Pilihan Hidup Setiap Saat

Posted on September 9th, 2016

“While you’ll feel compelled to charge forward it’s often a gentle step back that will reveal to you where you and what you truly seek.” (Rasheed Ogunlaru)

PESAN-PESAN KEBAIKAN senantiasa hadir setiap saat, dan dalam bentuk yang beragam. Ada yang bermakna mengingatkan kita untuk berbuat, tapi ada pula yang mendorong untuk menghentikan.

Posting KampusUpdate dengan foto dan quote-ku beberapa saat lalu mengingatkan tentang mempersiapkan masa depan, saat ini, hari ini juga, tanpa menunggu. Karena kesempatan itu akan segera berlalu. Pesan ini sesungguhnya ditujukan pada para mahasiswa. Dan saya percaya, para mahasiswa sudah berusaha sungguh-sungguh mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Ini merupakan materi #KUchat di KampusUpdate Desember 2013.

Tapi pesan itu masih aktual, dan akan terus hadir mengingatkan kita semua.

pilihan-hidup-setiap-saat

Postingan di atas bukan kebetulan, karena saya tidak percaya kebetulan. Di minggu yang sama, dalam sebuah forum kami diberikan brosur, di mana tertera:

“Candidates are now in control, and they’re selecting employers who make the hiring process simple, fast and focused on them….. In fact, recruitment has become marketing, which means you have to compete for the best talent by creating engaging, relevant experience.”

Pernyataan tersebut sangat valid, apabila mahasiswa telah mempersiapkan diri secara sungguh-sungguh, mereka bisa mengambil alih kendali rekrutmen, mendikte proses penerimaan karyawan, karena mereka mempunyai nilai tambah yang sulit diabaikan.

Pemikiran tersebut bisa saja masih diperdebatkan, karena ada juga perusahaan yang sangat yakin bahwa mereka bisa dengan mudah mendapatkan fresh graduate, berapapun jumlah yang mereka mau. Bila demikian halnya, kita perlu mempertanyakan, apakah mereka mendapatkan best talent.

Besok untuk Kita Semua

Seberapapun jauhnya perjalanan hidup yang telah kita lalui, masih ada yang terbentang di depan kita. Yang lalu sudah memberikan kita pelajaran untuk mempersiapkan kita menapaki masa depan, walau yang namanya masa depan itu masih mengandung berbagai kemungkinan. Artinya kita semua harus mempersiapkan diri dari waktu ke waktu. Pesan pendek berikut ini kiranya membantu memacu semangat kita:

“Yesterday is gone. Tomorrow has not yet come. We have only today. Let us begin.” (Mother Teresa)

Mempersiapkan diri untuk hari esok tidak hanya diperuntukkan bagi fresh graduate. Semua kita, di usia manapun. Dunia sekitar berubah, peta lapangan kerja berubah. Tuntutan akan keahlian tertentu berubah. Pilihan perusahaan akan tipe tenaga kerja andalan pun terus berubah. Karena itu hanya mereka yang siap akan  bisa meraih berbagai kesempatan bagus.

Segera Bangkit dan Lari

Ada periode dalam kehidupan ini, di mana kita mempertanyakan perjalanan hidup kita sendiri. Ada yang sudah mencoba jalur karir tertentu, pindah kerja beberapa kali tapi belum mantab dengan pilihan itu. Bahkan ada yang merasa sudah mantab dengan pilihan karirnya, ternyata lingkungan kerja kembali membuat dia ragu. Walau ada juga yang sudah berusaha untuk fokus melihat bahwa ini adalah bagian dari pembelajaran hidup, tetap saja keraguan bisa saja muncul.

Sementara teman yang lain menyikapinya dengan rasa percaya diri bahwa ini merupakan konsekuensi dari keputusan yang diambil sendiri di masa lalu. Peringatan buat kita: Bangkitlah dan segera menata kembali rencana baru untuk masa depan. Mungkin nasihat berikut ini sedikit menyejukkan situasi yang dihadapi:

“Even if we have ourselves so fully convinced that we are on the right track because we desperately want to believe that the specific direction we have chosen is the “correct one”, if the universe disagrees with our choices, it will not be shy in telling us so.” (Miya Yamanouchi)

Dan hanya Anda yang tahu saatnya berhenti dan memilih jalan lain atau meneruskan perjalanan sekarang. Saat memilih jalan lain pun ternyata tidak selalu mudah, karena alam semesta memaparkan berbagai pilihan. Akankah kita mengikuti saran berikut untuk menciptakan kejutan besar dalam kehidupan kita di masa mendatang.

“Two roads diverged in a wood and I – I took the one less traveled by, and that has made all the difference.” (Robert Frost)

Pilihan tetap ada di tangan setiap individu. Bahkan dengan tujuan hidup yang sudah dirancang rapih menurut kita pun, alam semesta ternyata menghadirkan kesempatan yang berbeda. Pada akhirnya hanya dengan kejernihan batin, hati yang selalu mensyukuri, pribadi yang selalu menyatu dengan alam sekitarnya, saling berbagi dengan sesama, maka kita akan mendapat tuntunan, seperti pesan penutup berikut ini.

“Goals are only ever a guide; a winding, changing path. It’s your heart that will really keep you on tack… and nourished along the way.” (Rasheed Ogunlaru)

Bookmark and Share

2 Responses to Pilihan Hidup Setiap Saat

  1. Serasa bercermin membaca tulisan ini Pak 🙂 dan tidak ada kata terlambat untuk selalu memperbaiki diri y pak demi masa depan.

    • josef josef says:

      Terima kasih Herva, semua yang ada di sekitar kita adalah cermin sosial untuk kita ngaca setiap saat. Tapi sering kita abaikan, atau bahkan cerminnya kita pecahkan karena tidak mau melihat diri kita seperti yang ada di cermin itu. Terima kasih untuk mengangkat butir penting tentang CERMIN. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET