Transformasi Yang Menakjubkan

Posted on November 3rd, 2017

“Your mind is programmable – if you’re not programming your mind, someone else will program it for you.” (Jeremy Hammond)

MIRACLE! Kehadiran anak-anak ini dari seluruh pelosok tanah air, dari berbagai suku dan agama. Mereka tinggal di asrama lengkap dengan fasilitas agama masing-masing. Syukur saya bisa berkesempatan berbagi inspirasi hidup kepada mereka, dan sayapun belajar bagaimana mereka belajar membangun hidup positif secara mandiri. Di SMA Selamat Pagi Indonesia di kota Batu Malang mereka dipersiapkan untuk menapaki hidup secara mandiri, sesuai talenta masing-masing.

Mujizat

Begitu bertemu anak-anak, mereka mengucapkan selamat pagi (walau sudah malam sekalipun) sambil mencium tangan kita. Berbagai kutipan menginspirasi ditemukan entah di dinding, atau di tangga. Mereka membangun mimpi, tapi juga belajar mengambil langkah nyata untuk meraih mimpi. Lihat saja salah satu aula ini, yang perlengkapannya dibuat dari kayu bekas, bambu, tong bekas, ban bekas dan lain-lain. Juga berbagai karya tangan kreatif yang layak dijadikan souvenir.

3 November 2017_Transformasi Yang Menakjubkan1

Potongan-potongan kayu mereka sulap menjadi penutup dinding dan langit-langit atau batang besi bekas dibuat kursi dan meja makan, semuanya memberikan nuansa restoran hotel berbintang. Dan tentu saja menu makan malam kami adalah kreasi anak-anak SMA, yang talenta mereka sedang dikembangkan untuk food & beverage.

3 November 2017_Transformasi Yang Menakjubkan2

Asrama ini dijadikan seperti rumah sendiri, yang dikelola secara mandiri oleh semua siswa SMA. Mereka masak untuk kebutuhan sendiri, mengurus kebersihan rumah tangga. Mereka juga mengelola penginapan semi hotel, restoran untuk umum, membuat dan menjual berbagai souvenir, makanan untuk oleh-oleh yang bisa menjadi sumber pendapatan.

Perusahaan-perusahaan yang menyelenggarakan training di sana, akan diatur oleh tim terdiri dari anak-anak SMA yang sudah diajarkan untuk mengorganisir event.

Pentas Profesional

Usai makan malam, kami diajak untuk menyaksikan sebuah pentas, dengan penataan panggung, lighting, kostum dan tentu saja pementasan itu sendiri yang sangat memukau. Dan pemainnya adalah anak-anak SMA itu sendiri, di bawah bimbingan senior mereka yang sudah lulus dan terus menekuni seni pementasan.

3 November 2017_Transformasi Yang Menakjubkan3

Saya berkesempatan untuk memberikan komentar tentang pentas tersebut, berdialog dengan pemain serta menuliskan pesan:

“Pengalaman hanya beberapa saat di SMA SPI memberikan kesan yang mendalam tentang bagaimana kalian membersiapkan diri untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan. Kalau kamu yakin BISA maka PASTI BISA.”

3 November 2017_Transformasi Yang Menakjubkan4

Spiritual Garden

Salah satu lahan yang menarik adalah Spiritual Garden. Di sana dibangun fasilitas musholah untuk murid yang muslim, ada tempat doa untuk Kristen Protestan, tempat doa untuk yang Katolik, tempat doa untuk yang Hindu dan juga yang Budha.

Aspek spiritual ini juga diperhatikan oleh pengurus, agar semua murid yang tinggal bersama di asrama tersebut selain belajar ilmu, pengetahuan dan juga praktek berbagai ketrampilan, mereka juga terus dibimbing untuk menjalankan kehidupan agama masing-masing. Sebuah konsep persatuan dalam keragaman yang patut diacungkan jempol.

Kesempatan Berbagi

Sebagai putra daerah, begitu mendengar bahwa anak-anak itu berasal dari pelosok Sabang hingga Merauke, saya langsung antusias untuk memenuhi permintaan mereka untuk berbagi inspirasi. Foto berikut adalah suasana saat sesi berlangsung.

3 November 2017_Transformasi Yang Menakjubkan5

Di antara mereka ada yang harus menempuh perjalanan 4 hari untuk sampai ke kampung halamannya sendiri di pedalaman Kalimantan. Sementara itu ada yang penasaran bertanya, mengapa saya yang berada pada posisi yang kelihatan mapan dan serba kecukupan, mau untuk hadir berbagi cerita kepada anak-anak desa seperti mereka. Menanggapi pertanyaan tersebut, saya jelaskan, bagiku yang dimaksud dengan mapan adalah kalau saya dapat membantu lebih banyak orang lagi untuk menemukan hidup yang lebih bermakna (meaningful life).

3 November 2017_Transformasi Yang Menakjubkan6

Malam itu, saya hadir di tengah anak-anak yang juga berasal dari desa-desa di pelosok tanah air. Saya ingin mempertebal keyakinan mereka bahwa kalau saya yang orang desa bisa sukses, maka mereka juga BISA SUKSES.

“The only lifelong, reliable motivations are those that come from within, and one of the strongest of those is the joy and pride that grow from knowing that you’ve just done something as well as you can do it.” (Lloyd Dobens)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Putu Endra. Salam

josef:
Terima kasih pa Awan Rusdi telah menyempatkan berkunjung ke blog dan memberi komen. Saya senantiasa percaya...

Awan Rusdi:
Pak Josef, Bapak sudah tercatat di UNVR berkarir cemerlang, berkontribusi hebat dan dikagumi bawahan...

I Gusti Putu Endra A:
Terima kasih bapak ku,, Sangat diberkati. Salam I Gusti Putu Endra A

josef:
Terima kasih Roy, pasti ada waktunya untuk masing-masing kita, sesuai kebutuhan. Salam sukses


Recent Post

  • Sentuhan Tangan Yang Diberkati
  • Tempat Kerja Idaman
  • Momen Mendengarkan Milenial
  • Memacu Gairah Belajar
  • Loyalitas Timbal Balik
  • Self Discovery melalui Coaching
  • Profesi MSDM Berkualitas
  • Fokus Untuk Masa Depan
  • Komitmen Hidup Sehat
  • Leading with Love