Be yourself but better everyday

Posted on November 10th, 2011

Lama saya mencari tokoh panutan. Sederetan nama mulai bermunculan, bermula dari ayah saya sendiri. Saya mengagumi ayah saya, seorang tokoh yang tidak banyak bicara kalau tidak diminta. Namun dari sedikit kata-kata yang keluar dari mulutnya, sebagian besar adalah kata-kata bijak dan didengar orang.

Dia adalah seorang pejuang tanpa lelah yang selalu memberikan peluang kepada ke-delapan anaknya untuk meraih hidup lebih baik. Seorang pendobrak tradisi, untuk mencari alternatif usaha selain menangkap ikan, beliau juga membuat batubata. Pada awalnya usahanya dipandang sebelah mata oleh banyak orang, namun terbukti bahwa dia bisa mengantisipasi kebutuhan di masa mendatang. Dan di atas segalanya yang saya tidak habis mengerti adalah bagaimana dia bisa mengizinkan saya untuk merantau mencari ilmu di tanah jawa, sebuah tempat yang tidak terbayang olehnya. Sebuah keputusan yang sangat saya kagumi.

Selain ayah saya, dalam perjalanan selanjutnya masih banyak tokoh yang menjadi sumber inspirasi. Tokoh idola bermunculan, yang sering tanpa sadar saya mau menjadi seperti tokoh tersebut. Atau sekedar meniru sepotong gaya hidupnya.

Namun pertanyaan yang selalu muncul dalam diri saya sejak lama adalah: apakah mungkin saya bisa menjadi seperti tokoh idola saya? Dari berbagai refleksi akhirnya saya sampai pada kesimpulan, bahwa saya harus menjadi diri saya sendiri. “Be myself.”

Tapi apakah ini berarti saya menutup diri untuk menerima pengalaman orang lain yang sangat inspiratif? Saya tidak punya apa-apa yang bisa saya banggakan, yang bisa saya munculkan sebagai kekuatan sendiri…

Dalam sebuah sesi Performance Appraisal, ada diskusi panjang dengan atasan saya tentang motto tersebut di atas, kemudian dia menyarankan untuk disempurnakan menjadi “Be yourself, but better everyday.”

Menjadi diri sendiri, tetapi di sekitar kita, setiap hari banyak sekali hal yang bisa dipelajari untuk memperkaya diri. Kalau saja kita membuka diri untuk belajar tetapi sekaligus juga membagi (sharing)… Kalau saja kita merasa haus untuk mencari pelajaran baru… dan sekaligus melepaskan berbagai atribut penghambat, yaitu merasa diri sudah tahu, sudah bisa, sudah mampu, dan sebagainya.

Sejak itu, saya sangat confident dengan motto ini. “Be yourself, but better everyday,” motto yang terus mengingatkan saya untuk belajar setiap hari, untuk menjadi pribadi yang lebih baik dibanding hari kemarin!

 

Bookmark and Share

38 Responses to Be yourself but better everyday

  1. josef admin says:

    Be yourself, but better everyday

  2. atilla widodo says:

    Congratulation pak untuk Blognya terutama tulisan yg satu ini. Entah mengapa begitu saya membaca judulnya saya tergelitik untuk membukanya lebih lanjut dan membacanya dengan seksama, diantar huruf2 yg bapak tuliskan terus saya mencari arti sebenarnya yg mudah saya mengerti dan saya nyatakan dalam hidup saya se-hari2 untuk menjadi pribadi yg lebih baik dibanding hari kemarin. I love this quote pak “be yourself but better everyday”!

  3. Pak Jos, selamat atas peluncuran blog barunya. Semoga bisa berkarya dan memberi inspirasi kepada lebih banyak orang lewat blog ini.

    Be yourself but better everyday adalah filosofi sederhana namun memiliki makna sangat dalam. Orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin. Sebaliknya orang yang rugi adalah orang yang hari ini lebih buruk dari kemarin.

    Seiring bertambahnya waktu, bergantinya hari, sepatutnya tiap pribadi berjuang bersungguh-sungguh untuk menjadikan minimal dirinya sendiri menjadi lebih baik.

    Terima kasih untuk sharing berharga ini Pak Jos.

  4. Erlina says:

    Congrats ya Pak Josef…..semoga blog nya dapat menginspirasi semakin banyak orang… 🙂

  5. Tariwidiarto says:

    Congratulation Pak Yos, sungguh nasehat bapak ” to be yourself and better everyday” ini akan mendorong pribadi-pribadi yg rindu akan kemanfaatan diri terhadap diri sendiri dan orang di sekitarnya.
    Kami semua Yakin seyakin yakinnya bahwa tidak ada hal yg sia-sia, karena betapapun sidikit karya dan kebaikan akan berguna ya Pak?..
    Kami sangat merindukan tulisan nasehat Bapak..
    Sekali lagi congrat ya pak…

  6. cita says:

    Congrats P’Jos…artikelnya penuh inspirasi,smoga terus berkarya dan sukses slalu……

  7. Anggrita Utomo says:

    Congratulation for the blog and the twitter pak.. Looking forward for more inspiring article on ur blog or inspiring quotes on ur teeter. Have followed ur tweeter.. 🙂 Good luck!

  8. Deby Sadrach says:

    Selamat pak Jos. Pendek, tapi berisi, menggigit, menggugah perenungan dan inspiratif. Ditunggu tulisan2 berikutnya.

  9. Erna Sidhi Prasena says:

    Dear Josef, congratstulations with the launching of your blog. I remember the early years of our friendship that was womderful time we’ve been spent together as trainess in ‘UP’…We shared our thoughts and issues, laughing and caring each other, and now we meet again in your blog….so again congratulations and keep on writing and sharing your thoughts and experience…. Best,

  10. Indri says:

    Congrats pak Jos. Akhirnya jadi juga mengekspresikan hobby menulis dan membagi ilmu. Saya yakin blog ini akan diminati banyak org yg ingin belajar bukan hanya kajian profesional tapi juga personal. Motto ini salah satu yg menyentuh ruang personal. Saya n mungkin bnyk org selalu berpikir meniru org lain adalah lebih mudah, ingin spt si A, ingin sukses spt si B, dan sering lupa bhw dlm diri ybs ada strength yg org lain mgkn tdk memiliki, yg akan memberi hasil yg dasyat bila dikembangkan dan ‘be better everyday’. Thanks for sharing this life value.

  11. David Tampubolon says:

    Pak Jos..selamat atas peluncuran blog pribadinya ..terimakasih sdh banyak memberi inspirasi selama ini dan ditunggu cerita selanjutnya

  12. Stety Anang says:

    Tks Pak. Saya suka artikel ini, memberikan Inspirasi buat saya 😉

  13. robert sumar says:

    saya senang sekali bisa menemukan blog ini. selamat kepada pak Jos, semoga apa saja yang bapak bagikan bermanfaat bagi saya dan para pembaca umumnya.

  14. handayaniakhmad says:

    Thanks God, akhirnya saya bisa dapat limpahan pengalaman berharga, how to survive and make life improvement in everyday, dari blog ini. Congratulation Pak Jos, thanks sudah ikhlas berbagi. Salam

  15. hari windu says:

    Congrats..Pak Jos, ibarat pancing smg apa yg Bapak sampaikan dapat jadikan jalan beroleh ikan, ibarat jala dapat jadikan cara dapatkan banyak ikan yang bermanfaat dan sll menyehatkan diri pribadi kt semua..trmksh tuk inspirasinya..

    • josef josef says:

      Saya setuju Hari, bahwa lebih baik memberi pancing dan jala. Hari bisa membantu mengajarkan bagaimana menggunakan jala dan pancing, untuk teman2 yang membutukan. Terima kasih

  16. Tjia Ngie says:

    Terimakasih Saudara Muhammad Noer,telah memperkenalkan Blog ini,karena menambah sumber inspirasi saya.semoga blog ini semakin banyak pembacanya.

  17. iRma eRinda says:

    Pak, kami hari ini train the trainer untuk 7th habit – one of your legacy too in Unilever. I instantly remember you and evrytime I think of you, I think of this quote of yours. Mohon ijin pinjam ya pak – as one of the best life lesson i ever know..

    • josef josef says:

      Terima kasih Irma, silahkan untuk menggunakan quote ini dan membaginya kepada teman2. Saya akan hadir tiap selasa dan jumat pagi dengan cerita baru

  18. Enny Sampurno says:

    Pak Jos….selamat atas peluncuran blognya dan kesediaan bapak untuk berbagi cerita dan falsafah hidup.

  19. Leny Tambo says:

    Big congrats atas peluncuran blognya Pak. Saya sangat terinspirasi oleh kata2 Bapak, “be yourself but better every day”…. selama ini kita selalu mencari2 jati diri kita sampai kadang justru malah kehilangan jati diri kita itu… yg paling pas memang menjadi diri sendiri dan berusaha utk terus lebih baik tiap hari… Terima kasih Pak sudah mengingatkan kita utk itu…

    • josef josef says:

      Terima kasih Leny, moto ini akan terus mengingatkan kita untuk terus belajar setiap hari, tapi juga dengan berbagi, termasuk sharing blog ini kepada teman2 mu. Saya akan hadir di blog ini setiap selasa dan jumat pagi dengan cerita baru. Melalui twitter @josefbataona saya akan remind my followers tentang ini

  20. AgusPri says:

    Pak Josep,
    Cerita ini mengingatkanku pada sosok ayah dan ibuku, “Seorang Petani, Pekeja Keras, Pekerja Smart dan Sangat Berdedikasi untuk keluarganya.

    Beliau bukan hanya mengandalkan mata pencahariannya sebagai petani untuk menghidupi dan mendidik 9 anaknya. Namun disela-sela waktu yang ada dimanfaatkan untuk berdagang dan beternak, tanpa lelah dan tak pernah mengeluh. Prinsip hidup, dalam setiap obrolan disela-sela pekerjaan dirumah adalah “ojo gur nganggo ngokol, ngolek rejeki kudu dibarengi ngakal lan jujur” (jangan hanya menggunakan otot/banting tulang/kerja keras, mencari rejeki harus menggunakan akal juga/ kerja smart dan jujur). Yang dimaksud beliau, karena sebagian petani di desa kami hanya bekerja banting tulang hanya menggarap sawah sehari-hari dilakukan sendiri dan hasilnya tidak mencukupi. Maka dari itu beliau sawahnya sebagian besar dikerjakan orang lain, namun waktunya digunakan untuk berdagang dan beternak yg hasilnya bisa unutk bayar buruh tani lainnya, bahkan masih ada sisa untuk keluarganya.

    Salam Sukses.

    • josef josef says:

      Terima kasih Agus untuk membagi cerita pengalaman tentang orang tuamu. Perjalanan hidup mereka sangat menginspirai kita, terutama karena yg mereka pikirkan adalah demi masa depan anak2 mereka. Kami tungu sharingmu yang lainnya. Salam

  21. WS says:

    sarapan motivasi saya pagi ini . let’s do something better today.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih banyak mba Lisa, sebuah paparan yang menyentuh untuk semakin kita memahami betapa besar dampaknya...

Lisa Samadikun:
Bahagiaku adalah ketika masih bernapas. Karena selama masih bernapas, ku masih bisa berbagi. Dan...

josef:
Terima kasih Ratih, irama kerja bisa kita atur, tapi tetap berlandaskan pola pikir dan perilaku yang positif...

josef:
Terima kasih sama2 Ratih, berguna untuk kita semua yang sering lupa. Salam

Ratih Hapsari:
Nice article Pak, walaupun kita “dituntut” untuk selalu cepat dan cepat, tapi kita tidak...


Recent Post

  • Gaya Hidup di Era Percepatan
  • Simple Daily Human Tips
  • 3S: Say Stay and Strive
  • Ecosystem For Learning Agility
  • Guru Yang Tulus Melayani
  • Multi Dimensi Pengembangan SDM
  • Temukan Kebahagiaan Dalam Dirimu
  • Belajar Sejarah Bisa Menyenangkan
  • Warisan Sejarah Tak Ternilai
  • Etika Para Wisatawan