Indahnya Ciptaan Tuhan

Posted on July 2nd, 2019

“The Universe is saying: Allow me to flow through you unrestricted, and you will see the greatest magic you have ever seen.” (Klaus Joehle)

SEKITAR KITA hadir ciptaan Tuhan, bahkan diri kita sendiri adalah ciptaanNya. Namun berapa sering kita mencermatinya, mengaguminya ataupun bersyukur karena kehadiran mereka yang juga memberikan kontribusi tak ternilai dalam kehidupan kita. Sering kita mengabaikan, merasa memang seharusnya mereka berada disana, ada gunung, hutan, sungai, laut, pantai dan lain-lain. Begitu kita keluar dari zona rutin kita dan berada di lingkungan yang berbeda, disana muncul tingkat apresiasi yang berbeda. Karena itu kesempatan berlibur dan mengunjungi tempat-tempat baru memang memberikan nilai tambah yang luar bisa dalam memberikan perspektif yang berbeda tentang kehidupan, tentang alam dan seluruh isinya.

Gereja Tua

Begitu mendekat, kita sudah merasakan suasana batin yang teduh. Sebuah gereja kecil dari kayu, Lom Stave Church,  berdiri tegak sejak 1150. Kami sempat foto group disini

Gereja ini menjadi semakin unik karena hadir di sebuah kota kecil, Lom, Norwegia yang dikitari oleh pegunungan yang  menghadirkan sungai yang mengalir membelah kota.

Dan di titik tertentu, air sungai tersebut terjun bebas menuju lokasi yang lebih rendah.

Beberapa bagian dalam gereja tersebut, seperti nampak dalam kompilasi foto berikut.

Dari Panoramic Train

Di hari ke 10, kami berkesempatan untuk menggunakan Panoramic Train, meluncur dari ketinggian, masih melewati banyak air terjun, satu diantaranya seperti ini.

Selanjutnya sebuah keindahan yang luar biasa muncul didepan kami, pemandangan Gereja tua, Lom Stave Church dari ketinggian.

Panoramic Train  menuju ke Flom, dimana kami berkesempatan untuk makan siang.  Kami sengaja skip group lunch dan memilih sesuatu yang unik, dan memesan Fish Soup (Salmon + Codfish), grilled white fish dan reeinder stew (traditional Norway food).

Flom dan Fjord Cruise

Ternyata di kota Flom ini, selain stasiun kereta api untuk bisa menikmati pemandangan alam dengan moda trasnsportasi kereta api, ada juga dermaga kapal cruise yang bisa mengantar wisatawan menikmati Fjord Norway.

Kota kecil di Norwegia tersebut, memberikan kami kesan mendalam tentang keseimbangan alam, dimana penduduk yang tidak banyak jumlahnya bisa hidup berdampingan dengan alam yang indah, dikelilingi pegunungan, dilintasi sungai, diterpah air terjun. Dan di tengah-tengahnya hadir sebuah gereja kecil yang senantiasa mengingatkan kita akan Allah Sang Pencipta.

“The universe is limitless and so are you. There is a limitless supply of good that the universe wants to show you. Step out of the way and let it be!” (James Van Praagh)

Catatan:

Tulisan ini merupakan pertama dari rangkaian tulisan tentang perjalanan kami ke negara-negara Rusia dan semenanjung Scandinavia. Ikuti tulisan dalam posting berikutnya.

Bookmark and Share

2 Responses to Indahnya Ciptaan Tuhan

  1. Tromol Siho says:

    Saya bersyukur bisa mendapat uraian pengalaman dari bapak Joseph. Kiranya rasa syukur ini akan menjadi pemicu untuk tetap bisa berkarya sesuai dengan kesempatan yang diberikan oleh Dia kepada saya dan kita semua.

    Amin

    • josef josef says:

      Terima kasih Tromol untuk waktunya menyimak kisah ini. Banyak momen hadir dihadapan kita, untuk mengingatkan kita agar senantiasa bersyukur. Salam sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih pa Supriyono. Semoga sehat selalu. Salam

SUPRIYONO:
very inspiring article ..

josef:
Dear Farika, Terima kasih untuk merujuk pada tulisan ini, semoga bermanfaat. Happy to discuss, bilamana...

Farika Andhini:
Pak…saya lagi coba survey kecil2an ttg engagement..saya teringat bapak pernah tulis tema ini....

josef:
Terima kasih sama2 Cita, sudah semakin jarang ketemu yang seperti ini, karena itu saya sengaja mengangkatnya...


Recent Post

  • Paduan Gotong Royong dan Growth Mindset
  • Train the Brain for Growth Mindset
  • Ketertarikan dan Tulus Mendengarkan
  • Paguyuban dan Gotong Royong
  • Panggilan Untuk Mengubah Paradigma
  • Gaya Hidup di Era Percepatan
  • Simple Daily Human Tips
  • 3S: Say Stay and Strive
  • Ecosystem For Learning Agility
  • Guru Yang Tulus Melayani