Penghargaan Masa Karya Karyawan

Posted on July 27th, 2012

“I asked for strength, and God gave me difficulties to make me strong. I asked for wisdom, and God gave me problems to learn to solve. I asked for prosperity, and God gave me a brain and brawn to work. I asked for courage, and God gave me dangers to overcome. I asked for love, and God gave me people to help. I asked for favors, and God gave me opportunities. I received nothing I wanted. I received everything I needed.” (Hazrat Inayat Khan)

KITA memang diajarkan untuk mensyukuri semua yang kita terima, setiap saat. Namun demikian ada moment di mana secara khusus kita melakukan refleksi tentang perjalanan sejauh ini sambil mensyukuri betapa besar karunia yang kita peroleh selama ini. Salah satu moment penting untuk seorang karyawan, adalah pada saat menerima Penghargaan Masa Karya.

Mensyukuri

Hari itu, 12 Juli 2012, hari yang ditunggu-tunggu oleh sebagian karyawan. Ada 1.750 orang (di Jakarta ada 345) yang akan menerima Penghargaan Masa Karya 10, 15, 20, 25 dan 30 tahun, pada paruh tahun 2012. Rangkaian acara diramu sedemikian rupa,  sehingga karyawan berkesempatan untuk melihat 3 tema utama untuk refleksi.

  1. Dirangkai sebagai bagian dari Perayaan Ulang Tahun Perusahan ke-56.
  2. Mengangkat Perjalanan Panjang karyawan di Perusahaan ini yang patut disyukuri.
  3. Aspek kesehatan merupakan elemen yang tidak kalah pentingnya untuk memungkinkan seseorang melalui perjalan karya sepanjang itu.

Hidup Sehat, Pensiun Sehat

Untuk aspek yang ketiga ini, Aspek Kesehatan, sejak pagi, di tempat acara kami mengundang mitra kesehatan untuk memberikan berbagai tips kepada karyawan untuk terus mengutamakan hidup sehat. Untuk itu berbagai talk show digelar bersama pakar di bidang masing-masing, dengan topik beragam: Balance Food for Fit, Understanding Back Pain, Kesehatan Postur Tubuh, Kesehatan Sendi, Kesehatan Tulang.

Sebagai daya tarik, mitra kesehatan juga melakukan pemeriksaan gratis di tempat, yang meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, BMI, Struktur Telapak kaki dan lain-lain. Foto berikut ini adalah tim di balik acara ini.

Dalam sambutan saya, mewakili direksi, saya menyampaikan bahwa ketika karyawan diterima, Perusahaan mensyaratkan kondisi kesehatan karyawan bagus. Dan sebagai Pimpinan di Perusahaan ini, kami menginginkan agar pada waktu pensiun nanti, kami akan menyerahkan kembali karyawan dalam keadaan sehat wal afiat.

Tapi, ini hanya mungkin terjadi kalau karyawan juga memberikan perhatian pada kesehatan diri, antara lain dengan olah-raga rutin dan menjaga pola makanan sehat. Tidak lupa saya membagi cerita aktifitas olahraga saya: setiap hari jam 06:00 mulai olah-raga, dan sepanjang hari mengatur agar tubuh cukup banyak gerak dengan memonitornya melalui Pedometer, yang menghitung setiap langkah saya sepanjang hari, dengan target 10.000 langkah sehari.

Di samping itu juga cerita pengalaman naik tangga dari lobby ke lantai 14, sebagai bagian dari porsi olah-raga, di tempat kerja sebelumnya.

Keesokan harinya, melalui email, seorang karyawan, Iwan Siswanto (sebelah kiri dalam foto di atas) merespon:

“Terima kasih telah menginspirasi saya mengenai tips sehat yang Bapak sampaikan kemarin sore di acara penyerahan Pin Emas 345 karyawan, khususnya mengenai jalan sehat.

Pagi ini saya mulai lakukan, naik ke ruangan saya di lantai 5 tidak menggunakan ‘lift’, tetapi menggunakan ‘tangga’, tentunya dengan mengatur langkah dan pernapasan saya. Sesampainya di lantai 5, awalnya merasakan lelah, tetapi saya merasakan ‘fit’ yang luar biasa, sehingga dapat mengawali aktifitas kerja hari ini dengan semangat dan pikiran yang fresh…

Dan besok saya akan kembali memulai hal sehat yang sama dan saya juga akan beritahukan ke teman-teman di sini, pentingnya menjaga kesehatan seperti yang Bapak lakukan.

Semoga kesadaran seperti yang disampaikan oleh Iwan, juga menular ke teman-temannya, sejalan dengan keyakinan bahwa menjaga kesehatan tubuh adalah juga merupakan kewajiban, seperti kata orang bijak di bawah ini:

To keep the body in good health is a duty – otherwise we shall not be able to keep our mind strong and clear. (Buddha)

Bookmark and Share

6 Responses to Penghargaan Masa Karya Karyawan

  1. Erlina says:

    setuju…menjaga kesehatan diri juga berarti menghargai diri kita sendiri..

  2. wiwik SW says:

    Setuju banget pak Jo,Sehat itu PENTING,Banyak yg menyadarinya setelah sakit. Kita memang Harus menjaga keseimbangan Body,Mind and Spirit.Pemulihan Stamina,konsentrasi dan Semangat sangat penting,Recharge diri kita,..dan ketiganya adalah tanggung jawab kita.Banyak pilihan dilakukan,utk mengimbangi rutinitas yg melelahkan dan menyita waktu kita setiap hari.Seperti saya melakukan Yoga dan Relaxasi di akhir pekan.Itu semata2 utk keseimbangan badan dan pikiran.Terkadang kita terlena dg pekerjaan ,saat tubuh sudah memberikan signal,bahwa kita perlu istirahat dan Relaxasi.Keseimbangan Badan,Pikiran dan semangat adalah kebahagiaan,dan itu berakar pada kemauan kita menjadi 100% diri sendiri.Be yourself,But Better everyday.

    • josef josef says:

      Terima kasih tanggapannya. Pada akhirnya masing2 kita punya pilihan untuk kesehatan diri sendiri. Kalau kita bisa mengajak yang lain untuk membuat komitmen yang sama, jumlah masyarakat sehat bertambah luas. Disinilah “better everyday” bisa ditularkan kepada orang disekitar kita. Selamat pagi

  3. Hehehe…,trs trg akhir2 ini sy jarang berolah raga dikarenakan krgnya waktu yg sy miliki, stlh sy mbaca tulisan di atas sy akan mulai mensiasati wkt yg sempit dsela2 ksibukan dgn berolah raga salah satu caranya adlh dh bjalan kaki, so mulai besoknsy tdk mnggunakan lift dr tmp parkir di gdg sy yg berada di basement 3 menuju lt 1 dmana ktr sy berada…lumayan klu dua kali satu hr sy lakukan dan continue sepanjang hari kan pak jose?,
    Thx sharringnya pak jose..
    Keep healthy life..

    • josef josef says:

      Terima kasih Imel atas niat positifnya untuk mulai olahraga. Tidak akan ada yg mengontrolmu, hanya dirimu yang mengatur agar janji sehatmu akan ter realisir. ngga ada salahnya untuk mengajak teman untuk saling memberi semangat dan saling mengingatkan. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan