No US without U (Bagian 1): Ikan-ikan Menjadi Saksi di Malam Apresiasi

Posted on October 4th, 2013

“Friends are the people who lift you to your feet when your wings have forgotten how to fly.” (Anonymous)

LAUT SANGAT MENJANJIKAN bagi yang memahaminya. Bentangannya yang luas seakan tak berujung, memberikan kita perspektif luasnya kesempatan di muka bumi ini. Isi laut yang belum sepenuhnya dipahami, juga merupakan sumber kehidupan yang tak akan ada habisnya. Dan laut itu sendiri juga menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang, sebut saja penulis novel, penyair, penulis lagu ataupun penyair.

Bahkan gulungan  ombak yang besar walaupun mengecilkan nyali banyak kawan yang belum mengenalnya namun kaya akan inspirasi. Dan hari itu, Jumat 27 September 2013, FISHFun Team, yang selama ini beraktivitas hanya di darat, mencoba menyeberangi laut dari Pantai Marina menuju Pulau Ayer, sebuah pulau kecil di gugus Kepulauan Seribu. Aroma laut, hembusan angin, dan belahan ombak dibelakang kapal motor yang mengantar kami, seakan memberikan kami janji akan nikmatnya suasana di laut maupun di pulau seberang sana.

Landasan Tema

Dari beberapa pilihan, team menyepakati, bahwa tema yang dipilih untuk acara outing tahun ini adalah: “No US Without U.” Quote yang entah awalnya dibuat oleh siapa, aslinya berbunyi: “There is no US without You.

Tema ini dipilih, karena perjalanan bersama untuk membangun team yang solid masih berlanjut. Dan membangun team yang solid itu bukan tugasnya pimpinan saja, tapi merupakan kontribusi semua anggota tim difasilitasi oleh pimpinan. Dan kita semua sadar bahwa anggota tim yang mempunyai ragam karakter, ragam talenta akan memperkaya tim, karena dengan demikian akan mendapat kesempatan untuk saling mengisi, saling melengkapi satu sama lain.

Malam Penghargaan

Apresiasi menjadi agenda penting malam itu. Banyak sekali alasan untuk memberikan apresiasi, dan banyak sekali cara untuk memberikan apresiasi. Istimewanya apresiasi malam tersebut karena acaranya dirancang di alam terbuka, di atas laut, seakan di panggung terapung. Suasananya sendiri sudah tidak memerlukan hiasan apa-apa lagi. Diawali dengan makan malam bersama.

Hidangan ikan, udang dan cumi bakar tentu wajib di tempat seperti ini, namun tidak lengkap kalau tidak kami awali dengan doa bersama mensyukuri nikmat ini, seperti nampak pada foto ini. Acara selanjutnya sangat penting dalam agendaku:

  1. Mengapresiasi seluruh tim, menyampaikan terima kasih atas kontribusi semua tanpa kecuali, dalam perjalanan tim dalam tahun ini.
  2. Memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah mempunyai masa kerja 5, 10, 15 dan 20 tahun (foto bagian atas). Dan juga kepada tim FISHFun (Choose Your Attitude) yang memperoleh nilai tertinggi (foto bagian bawah).

Walau ada satu tim yang paling unggul, namun ke-empat FISHFun Team telah memberikan kontribusi luar biasa dalam upaya untuk menciptakan bersama lingkungan kerja yang menyenangkan. Dan testimoni mereka menggambarkan bahwa hasil signifikan telah kami capai bersama.

FISH Team in Action

Tentu saja, tim tidak ingin melewatkan suasana seperti ini, tanpa unjuk kebolehan untuk pentas. Pentas yang diminta juga harus menggambarkan tema di atas. Beberapa penggal kebersamaan yang ditampilkan seperti foto berikut ini:

Pelajaran Pertama dari “No Us Without You”

Dalam perjalanan refleksi ini, kami juga ingin mengedepankan makna “No Us Without U,” dari momen ini. Momen selanjutnya akan dengan sendirinya menambah daftar makna. Saya mulai dengan 3 (tiga) makna pertama:

  1. Setiap anggota tim sama pentingnya, mempunyai peran masing-masing demi hasil tim. Karena itu, kita harus saling menghargai satu sama lain.
  2. Luangkan waktu untuk memberikan apresiasi kepada tim. Ada banyak cara memberikan apresiasi, mulai dari ucapan terima kasih atau bentuk lainnya yang dianggap memadai. Tapi apapun itu, lakukan secara tulus, dari dalam hati.
  3. Banyak potensi tim yang belum ditampilkan. Di luar tugas formal, masing-masingnya mempunyai talenta yang hanya bisa ditunjukkan kalau diberi kesempatan.

Acara belum usai, malam belum larut. Dari panggung ini kami melangkah ke sesi berikutnya, yang tentu tidak kalah menariknya. Ikuti posting: “No US without U (Bagian 2): Komitmen untuk STOP and START Doing

Bookmark and Share

4 Responses to No US without U (Bagian 1): Ikan-ikan Menjadi Saksi di Malam Apresiasi

  1. hanny says:

    Seru!! Selamat untuk Choose Your Attitude team, great Job 😉

  2. ratih says:

    Sebuah pembelajaran akan arti kebersamaan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life