Mendekatkan Diri dan Menyapa

Posted on July 25th, 2017

“Character is the glue that bonds solid and meaningful relationships.” (Tony Dungy)

JARAK sering menjadi alasan kesenjangan. Jarak juga yang sering dirasakan oleh bawahan, bisa karena alasan geografis atau karena alasan struktural. Namun demikian seorang pemimpin hendaknya tidak menjadikan itu sebagai alasan untuk pembenaran “jarak”. Diawali dengan niat seorang pemimpin untuk mendekatkan diri. Kemudian mengambil langkah nyata untuk mendekatkan jarak atau membuat jarak itu bukan lagi menjadi alasan untuk tidak turun dan menyapa.

Tepi Laut yang Sejuk

Acara kunjungan kali ini dimulai dengan makan malam bersama tim HR di semua pabrik/unit yang ada di Semarang. Umumnya suasana lebih cair dengan obrolan segar di atas meja makan, sambil merekam berbagai momen kebersamaan.

Mendekatkan Diri dan Menyapa1

Di tepi pantai yang sejuk ini pula dipilih untuk melakukan dialog santai usai makan malam. Berbagai tantangan dalam implementasi HR di lapangan diangkat untuk dibahas bersama. Penjelasan tentang latar belakang dari sebuah masalah, membantu untuk bisa dipahami. Dialog ini sungguh bermanfaat, berbicara langsung dengan tim di lapangan, kesempatan mendengarkan secara langsung, dan kesempatan untuk menginspirasi mereka.

Oleh karena itu, ketika posting foto di FB diakhir pekan itu (foto tengah di atas), Yastaka Sabyoga menulis:

Leadership adalah sebuah visi, yamg ditenagai oleh inspirasi penuh dedikasi, diwujudkan dengan eksekusi yang dilakukan oleh praktisi yang mampu memobilisasi. Bersama bapak2 Martinus Krisdaryanto, Josef Bataona, Thom Herdy Hutahaean, Bezaliel Pakke, Arie Sastra Wirawan. Terima kasih atas kunjungan dan sesi pertemuan yang berkesan di Semarang. 🙂

Hadir Menyapa Tim di Pati

Tidak banyak kita yang mengetahui kehadiran pabrik Gula yang berada di Pati, yang ketika dibangun di tahun 1879 bernama NV Pabriek Gula Pakkies Redjo Agung. Saat ini, pabrik tersebut bernama Pabrik Gula Pakis Baru, di bawah  PT Lajuperdana Indah, milik PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Berikut foto bersama manajemen dan karyawan yang beruntung mendapatkan buku.

Mendekatkan Diri dan Menyapa2

Selain acara tatap muka, juga kunjungan pabrik dan menemui karyawan yang berada di unit-unit pabrik tersebut.

Beberapa lokomotif tua masih ditemukan di sebuah ruangan belakang pabrik, termasuk yang masih buatan tahun 1925.

Mendekatkan Diri dan Menyapa3

Ungaran pun Tersenyum

Tim Manajemen sudah berada di depan gedung kantor di pabrik, sambutan hangat penuh senyum. Kesempatan tidak disia-siakan untuk berfoto bersama.

Mendekatkan Diri dan Menyapa4

Di tempat yang sejuk di daerah Ungaran, beroperasi PT Prima Cahaya Indobeverage, usaha patungan Indofood dan Asahi. Selain tatap muka dan kunjungan pabrik, acara kunjungan ditutup dengan makan siang bersama di sebuah gubuk makan dengan lingkungan yang asri, dengan latar belakang Gunung Ungaran.

Kunjungan seperti ini merupakan bagian dari program yang kami lakukan berkala, dengan tujuan agar saya dan tim di pusat lebih paham akan keseharian teman-teman di lapangan. Dan Tim HR yang ada di lapangan pun lebih terbuka mengungkapkan kesulitan di lapangan untuk bisa dicarikan solusi bersama.

“Ask yourself: would you be comfortable printing everything your employees, customers & partners have to say about your culture?” (Tony Hsieh)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih coach Indra, sukses juga untuk bukumu yang baru: Effective Coaching Skills for Leaders. Salam

Indra Dewanto:
Sukses selalu dan terus menginspirasi Pak Josef Bataona….:)

josef:
Terima kasih sama2 Tromol, satu dua kata yang bermanfaat, kiranya menyejukan. Salam sehat dan sukses

Tromol Sihotang:
Terima kasih pak Josef yang setiap saat memberikan pandangan, arahan dan tentunya bimbingan yang...

josef:
Terima kasih sama-sama bu Dwi Suwarnaning, sukses selalu, salam


Recent Post

  • Belajar Bersama dari Buku Leader as MEANING MAKER
  • Sikapi Dengan Hati Yang Jujur
  • Agar Tetap Tegak Diterpa Badai
  • Mengasah Listening Skill Menuju Peran Sebagai MEANING MAKER
  • Tim Membutuhkan TRUST
  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement