan dan Tulus Mendengarkan
  • Paguyuban dan Gotong Royong