Union dan Pendekatan Konstruktif

Posted on March 13th, 2012

In true dialogue, both sides are willing to change (Nhat Hanh)

MEMASUKI perusahaan baru dengan karyawan lebih dari 70.000 orang, strategi pendekatan awal harus betul-betul dibangun. Mengenal bisnis, merupakan keharusan. Mengenal key people di perusahaan adalah bagian dari prioritas. Memahami nilai yang menjadi landasan kehidupan karyawan, juga ada dalam daftar utama.

Satu lagi yang sangat penting dan harus segera mendapatkan jadual adalah: menemui pimpinan Serikat Pekerja. Tujuannya, untuk saling mengenal dan juga untuk memahami aspirasi karyawan melalui perwakilannya.

Dari interaksi saya bersama team HR dengan Pengurus Serikat Pekerja, saya belajar sekaligus bangga akan pendekatan Pimpinan Serikat Pekerja Danamon. Ada beberapa alasan untuk itu:

1. Bila ada masalah di perusahaan.
Karena perwakilan Serikat Pekerja ada di berbagai lini dan berbagai sudut perusahaan, tidak ada permasalahan yang luput dari perhatian mereka. Bayangkan setelah kepala bagian di wilayah menghubungi HR melaporkan masalah yang dihadapi, sambil mendiskusikan solusinya, hanya beberapa waktu berselang kami sudah dihubungi oleh Serikat Pekerja.

Info awal akan saya terima via BBM, kemudian menyusul email atau telpon. Ketua Serikat Pekerjanya pun tahu bahwa saya tidak keberatan menerima BBM-nya malam hari atau waktu hari libur sekali pun. Dan dalam jam kerja, mereka juga akan meminta waktu untuk bertemu pejabat HR yang ada.

Untuk apa ??

Mereka datang selain untuk menjelaskan masalah dari perspektif mereka, tetapi juga datang dengan usulan solusi untuk didiskusikan. Saya garis bawahi lagi: mereka datang dengan “usulan solusi untuk di diskusikan”. Menurut saya ini merupakan pendekatan yang sangat positif dan sekaligus konstruktif.

2. Partnership.
Landasan utama dari kisah point satu di atas, adalah kedua belah pihak memposisikan diri sebagai MITRA yang dari waktu ke waktu akan berusaha untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan ini. Kelangsungan hidup perusahaan, yang terus tumbuh secara menguntungkan akan memberi manfaat bagi karyawan serta menciptakan ketenangan kerja.

Dalam bahasa Serikat Pekerja: karyawan sama dengan anggota mereka. Jadi sebetulnya kita semua memikirkan kepentingan yang sama.

3. Kiprah mereka di pentas Regional Asia Pasifik.
Secara jujur saya katakan, saya sangat bangga dengan Serikat Pekerja di perusahaan kami. Mereka telah membangun model Hubungan Industrial yang pantas untuk dijadikan model. Karena itu Organisasi Serikat Pekerja Region Asia Pasifik juga meminta mereka untuk sharing pendekatan mereka di kancah region.

Kalau saya simak materi sharing mereka, intinya adalah ketulusan dalam partnership, keterbukaan untuk melakukan dialog dan kesungguhan untuk mencarikan solusi bila ada masalah. Dan tentu saja dalam konteks partnership.


4. Bipartite Pertama 2012.
Forum Bipartite Pertama awal Maret lalu, dari pihak manajemen dihadiri oleh CEO didampingi 4 anggota Direksi dan tentu saja HR Managers. Serikat Pekerja diwakili oleh ketua dan para Pimpinan Pusat, yang diantaranya diwakili oleh dua srikandi. Butir demi butir permasalahan dibahas dalam dialog yang terbuka, usulan mereka senantiasa dilengkapi dengan data.

Dan kedua belah pihak sepakat bahwa kita semua ingin agar kalau pension suatu hari nanti, kita tinggalkan perusahaan dalam kondisi bisnis yang bagus, tapi juga yang punya hubungan industrial yang membanggakan. Dan tidak surprise untuk saya, beberapa usulan penanganan masalah, mereka angkat dari sudut pandang membangun dan mempertahankan “Pride of being Danamoners”.


5. Pride of being Danamoners
Melalui akun twitter-nya, @dianlutfi sudah memberikan laporan pandangan mata: “Annual meeting Union and BOD with @josefbataona, lengkap dengan foto suasana meeting. Dan di akhir hari itu dia masih menayangkan sebuah quote melalui twitter:

If you are not proud of who you are and what you do, well, you have serious decision making to do

Pesan ini buat siapa???

Tentu saja, selain untuk follower-nya, tapi juga relevan buat kita semua, dan tentu saja buat karyawan di perusahaan kami, yang dengan senyum lebar senantiasa mengumandangkan: Bangga bekerja di perusahaan ini dan juga bangga dengan values yang kami punyai: Pride of Being Danamoners.

Semoga pendekatan-pendekatan positif dan konstruktif seperti itu akan langgeng dan menjadi inspirasi bagi kita semua, bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Terima kasih Jack, Dianlutfi dan teman-teman Serikat Pekerja. Kalian telah memberikan saya banyak pelajaran yang berharga. (*)

Bookmark and Share

8 Responses to Union dan Pendekatan Konstruktif

  1. mat pagi… pendekatan yang konstruktif karena didasari oleh dialog yang tulus demi kepentingan bersama…
    selamat beraktivitas.. tetap sehat dan semangatt.. amin…

  2. usil says:

    Usul Pak Josef, di salah satu artikel mendatang, bisa tidak disharing, apa saja yang dilakukan sehingga memiliki values : Pride of Being Danamoners atau pride ke perusahaan secara umumnya.
    Terima kasih.

    • josef josef says:

      Terima kasih usulannya, kisah seperti itu hadir tanpa saya beri label seperi itu. Kisah tentang Fish Fun, sudah 5 posting, juga merupakan langkah2 kongkrit utk mmbangun lingkungan kerja dengan dasar value yg dikenal karyawan. Contoh2 lainnya akan menyusul

  3. erlina says:

    Memang penting membangun hubungan baik yang berkesinambungan….Sip!!..

  4. Nuryadi says:

    Dear Bpk Josef,

    Mohon terjemaahkan kepada saya mengenai effisiensi serta pencapaiannnya menurut persfektif Bpk Jos,terima kasih.

    Rgds,
    Nuryadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Dewi, setuju sekali di rumahpun kita bisa rancang liburan yang menyenangkan. Butir yang tidak...

dewi:
Tidak semua liburan seharusnya keluar dan mengunjungi salah satu tempat wisata… terkadang dengan d rumah...

josef:
Terima kasih Mudji atas pertanyaannya: 1) Pembelajaran yang dimaksud tidak harus yang besar. Mis. Dalam...

Mudji:
Saat pertama Bpk baru buka blog ini di Nop 2011, terus terang saya suprise banget dgn moto Bpk yg berat ini +...

josef:
Terima kasih mba Meisia, batuknya sudah hilang berkat resep tradisional


Recent Post

  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan
  • Peluang ke Jenjang Lebih Tinggi
  • Bermanfaat Bagi Orang Lain
  • Komitmen Belajar dan Berbagi
  • Start-up Mentality
  • Transformer Center: School of Life
  • Melayani dengan Coaching
  • Terus Belajar dan Berkembang
  • Agar Sehat dan FIT