Sejuta Alasan untuk Tersenyum

Posted on May 3rd, 2013

SENIN PAGI itu, saya sengaja mengirimkan via Twitter dan FB tiga quotes tentang Smile:

  1. A gentle word, a kind look, a good-natured SMILE can work wonders and accomplish miracles (William Hazlitt)
  2. SMILE, it’s free therapy (Douglas Horton)
  3. Tiba di kantor nanti saya pasti tersenyum lebar, karena masing2 timku akan menceritakan #ReasonToSmile (@josefbataona)

Membangun Mindset Positif melalui Senyum

Kisah ini adalah bagian dari peringatan Hari Kartini, karena itu merupakan lanjutan dari posting Selasa yang lalu. Tim yang bertugas membangun positif mindset ini, dibagi empat kelompok, dan hari ini mereka menerima pin sesuai nama tim masing-masing:

Setiap moment sepanjang hari, lihatlah di sekitarmu, adakah sesuatu yang bisa menjadi alasanmu untuk tersenyum?? Bisa dari perilaku temanmu, senda-gurau mereka, atau cerita unik mereka. Bahkan dari pengamatan di pinggir jalan sekali pun, akan ditemukan banyak sekali hal-hal yang bisa membuat kita tersenyum.

Pertanyaan selanjutnya adalah: Berapa sering wajah ini tersenyum dibandingkan dengan tampang cemberut?? Berapa banyak kalimat yang dicantumkan dalam media sosial yang isinya membuat orang tersenyum dibandingkan dengan kalimat-kalimat keluhan atau bahkan yang negatif ??

Kita semua tidak luput dari kedua kondisi ini. Namun demikian, kalau secara sadar kita ingin saling mengingatkan untuk membangun mindset positif, maka lama kelamaan, akan tercipta juga lingkungan yang isinya adalah mereka yang menjunjung tinggi mindset positif. Law of attraction juga menjanjikan kalau kita mulai dengan pola pikir positif, maka kita akan menarik mereka yang juga punya pola pikir positif mendekat ke arah kita dan bergabung dalam tim.

My #ReasonToSmile

Sengaja hari ini saya menawarkan kepada tim untuk memulai membentuk semacam community, yang terus menerus berbagi #ReasonToSmile, alasan kenapa saya tersenyum. Mereka terdiri dari pengguna social media yang ingin mengamati alasan-alasan positif sekitar mereka untuk tersenyum, kemudian membaginya kepada teman-temannya, baik  melalui social media maupun secara langsung.

Bayangkan saja, kalau ada 10 orang di antara kita, yang setiap hari mengirim pesan positif kepada teman-temannya, katakan 100 orang followernya di Twitter, maka pesan positif itu diterima oleh 1000 orang. Mereka lalu tersenyum dan siapa tahu akan membagi lagi kepada 100 orang berikutnya…. Dahsyat dampaknya!

Sesuai pengumuman, untuk acara hari itu, yang utamanya adalah perayaan Hari Kartini, setiap anggota kami harus membawa sebuah postit yang bertuliskan: “Hari ini saya tersenyum karena………..”.

Apakah susah menemukan alasan dan menuliskannya? Bahkan kedua gadis ini dengan membawa bakul nasi sedang mengawal tulisan-tulisan “Post-It” ini sudah bisa mengundang senyum. Lihat beberapa contoh berikut ini:

  1. “Saya tersenyum karena It’s potluck day.” (Susanti Tan)
  2. “Hari ini saya tersenyum karena mengingat semalam menunggu tukang putu dan kelepon di antara malam & rintik hujan.” (Agus)
  3. “Hari ini saya tersenyum karena bisa ikutan acara Indonesia Traditional Day bareng teman2 CHR.” (Supandi)

Sangat sederhana, bukan?? Tapi apakah kita sempat merekam hal sederhana seperti itu setiap hari sebagai hal yang penting yang bisa membuat kita tersenyum??

Sejuta Alasan untuk Tersenyum

Dan semua “postit” itu di tempelkan pada sebuah bentangan batik cantik yang sudah disiapkan oleh FISH Team, seperti nampak pada foto di bawah ini. Dan ini pun sudah membuat semua yang hadir pagi ini membaca sambil tersenyum lebar.

Sementara itu di lini-masa Twitter-ku, ada sambutan penuh semangat:

@litamucharom: morning pak, what is your #ReasonToSmile today ? Mine is the world is too wonderful to be sad

Dan di Facebook pun sambutan tidak kalah meriah:

  1. Maria Benedikta Ady Tukan: I have reason to smile because I want to see everybody around me have a reason to make a smile.
  2. Robby Tambunan: Smiling can make others happy, when you’re smiling,  the whole world smiles with you.
  3. Benny Rachmadin: Smile doesn’t hurt you, so let’s cheer the world with our smile.
  4. Alda Gultom: I did not find a reason for not smiling everyday. A cheerful heart is good medicine.

Maka tidak berlebihan, kalau teman kami, Hanny Perawati langsung membagi situasi penuh senyum ini melalui akun Instagram-nya:

@oenhanny: “Masih ada sejuta lagi alasan mengapa kita harus tersenyum. I love this wall.”

Bookmark and Share

12 Responses to Sejuta Alasan untuk Tersenyum

  1. Etty Purwanto says:

    Membaca tulisan pak Josef saya juga ingin menambahkan bahwa senyum adalah ibadah…… Jadi benar sekali kita harus mencari alasan untuk bisa selalu tersenyum. Thanks Pak.

  2. Devi says:

    Tulisan pg ini tentang alasan kita untuk tersenyum sangat tepat, karena pemilihan judul yg sederhana ini sudah sering kita lupakan, apalagi kalau ditambahkan manfaat atau alasan senyum kaitannya dengan kesehatan jiwa dan fisik kita lebih sempurna lagi Pak Josef. Saya setuju banget, jika kita mensyukuri apa yg kita peroleh saat ini harusnya setiap orang harusnya bisa selalu tersenyum sepanjang hari2nya. Demikian dan trims atas tulisannya di Jum’at yg bahagia ini krn kita sdg berada di alam Kota Makasar yg sangat indah.

    • josef josef says:

      Terima kasih Devi, berada di alam indah Makasarpun perlu kita syukuri sambil tersenyum. Dan masih banyak lagi alasan senyum yang ada diseputar kita setiap hari. Mudah2an kita bisa saling mengingatkan. Terima kasih telah menunjungi blog dan menyimak cerita disini

  3. hanny says:

    Postingan ini jadi salah satu alasan saya tersenyum hari ini. Ringan dan penuh makna. Thanks Pak. #ReasonToSmile

  4. Imanaji says:

    🙂 tks Pak. simple solution but big impact for positive mindset…SMILE. Semoga anugrah Tuhan yang satu ini tetap menyertai kita dan memang bisa dihasilkan dari berjuta-juta alasan…

  5. nanang siswanto says:

    setuju sekali dg artikel ini. menebarkan senyum sebanyak dan sesering mungkin, akan membuat org disekitar kita juga tersenyum. bahkan saat meneerima telp, saya akan usahakan untuk selalu tersenyum, karena akan mempengaruhi mood kita, meskipun org di seberang telp sana tidak mengetahui. thanks atas inspirasinya pak Josef

    • josef josef says:

      Terima kasih Nanang. Ini cara paling muda dan murah untuk membahagiakan orang sekaligus membahagiakan diri sendiri: Senyum. Tapi kita sering lupa. Karena itu kita akan saling mengingatkan tentang ini. Terima kasih Nanang, telah mengunjungi blog dan menyimak kisah ini

  6. Veronica wilda says:

    Indahnya dunia bila semua orang mau banyak tersenyum untuk diri sendiri dan orang lain, senyum dipagi hari membuat orang positive beraktifitas, menyukuri hidup dan membuat orang lain pun ikut bahagia. Terimakasih mengingatkan kita semua akan berkat Tuhan yang terlihat sederhana namun besar artinya… Sebuah senyum,,,

    • josef josef says:

      Terima kasih Veronica, semakin banyak kita yang menyadari berkat Tuhan ini dan membaginya, paling tida di lingkungan sekitar kita, semakin banyak yang akan bergabung dalam lingkungan dengan mindset positif. Terima kasih juga sudah membuat saya tersenyum pagi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan