Meraih Mimpi: HR Transformation

Posted on November 25th, 2011

If you have a dream, and you really want to achieve it, all the universe will conspire to help you to achieve it”, demikian kata Paulo Coelho, dalam bukunya the Alchemist.

Udara Bandung yang dingin, tidak mengurangi semangat team HR saya untuk mendiskusikan transformasi menuju HR Business Partner Concept.Tepatnya tahun 2005, team mencoba memvisualisasi hasil seperti apa yang akan tampak, bila transformasi ini berhasil. Berbagai tahapan, tahun demi tahun, disiapkan untuk meraih hasil tersebut.

Mimpi besar kita dituangkan tertulis dalam sebuah Koran semu yang bernama COMPASS. Ceritanya, kami membayangkan bahwa di bulan April 2010 (lima tahun dari mimpi ini dibangun), wartawan Compass mewawancarai HR Director karena keberhasilan menerima penghargaan yang namanya Optimas Award. Isi wawancara tertuang di halaman depan Koran tersebut. Lihat gambar.

Tahun demi tahun, program transformasi kami dan team jalankan dengan serius. Tahap demi tahap keberhasilan mulai tampak, bahkan rekan HR beberapa negara lain sudah mulai meminta untuk sharing… dan Koran tersebut di atas entah tersimpan di mana… bahkan orang sudah mulai melupakannya.

April 2010, saya menerima berita dari Singapore: Perusahaan kami menerima penghargaan “The Asia Best Employer Award” dan yang lebih mengejutkan lagi adalah bulan yang tertera dalam Koran semu tersebut adalah April 2010 dan alas an pemberian penghargaan itu mirip dengan ulasan Compass di tahun 2005 lalu. Penghargaan tingkat Asia yang saya terima di Singapore di bulan Juni 2010 itu, adalah penghargaan untuk kerja team yang sukses, dan layak untuk kami rayakan bersama.

Sambil mensyukuri rahmat yang luar biasa itu, saya dan team semakin yakin bahwa kita harus membangun sebuah mimpi besar untuk masa mendatang, dan kalau kita bertekad untuk mencapainya, maka “… all the universe will conspire to help us to achieve it.”

 

Bookmark and Share

10 Responses to Meraih Mimpi: HR Transformation

  1. Hari says:

    Luar biasa, jangan pernah takut bermimpi ya Pak, apapun itu.

  2. Rifqi says:

    seperti The Secret and Quantum Ikhlas saja Pak…:D

    • josef josef says:

      Rifqi, banyak yang sudah membaca buku yang Rifqi maksud, sharing ini untuk juga memberkan keyakinan bahwa ada kejadian disekitar kita setiap hari sebagai contoh dari isi buku tersebut. Salam

  3. novena says:

    I did it too pak.. Setelah beberapa kali kejadian spt itu berulang dgn sengaja ,rumusannya menjadi mudah dilalui.
    Then I call it : YNYG *my secret* hehehe.
    Bersahabat dgn alam tanpa membudaki utk pencapaian keinginan kita.

    Betapa nyata ya pak anugrah Tuhan,begitu holistik.

    Dan sampai sekarang sy belum pernah membuka buku The Secret

    Thanks for sharing pak,ini meyakinkan sy ternyata memang tulisan,pikiran,perasaan,ucapan menuntun kita ke masa depan. Just being positive n optimis.That’s enough rite?

    GBU
    see you pak @barnabas – pondok cabe 🙂

    • josef josef says:

      Saya setuju dengan statement Novena: Just being positive and optimistic ! Tapi ditambah dengan real action. WOuld appreciate Novena share some of your story untuk teman2 lainnya. Terima kasih sebelumnya Salam, sampai ketemu disana

  4. Jadi teringat ketika kita membuat visi ini Pak Jos. Ketika memikirkan visi seperti apa yang mau dibuat, pilihan jatuh pada Optimas Award. Dan ternyata menjadi kenyataan dalam bentuk yang berbeda 🙂

    • josef josef says:

      Betul Noer, cerita ini mengingatkan kebersamaan kita merintis jalan menuju kondisi seperti sekarang ini, sekaligus tekad kita bersama untuk meraih mimpi. Tema annual conference kita waktu itu: “Change Riders”. Terima kasih contribusinya. Salam untuk komandan Change riders, Korin, yang lagi sibuk dengan bayinya di Singapore

  5. Lala Tobing says:

    Hi Pak Jos, it was really enjoyable working with you to build Knowledge Sharing Culture in ULI. We must keep on dreaming ya Pak!

    • josef josef says:

      Terima kasih Lala, partner saya dalam membangun Knowledge Sharing Culture. Selamat atas Penghargaan Global yang diraih ULI. Kapan2 kita ngobrol !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Roy, pasti ada waktunya untuk masing-masing kita, sesuai kebutuhan. Salam sukses

roy:
Senang sekali bila malam itu saya bisa ikut bergabung, berbagi cerita, dan bersilaturahmi dengan pak Jos dan...

josef:
Terima kasih Denitri, pa Pungki sudah mulai membangun dialog untuk menemukan jalan agar CHRP bisa mendapat...

josef:
Selalu sehat dan jangan lupa olahraga rutin, serta ajak teman2 lainnya untuk ikut bersama2. Terima kasih Ratih

josef:
Terima kasih Ratih, kontribusi nyata bisa diberikan ditempat kerja, membuat diri kompeten karena terus...


Recent Post

  • Loyalitas Timbal Balik
  • Self Discovery melalui Coaching
  • Profesi MSDM Berkualitas
  • Fokus Untuk Masa Depan
  • Komitmen Hidup Sehat
  • Leading with Love
  • Paduan Gotong Royong dan Growth Mindset
  • Train the Brain for Growth Mindset
  • Ketertarikan dan Tulus Mendengarkan
  • Paguyuban dan Gotong Royong