Nilai Appraisal B

Posted on November 10th, 2011

Dalam suatu acara pelepasan karyawan yang akan pensiun, seorang supervisor pabrik yang saya kenal sejak kurang lebih 15 tahun lalu, mendekati saya dan sambil bersalaman dia menyampaikan: “Pak, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak, karena nasehat bapak yang sangat membantu”

Agak kagok karena lupa apa nasehat yang dimaksud, saya pun bertanya: nasehat yang mana karena yang saya berikan kepada karyawan pasti lebih dari satu nasehat.

Dia pun bercerita, ”Ketika saya berkonsultasi karena saya selalu mendapatkan appraisal C (average), padahal menurut saya, mestinya bisa lebih baik dari itu, bapak memberikan nasehat tentang langkah yang harus saya lakukan sebelum appraisal dilakukan oleh kepala bagian. Pertama-tama saya menyiapkan data-data apa yang saya kerjakan, yang menurut saya punya nilai penting. Kalau sudah siap, saya menemui kepala bagian untuk menyerahkan data tersebut, sambil menyampaikan bahwa dia pasti sangat sibuk jadi saya membantu dia untuk mempersiapkan data-data untuk appraisal saya”

Lalu apa hasilnya? tanya saya penasaran.

Sejak saat itu saya selalu mendapat appraisal minimal B, sampai saat saya pension, karena Kepala bagian saya mendapatkan input lengkap tentang apa yang saya kerjakan sepanjang tahun.

Gembira saya mendengarkan pengakuan ini, sekaligus mengingatkan saya bahwa nasehat sederhana seperti ini bisa memberikan dampak besar, terutama dalam kehidupan karier supervisor ini (small action big difference).

Bookmark and Share

22 Responses to Nilai Appraisal B

  1. Lukas O. Tadjong says:

    Wah, luar biasa. Kadang-kadang kita lupa melakukan hal-hal besar. Nasihat kecil dengan dampak yang besar. menginspirasi untuk terus melakukan hal-hal keci. Jadi teringat, yang setia dengan perkara kecil pasti diberi tanggungjwab untuk perkara yang lebih besar.

  2. willy says:

    Dear Pak Jos,

    Selamat atas peluncuran blognya. Delighted to see that your inspirational stories will be shared with more people so we can take lesson from them.

    regards,
    willy

  3. Lala Tobing says:

    Dear Pak Jos, congratulations on the launch of your new blog! you should have done this long time ago…your sharing will give blessings to others including myself, thanks Pak Jos…

    God bless you, Lala

    • josef josef says:

      Thanks Lala, belum terlambat. Terima kasih terlebih dahulu, karena ada cerita2 yang saya tampilkan dikemudian hari yang terinspirasi dari program yang Lala fasilitasi

  4. Djatomo Djahudi says:

    Selamat atas peluncuran blogny. Pak Jos, saya ingat pertemuan pertama dengan pak Jos pada tahun 1980 an di pabrik Angke yang kala itu saya memanggilnya mas Josef; pak Jos menceriterakan perjalanan dari kampung sampai Jakarta dan bekerja disebuah percetakan? kalau saya tidak salah ingat. Setiap anak buah yang berulang tahun bapak belikan kue ulang tahun, saya dan semua teman merasa bersaudara karena perhatian dan ulah pak Jos.

  5. nusril ahadi says:

    Dear Pak Jos,

    Selamat atas peluncuran blognya.
    Semua arahan bapak melalu cerita seorang laki2 yang cacat fisik, benar2 menjadi inspirasi bagi kami, thanks a lot pak Jos.

    God bless you.
    Regards, nusril

  6. well says:

    Dear Pak Jos,
    Boleh tau data apa aja yang diperlukan untuk appraisal ? saya tau bisa membantu saja ketika diappraisal bos. Terima kasih.

    • josef josef says:

      Hai Welly, diskusi appraisal merujuk pada target yang disepakati di awal tahun. Terkadang kepala bagian terlalu sibuk untuk mengetahui detail pelaksanaan target tersebut, belum lagi tugas2 tambahan di luar target tersebut yang perlu mendapat perhatian kepala bagian. Akan membantu kalau saya yang punya appraisal mempersiapkan draft pencapaiannya, lengkap dengan data penunjangnya… Karena It’s my Performance Apraisal ! Salam !

  7. Fanny Bataona says:

    wow tak sangka…
    walau aku tak mengerti appraisal secara pasti…Appraisal?????

    tapi nasehat opa bisa fanny terapin buat hal lain yang juga relevan….

    thx opa buat nasehat tak langsungnya…inspiratif

    • josef josef says:

      Fanny, Appraisal disini adalah Penilaian Prestasi Kerja karyawan. Mudah2an Fanny bisa mengambil manfaat dari cerita di blog ini, dan saya akan hadir setiap selasa dan jumat pagi dengan cerita baru. Jangan ungkan untuk bertanya !

  8. Hadi Sudibyo says:

    Selamat untuk peluncuran blog-nya Pak JOS.
    Dulu saya hanya bisa berinteraksi secara formal dengan pak Jos ketika di Serikat Pekerja. Padahal saya yakin banyak ilmu yang bisa digali dari bapak. Mungkin lewat media ini, bisa membantu saya banyak belajar dari Bapak.

    Salam,
    Hadi

    • josef josef says:

      Terima kasih Hadi, memang banyak jalan untuk kita bisa bertemu dan saling berbagi. Share blog ini ke teman2 lain, teriring salam dari saya. Ikuti terus cerita baru yang akan saya hadirkan setiap selasa dan jumat pagi.

  9. Silo says:

    Thanks Pak Josef atas sharing di blognya… tulisannya memacu saya untuk dapat berfikir lebih luas dalam dunia karier..

    • josef josef says:

      Terima kasih Silo telah berkunjung ke blog ini. Kalau cerita ini ikut membantu dalam karier atau kehidupanmu, bagilah cerita ttg blog ini kepada sahabat2 lainnya

  10. WS says:

    ” it is MY performance appraisal ”
    can’t be truer than this.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih pa Supriyono. Semoga sehat selalu. Salam

SUPRIYONO:
very inspiring article ..

josef:
Dear Farika, Terima kasih untuk merujuk pada tulisan ini, semoga bermanfaat. Happy to discuss, bilamana...

Farika Andhini:
Pak…saya lagi coba survey kecil2an ttg engagement..saya teringat bapak pernah tulis tema ini....

josef:
Terima kasih sama2 Cita, sudah semakin jarang ketemu yang seperti ini, karena itu saya sengaja mengangkatnya...


Recent Post

  • Paduan Gotong Royong dan Growth Mindset
  • Train the Brain for Growth Mindset
  • Ketertarikan dan Tulus Mendengarkan
  • Paguyuban dan Gotong Royong
  • Panggilan Untuk Mengubah Paradigma
  • Gaya Hidup di Era Percepatan
  • Simple Daily Human Tips
  • 3S: Say Stay and Strive
  • Ecosystem For Learning Agility
  • Guru Yang Tulus Melayani