Kunci Pembuka Sukses Berikutnya

Posted on February 21st, 2017

“If you do the best and the most you can today, don’t worry about tomorrow.” (Bertie Charles Forbes)

ILMU YANG DIDAPAT tidak untuk disimpan sendiri, karena tidak akan dibawa mati juga. Karena itu ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh hendaknya dibagi kepada yang membutuhkannya. Semakin kita berbagi, semakin kaya kita karena kita juga belajar saat mempersiapkan materi dan juga dari interaksi tanya jawab di kelas.

Yang belajar pun akan bertambah kaya ilmu pengetahuannya karena dia sudah membuka diri dan meluangkan waktu untuk belajar. Dan harapan kita lebih jauh lagi adalah, ilmu yang didapatkan, akan dibagi lagi kepada yang lain. Ini akan menciptakan dampak berlipat ganda.

Atas dasar pemikiran itu, maka saya sengaja luangkan waktu di akhir pekan untuk berbagi di program CHRP (Certified Human Resources Professionals) Batch 37.

Kunci Pembuka Sukses Berikutnya1

Kunci Pembuka Sukses Berikutnya

Gembira membaca tulisan beberapa peserta di social media, sebagai reaksi mereka atas sesi yang barusan mereka ikuti. Sebut saja Jefri yang posting sebuah foto tentang sesi hari itu dengan komen:

“Finally I can seat in his classroom for share….. what a great nutrition and thank you for the book 10.000 rupiah”

Tulisan ini kemudian dikomentari Rina:

“A good coach improves your game. A great coach improves your life… And it’s your choice to choose your coach… Congratulation Jefri. Finally your big dream come true.”

Menarik pula untuk menyimak jawaban Jefri:

“Aamiin bu Rina, thanks to open the door bu.”

Ada beberapa kata penting dari komen di atas: great nutrition, coach, choice, dream dan open the door.

Kunci Pembuka Sukses Berikutnya2

Sesi saya awali dengan sharing pesan ayah saya ketika saya meninggalkan kampung untuk merantau seperti yang tercantum dalam buku “Kisah Rp 10.000 yang Mengubah Hidupku”:

“Jangan memilih-milih pekerjaan dan jagalah kepercayaan orang padamu.”

Raih kesempatan bekerja apapun yang hadir di hadapanmu, karena siapa tahu pekerjaan itu akan menjadi kunci pembuka sukses berikutnya. Di sinilah makna “open the door”  yang dimaksud Jefri, karena jalan menuju sukses meraih mimpi tidak selalu lurus. Perlu “NUTRISI mental dan rohani”, perlu seorang yang bisa men-challenge kita dari waktu ke waktu (COACH). Dan sesi hari itu langsung KLIK menghubungkan berbagai pengalaman sebelumnya dan ekspektasinya untuk mimpi menuju masa depan.

Di antara dua pilihan penting

Ada lagi cerita seorang peserta lain, Andriyati, yang sudah meminta izin, bahwa dia hanya duduk di sesi saya selama 30 menit, karena hari itu ada tamu kantor penting dari Yunani yang harus dijamu makan siang. Saya sudah mengiyakan. Ternyata dia tinggal di kelas sampai sesi selesai dan ikut foto bersama. Dia memilih terus menyimak presentasiku dan bukan jamuan makan siang dengan tamu kantor.

Ketika saya bertanya, jawabannya singkat:

“Ketika Bapak mulai cerita desa asal Bapak, I decided to stay Karena yakin I will get an inspiring true story yang penting Buat Saya, dan saya dapatkan, terutama berkaitan dengan “Never Give up Spirit.” 

“Dan sangat inspiring,” timpal teman yang berdiri di sebelahnya.

Apa yang disajikan hari itu bukan teori, tapi rangkaian pengalaman nyata, yang saya yakini bisa menjadi pilihan pendengar untuk menerapkannya. Karena itu merupakan pengalaman saya sendiri, saya bisa berkisah penuh keyakinan, apalagi sejak awal niatan saya adalah untuk menginspirasi komunitas HR atau mereka yang peduli pada pentingnya HR, sebuah kontribusi kecil semoga bermanfaat.

“Nobody can hand you a ready-made key to open the door of success. You must fashion your own key and find the combination of the lock for yourself.” (Bertie Charles Forbes)

Bookmark and Share

4 Responses to Kunci Pembuka Sukses Berikutnya

  1. ana says:

    Very inspiring Pak, sangat terkesan dengan kesederhanaan Bapak, semangat untuk belajar dan konsistensi Bapak yang tidak pernah menyerah apapun kondisinya. Dari awal Bapak membuka sesi dikelas, saya dan teman-teman yakin akan banyak belajar dari sharing pengalaman Bapak.

    Thank you sudah sharing banyak hal dengan kami Pak , semoga apa yang kami dapatkan dapat membuat kami berkarya lebih baik lagi. Dan semoga kedepannya Bapak lebih banyak sesi sharing di CHRP 🙂

    God Bless Pak

    • josef josef says:

      Terima kasih Atanasia sudah mengunjungi blog dan menyimak tulisan ini. Kita semua pasti bisa saling belajar dari pengalaman masing2. Simak juga 490 artikel lainnya di blog ini, atau artikel baru yang akan hadir setiap Selasa dan Jumat jam 08:00 pagi. GBU

  2. sony wuwung says:

    Terima kasih pak atas apa yg saya terima dari bapak.
    Saya sangat terinspirasi dgn kesederhanaan bpk yg terus ingin belajar dan belajar
    Yg jelas bhw saya termotivasi dgn apa yg bpk sampaikan tadi di kesempatan setelah penandatanganan PKB Di PT.SIMP Tbk Bitung
    Salut buat bapak.
    Dpt saya katakan terima kasih senantiasa Tuhan memberkati bpk dan keluarga.

    • josef josef says:

      Terima kasih sama2 Sony, karena sdh menyempatkan untuk mengunjungi blog dan menyimak kisah ini. Silahkan leluasa menyimak berbagai artikel disini. Komenmu di fb akan saya angkat di postingan selasa depan. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan