Menjadi JAWAB bagi Setiap Pertanyaan

Posted on August 20th, 2013

“Blessed is the person who sees the need, recognizes the responsibility, and actively becomes the ANSWER.” (William Arthur)

KIPRAH FishFUN terus berlanjut. Team 3, BE THERE Team, baru saja graduation, dan menyerahkan tongkat inisiatif kepada team ke-4 MAKE THEIR DAY Team. Nama-nama team diberikan berdasarkan empat Filosofi Utama dalam FishFUN: Choose Your Attitude, Play, Be There dan Make Their Day.

Sekedar mengingatkan bagi pembaca yang baru bergabung, program FishFUN kami ramu berdasarkan kisah di Fish Market di Seattle USA. Melalui search link di akhir tulisan ini, Anda bisa menemukan berbagai artikel yang saya tuliskan tentang inisiatif ini.

Secara singkat, melalui program ini saya  ingin mengajak tim untuk bersama menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, sambil menciptakan mindset positif dalam keseharian kami. Di samping itu saya mempunyai keyakinan, bahwa tim saya hanya akan bisa membuat orang-orang lain atau divisi lain excited, kalau mereka sendiri excited. Foto berikut ini adalah empat kegiatan besar team.

Pemahaman Filosofi Be There

Telpon terus berdering lebih dari lima kali, tanpa ada yang menanggapi. Pemilik telepon itu memang sedang tidak ada di tempat, tapi di sekitar itu paling tidak ada lima orang yang mendengar dering telpon itu, tapi tidak dihiraukan. Atau pada kesempatan lain, di atas meja karyawan itu ada tumpukan surat promosi yang belum diproses. Dia terlalu sibuk, mungkin karena dianggap masih ada hari esok. Apalagi tidak ada yang berani protes.

Seberapa sering kita menyaksikan situasi seperti ini?? Jujur saja: sering! Berapa sering kita adalah pelaku nya? Tidak usah dijawab. Namun demikian, kisah seperti ini terus berulang. Secara sederhana, tim ini mencoba untuk memberikan pemahaman makna Be There, sebuah makna sekaligus harapan:

  • Senantiasa ada bagi yang membutuhkan
  • Berada pada tempatnya secara tepat
  • Menjadi kawan bagi yang memerlukan
  • Menjadi JAWAB bagi setiap pertanyaan

Rangkaian Kegiatan

Aktivitas yang dirancang tim dalam bentuk kegiatan harian untuk memberikan inspirasi, atau tambahan excitemen di pagi atau sore hari, antara lain: Inspirational quotes via email (Senin dan Kamis), Tips dan Triks (Selasa), Tahukah Kamu (Rabu), dan Quiz (Jum’at)

Di samping itu ada kegiatan yang memanfaatkan momen yang sudah ada, dalam bentuk peringatan secara nasional ataupun internasional.

Foto di bawah ini adalah aktivitas Hari Susu Nusantara, di mana tim meminta semua CHR untuk membuat sajian sehat dengan bahan dasar Susu Indomilk produk perusahaan.

Pada Hari Buah Internasional, masing-masing tim membawa buah apa saja yang mereka anggap penting, untuk dijelaskan apa manfaat buah tersebut.

Dan tentu saja tidak akan terlewatkan, Perayaan Hari Ulang Tahun Jakarta, yang diisi dengan Pidato Bahasa Betawi. Saya sendiri harus memberikan contoh.

Pelajaran dan Tongkat Estafet

Team Be There mengakhiri tugas mereka dengan acara Buka Puasa bersama Keluarga CHR, yang mengambil tema: “Mensyukuri yang telah lalu, mengestafetkan tugas mulia, meneruskan membangun kebaikan.

Mereka juga membagi pelajaran berharga yang didapatkan selama bertugas:

“…… ketika berfokus pada kebersamaan, berkontribusi, menambah nilai dan  memberikan yang terbaik; dan bukan menang atau mengalahkan yang lain untuk menjadi tujuan …. maka kegembiraan, kerelaan, syukur, semangat, saling menghargai dan upaya menampilkan yang terbaik akan muncul menyertainya …”

Kini tongkat estafet berada di tangan team “Make Their Day” yang akan bertugas sampai akhir September.

Terima kasih Team Be There, saya sungguh bangga dengan rangkaian program yang kalian rancang, sehingga falsafah FishFUN tetap hidup dan tumbuh. Dan Selamat bertugas untuk Team Make Their Day.

“We shall serve for the Joy of serving, prosperity shall flow to us and through us in unending streams of plenty.” (Charles Fillmore)

Kisah tentang FishFUN lainnya bisa Anda baca DI SINI.

Bookmark and Share

7 Responses to Menjadi JAWAB bagi Setiap Pertanyaan

  1. Rangga says:

    fishFUN awesome Pak Josef. Dan saya penasaran lihat Pak Josef pidato bahasa Betawi 🙂

    Many thanks & keep inspiring pak…

  2. elfi says:

    Terima kasih Pak untuk memberi peluang dan pengalaman bagi kami menyelami makna BE THERE yang sangat relevan dalam fungsi kita di HR melalui program fish fun yang dijalankan. Menyediakan waktu dan berkontribusi yang terbaik, mendengarkan, saling dukung, berkorban, tidak kurang pelajaran dan insight yg kami dapatkan untuk menjadi lebih baik lagi secara pribadi maupun team.

    • josef josef says:

      Terima kasih Elfi, setiap hari ada pembelajaran di seputar kita. Semoga kita terus membuka diri untuk menyerap berbagai insight demi hari esok yang lebih baik

  3. yulia yunus says:

    hi pak, apa kabar? apakah disetiap tempat bapak bekerja selalu dibuat FUN seperti ini? setelah beberapa waktu apakah ada perubahan engagement karyawan atau terlihat before and after nya? thanks

    cheers’
    yulia

    • josef josef says:

      Terima kasih Yulia, ada banyak konsep dan pendekatan untuk meningkatkan engagement, menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan. Program FISH ini saya pilih karena: konsepnya sederhana dan mudah dipahami; mudah diterapkan oleh siapa saja tapa harus punya skill yang hebat; bisa untuk lingkungan kecil atau besar; dan sudah terbukti hasilnya.
      Kalau toh ada satu persyaratan yg mutlak ada: Leadernya harus terbuka untuk berubah, menjadi contoh untuk tiap filosofi yang diterapkan
      Hasilnya ?? Sangat signifikan dirasakan oleh komunitas yang menerapkannya (bukan saya yang bilang)
      Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET