Melayani dengan Coaching

Posted on February 28th, 2020

“I never cease to be amazed at the power of the coaching process to draw out the skills or talent that was previously hidden within an individual, and which invariably finds a way to solve a problem previously thought unsolvable.” (John Russell)

DOA BERSAMA sudah selesai, dan 3 bus siap meluncur menuju Pelabuhan Ferry Executive Merak. Isinya adalah 50 orang coach anggota Coachnesia yang akan menyelenggarakan program kemasyarakatan berupa Coaching. Dari ketinggian bukit, depan Menara Sieger, pemandangan sungguh menyegarkan. Dermaga executive Bakauheni dengan laut dan langit yang biru jerni, seakan memberikan restu untuk program Coachnesia hari Sabtu ini: Gathering & Movement 22-02-2020, dengan tema: “Bring Service and Safety to Perfection, Find the way through Coaching Session.”

Kebersamaan yang FunTastic

Tempatnya sengaja dicari yang unik. Program kebersamaan diselenggarakan di ruang VIP Ferry Executive, yang sedang dalam pelayaran dari Merak menuju Bakauheni. Yang saya suka dari ini adalah, program tidak akan bisa molor karena, Ferry berangkat tepat waktu dan pelayaran memakan waktu 1 jam 20 menit sehingga program harus sudah selesai. Acara dibuka oleh salah satu Direktur ASDP, pa Yusuf Hadi. Dilanjutkan dengan sharing oleh coach Christine Hutabarat dari ASDP (sesi dihadiri juga oleh direksi ASDP), Juga dari Coach Lyra Puspa (Vanaya) dan Coach Salman Subakat (Wardah). Disamping itu ada sharing dari peserta, seperti yang diberikan coach Rina Prasetyawati, yang membagi pengalaman coaching pada relawan dan korban bencana alam di Palu dan Lombok.

Kebersamaan kami sempat juga direkam dari ketinggian bukit depan Menara Sieger.

Dan momen ini  tak disia-siakan oleh peserta untuk beraksi di kapal ferry, baik saat pergi ataupun kembali.

 

Melayani dengan coahing

Berbagai inisiatif Coachnesia sudah dilaksanakan, menyasar berbagai unsur masyarakat yang berkesempatan mendapatkan manfaat dari sesi coaching oleh Coachnesia.

Hari ini, 22 Pebruari 2020, Dermaga Ferry Eksekutif Bakauheni yang baru menjadi tempat yang asyik untuk melakukan coaching. Pimpinan dan karyawan ASDP dan Perusahaan Pelayaran berkesempatan menerima manfaat coaching dari 50 coaches dari komunitas Coachnesia. Beberapa cuplikan foto sebagai berikut.

Tema “Bring Service and Safety to Perfection, Find the way through Coaching Session,” sangat relevan, saat ASDP sedang bertransformasi meningkatkan pelayanan, sekaligus menjamin keselamatan para penumpang kapal. Kita percaya bahwa hasil transformasi itu tidak bisa dalam semalam, namun kita juga perlu mengapresiasi langkah besar yang dilakukan ASDP, termasuk pengembangan SDMnya. Simak juga tulisan di blog ini, setahun lalu, di link di akhir tulisan ini.

Memperkaya Pengalaman Coaching

Ide gemilang yang difasilitasi Vanaya, tempat anggota Coachnesia belajar Coaching perlu diapresiasi. Ilmu coaching memang kita dapatkan di ruang kelas. Coaching Skill dasar memang menjadi tanggung jawab individu untuk memenuhi sekian jam coaching practice, sebelum diberikan sertifikat. Tapi apakah ini cukup? Jawabannya tentu saja TIDAK. Di masyarakat ada berlimpah kesempatan menambah pengalaman,  untuk bisa mengasah dan meningkatkan ketrampilan Coaching. Semakin diasah, semakin peka kita untuk menangkap hal-hal yang tidak diucapkan (unspoken things). Juga kita akan bisa  belajar menempatkan diri secara  benar sebagai seorang coach, dengan menghargai sang coachee sebagai insan yang mempunyai segala kemampuan yang ada untuk solusi apa saja yang sedang dicari. Kita juga belajar tentang berbagai karakteristik manusia yang kita temui, sehingga kita bisa menempatkan diri secara benar dalam memanusiakan manusia. Jangan heran kalau kita sering surprise dengan nilai-nilai yang dikedepankan oleh coachee, yang tidak kita sadari sebelumnya. Dan dalam menghadapi beda generasi seperti saat ini, pendekatan coaching bisa membantu coachee untuk lebih tahan banting, karena lebih memahami ecosystem tempat dia berada atau bekerja.

Ide ini kemudian didelegasikan kepada Coachnesia dari masing-masing batch untuk mencari ide-ide kreatif. Dalam pelaksanaannya mereka juga mengundang peserta dari batch lainnya untuk bergabung.

Inisiatif ini tentu saja pada akhirnya memberikan dampak sangat positif kepada kehidupan professional dan pribadi masing-masing anggota coachnesia. Kita harapkan semoga inisiatif seperti ini bisa memberikan kontribusi demi mayarakat yang lebih baik dan pada akhirnya demi Indonesia yang lebih baik.

“Effort is important, but knowing where to make an effort in your life and in relationship with others makes all the difference.”  (Marilyn W. Atkinson)

Simak juga: https://www.josefbataona.com/leadership-2/mengapresiasi-dengan-perilaku-positif/

 

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Dewi, setuju sekali di rumahpun kita bisa rancang liburan yang menyenangkan. Butir yang tidak...

dewi:
Tidak semua liburan seharusnya keluar dan mengunjungi salah satu tempat wisata… terkadang dengan d rumah...

josef:
Terima kasih Mudji atas pertanyaannya: 1) Pembelajaran yang dimaksud tidak harus yang besar. Mis. Dalam...

Mudji:
Saat pertama Bpk baru buka blog ini di Nop 2011, terus terang saya suprise banget dgn moto Bpk yg berat ini +...

josef:
Terima kasih mba Meisia, batuknya sudah hilang berkat resep tradisional


Recent Post

  • Komitmen Belajar dan Berbagi
  • Start-up Mentality
  • Transformer Center: School of Life
  • Melayani dengan Coaching
  • Terus Belajar dan Berkembang
  • Agar Sehat dan FIT
  • Evaluasi Leadership Program
  • Kesalahan BESAR Seorang Pemimpin
  • Memaknai Pesan Alam Semesta
  • Waiting Time is Learning Moment