Komitmen Sehat Berkesinambungan

Posted on November 29th, 2013

“Health is like money, we never have a true idea of its value until we lose it.” (Josh Billings)

NOVEMBER HAMPIR BERAKHIR, dan bulan Desember akan memberikan kesimpulan tentang berbagai rencana perjalanan sejauh ini, baik yang berkaitan dengan rencana pekerjaan maupun komitmen menyangkut diri sendiri, seperti komitmen SEHAT. Kita sering berjanji: “Treat your body, mind, and emotions with the gentle care they deserve.”  (Jonathan L Huie).

Tapi bagaimana pelaksanaannya??

Program Pribadi untuk Kesehatan

Sudah sejak lama, komitmen yang saya bangun untuk hidup sehat telah dirancang meliputi 4 (empat) elemen penting:

  1. Movement
  2. Nutrition
  3. Mindset
  4. Recovery

Program ini yang saya belajar dari TIGNUM adalah pilihan minimum untuk meningkatkan energy, vitality, productivity dan sustainability. Kenapa saya katakan minimum, karena terkadang, dengan alasan kesibukan, komitmen sehat bisa dikesampingkan begitu saja. Dengan fokus pada minimum aspek tersebut, mudah-mudahan tidak terlalu berat untuk dilaksanakan.

Movement

Upayakan untuk sebanyak mungkin bergerak sepanjang hari untuk meningkatkan energy dan menjaga immune system. Cara sederhana untuk dilakukan adalah: banyak jalan, naik tangga, stretching ringan, bola tenis atau foam (lihat foto di bawah ini) untuk massage tubuh sendiri, atau tangan meremas bola kecil, (seperti yang diberikan dokter gigi untuk menahan sakit).

Untuk ini, tidak lupa saya mengajak teman-teman di kantor untuk melakukan stretching bersama di jam 10:00 dan 15:00, cukup di samping meja kerja masing-masing. Ini hanya membutuhkan 12 gerak selama 3 menit. Saya juga melengkapi diri dengan sebuah Pedometer yang saya kantongi sejak pagi, yang akan menghitung jumlah langkah sehari untuk memenuhi target 10.000 langkah sehari.

Nutrisi yang Cukup

Program sederhana saya, hanya mengatakan: “In the nutrition system the first level is to focus on hunger solving and enjoying the pleasure of eating.” Ini bisa dilakukan dengan meningkatkan kesadaran tentang: why you’re eating, what you’re eating, and how much you’re eating.

Pertanyaan ini juga penting  untuk meningkatkan kesadaran, terutama bagi mereka yang memilih makan karena stress, bosan, ataupun demi bersosialisasi. Ada kawan yang memulai program ini dengan menerapkan prinsip 80/20. Maksudnya 80% makannya dengan mempertimbangkan pola makan yang sehat, sementara 20% dia melonggarkan diri demi sosialisasi atau memanjakan diri dengan makanan kesukaannya.

Mindset

Cara paling sederhana adalah dengan meningkatkan kesadaran misalnya melalui: sering dialog dengan diri sendiri tentang komitmen sehat dan tantangan yang dihadapi. Juga mempersiapkan berbagai atribut demi mindset yang lebih positif dan produktif.

Misalnya: dialog dengan diri sendiri bahwa kalau saya sehat, saya punya cukup energy untuk aktivitas. Bersyukur masih bisa makan, karena itu tidak usah makan berlebihan. Senyum akan membuat saya bahagia dan orang lain bahagia.

Bersyukur bahwa kita masih diberi kehidupan dengan badan dan jiwa yang sehat, karena itu saya harus merawatnya, dan lain-lain. Langkah ini bukan saja akan meningkatkan kesehatan, tapi juga meningkatkan fokus dan energy level.

Recovery

Yang paling Utama adalah tidur yang teratur, demi mendapatkan regenerasi setiap hari. Bila ini diabaikan maka akan berdampak negatif pada produktivitas, kesehatan, tingkat energy, mempercepat penuaan. Cara sederhana lain adalah dengan power napping, istirahat sejenak (kalau bisa berbaring atau kalau di kantor duduk diam selama 3-5 menit) sambil mendengarkan musik relaksasi.

Saya sendiri mempunyai kebiasaan untuk bangun tengah malam jam 01:30 untuk meditasi selama 30 menit, untuk mempercepat proses recovery, agar saya bisa mulai bekerja pagi hari dengan semangat penuh.

Saling Mengingatkan

Komitmen pribadi saja tidak cukup. Saya mengajak juga istri dan putriku untuk juga mempunyai komitmen yang sama. Mereka memilih untuk fitness 3 kali seminggu dengan tuntunan seorang personal trainer di gym.

Di samping itu, istriku akan memberikan perhatian khusus pada menu makan yang kami konsumsi. Bagan di atas memperlihatkan tentang makanan dengan ragam warna yang bisa membantu kesehatan kami. Kami mempunyai daftar tentang makanan dengan aneka warna dan kandungan yang dibutuhkan.

Tapi menurut instruktur TIGNUM, tidak usah menghafal itu. Asal di atas meja tersedia makanan dengan aneka warna, yakinlah bahwa sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan sudah ada disana.

Jus buah segar yang dibuat beberapa saat jelang makan, juga disajikan istri saya sebagai bagian dari hidangan di meja makan, dan tentu saja dengan topping istimewa: “With Love and Care

“Lack of activity destroys the good condition of every human being, while movement and methodical physical exercise save it and preserve it.” (Plato)

Bookmark and Share

4 Responses to Komitmen Sehat Berkesinambungan

  1. wahh ayah memang keren dalam hal olahraga,, akan saya coba 🙂
    makasii atas goresan penanya ^^

    • josef josef says:

      Terima kasih Ruma, investasi untuk kesehatan fisik sejak dini angat penting. Ini akan dinikmati terutama kalau sudah usia lanjut. Mahalnya nilai kesehatan baru terasa kalau kita sudah sakit. Belum terlambat untuk memulai, dan konsisten.. ,

  2. eriman says:

    Wah bermanfaat sekali, Pa Jos. Saya copy dan insyaAllah saya terapkan yah. Terima kasih Pa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET