Kejutan dan Luapan Kegembiraan HR Team

Posted on June 7th, 2013

“Surprise is the greatest gift which life can grant us.” (Boris Pasternak)

Surprise dari Anggota Team

Sudah berkali-kali saya menyampaikan kepada team bahwa setiap hari di sekitar kita ada banyak hal yang bisa menjadi alasan untuk kita senyum. Dan senyum itu yang akan membuat kita merasa bahagia. Dan dengan alasan itu, di beberapa forum internal, saya suka meminta peserta untuk menuliskan my#ReasonToSmile hari itu, untuk menggugah kesadaran tentang hal-hal kecil yang terkadang kita abaikan, walaupun bisa memberikan kita alasan untuk berbahagia.

Alasan Kami Bersukacita Hari Ini

Usai acara morning briefing, ada ritual handover tugas dari “PLAY Team ke “BE THERETeam, FISHFun Team ke-3. Karena acara sudah selesai saya  mempersilahkan semua untuk kembali ke meja kerja masing-masing.

Mendadak lampu dimatikan dan di layar terpampang slide sebagai berikut: “Finally we have HR Director.” Loh, maksudnya??

Dari arah pantry ada yang sedang masuk sambil mendorong trolly, ada nasi tumpeng besar. Kemudian Eri tampil memberikan penjelasan. “Hari ini kami semua sangat bersukacita” dengan beberapa alasan:

  • Pertama, karena RUPS sudah mengesahkan adanya seorang HR Director.
  • Kedua, karena pada akhirnya kami punya HR Director.
  • Ketiga, bahwa HR Director-nya adalah Pak Joseph Bataona.
  • Keempat, bahwa kami adalah anak buah Pak Joseph, yang menjadi HR Director.

Lalu Eri melanjutkan sambil memegang sebuah kartu. “Kita biasanya menerima kartu terima kasih atau ucapan dari Pak Joseph, sebagai kebiasaan beliau. Dan kali ini, kita berkesempatan untuk memberikan kartu ucapan selamat kepada Pak Joseph.”

Saya menerima sebuah kartu yang sangat manis dan cantik bersama guratan tanda tangan semua anggota timku, guratan tanda kasih dalam kebersamaan untuk melangkah ke depan.

Saya pun diminta untuk menyampaikan sambutan sebagai berikut:

“Terima kasih untuk surprise ini. Keputusan RUPS ini sekaligus merupakan panggilan untuk saya dan kita semua. Keputusan RUPS ini memberikan signal, betapa pentingnya Sumber Daya Manusia untuk Indofood, terutama untuk masa mendatang.

Bukan sebuah kebetulan, bahwa saya datang ke mari. Ada misi yang akan diemban kita bersama. Bukan suatu kebetulan bahwa yang saya temui adalah Team HR yang hadir hari ini. Berita gembira ini bukan saja buat saya, tapi buat kita semua dan semua teman-teman HR di semua Divisi Perusahaan ini. Ini sekaligus merupakan panggilan tugas yang akan kita emban bersama, karena itu kita tidak boleh menyia-nyiakan kepercayaan yang sudah diberikan kepada kita semua.“

Acara pun dilanjutkan dengan bersulang dan potong tumpeng bersama.

Gembira, Bangga Sambil Bersyukur

Hal yang sangat menggembirakan adalah bahwa semangat FISHFun sudah tertanam dalam hati seluruh team. Bahwa mereka terus mencari berbagai alasan untuk tersenyum dan berbagi senyum kepada yang lainnya. Mereka terus menggali berbagai potensi untuk memberikan surprise.

Mereka paham bahwa ketika mereka secara sadar menebar energi positif, universe akan menghadirkan energi positif lainnya yang diperlukan, orang-orang yang punya energi positif, ide-ide positif yang tampil, dan kejutan-kejutan lainnya yang mendadak hadir, dan sering diberi label: coincident. Tapi ini bukan suatu kebetulan.

Karena itu kegembiraan kami hari itu adalah juga untuk merayakan perjalanan kami empat bulan  bersama FISHFun, menerapkan 4 (empat) filosofi sederhana dari FISH: Choose your attitude, Play, Make Their Day, Be there.

Perjalanan kami masih panjang, tetapi kami semua sadar bahwa kenikmatan yang akan kami dapatkan, bukan pada pencapaian akhir di ujung perjalanan itu, tapi justru kami ingin menikmati setiap langkah sepanjang perjalanan bersama itu.

Hari ini, team menciptakan sebuah moment, memorable moment. Dan Kartu Ucapan Selamat dari mereka akan saya simpan dalam ‘Jewelry Box’-ku. Apa isi Jewelry Box, simak posting terdahulu yang berjudul: My Jewelry Box. (baca di sini)

Terima kasih Tim HR, saya sungguh bangga melangkah bersama kalian.

“Creative thinking is more than just coming up with new ideas. It is about living life in a way that is open, authentic and curious. It is a mindset and approach to everything we do.” (Cyndi Burnett)

Bookmark and Share

18 Responses to Kejutan dan Luapan Kegembiraan HR Team

  1. devi says:

    Sekali lg saya ucapkan selamat kepada bapak sprt comment saya sebelumnya, rasanya setelah sekitar 10 th Indofood tidak dipimpin oleh seorang pejabat yg bertitle director, semoga kepercayaan dan misi yg bapak emban akan membawa kita kedalam Perushaan yg maju dan memberi kebanggan bagi karyawannya.

    • josef josef says:

      Terima kasih Devi, ini merupakan misi bersama team yang saya pimpin. Team sendiri excited, membuat saya tambah bersemangat. Ini akan membua tugas kita lebih bermakna

  2. ratih says:

    Kami juga sungguh bangga mempunyai atasan Pak Josef dan dapat melangkah bersama Bapak. Selamat bertugas dengan jabatan baru sebagai Direksi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, semoga Bapak dapat memberikan perubahan ke arah yang lebih baik.

    • josef josef says:

      Terima kasih Ratih, kerjasama positif atasan bawahan akan memberikan dampak maksimum. menyadari adanya panggilan, sudah merupakan langkah awal yang bagus. Menyadari bahwa kita harus bergandengan tangan dalam melaNgkah, juga merupakan hal yang positif. Terima kasih atas doanya, semoga kita bisa melangkah ke arah perubahan yang lebih baik

  3. uray ali says:

    Pak Yosef,
    Melalui forum ini saya tak ketinggalan menyampaikan SELAMAT atas kepercayaan memimpin SDM di Indofood.
    H. Ali Hanafiah

    • josef josef says:

      Terima kasih mas Ali, semoga saya dapat memenuhi panggilan ini sebaik-baiknya, demi pengembangan SDM dan manfaat maksimum untuk karyawan dan perusahaan disana

  4. Tita says:

    Congratulation pak!!

  5. Arham says:

    Congrats bang director Josef 🙂
    pasti beban yang berat sekaligus menyangkan jadi pemimpin SDM di indofood

  6. Sudung Samosir says:

    Selamat untuk Bapak Josef di jabatan barunya…
    saya dulu pernah bekerja utk supply man power di jasa keamanan untuk Plant Indofood. semoga dengan terpilihnya Bapak dapat memajukan Indofood kedepannya…

    Salam HRM Club dari kota Surabaya Pak..

  7. mulki akbar says:

    Selamat utk Pak Josef atas tugas dan tanggung jawab baru yg dipercayakan oleh Indofood.

    Wassalam,
    Mulki akbar

  8. Triaji Lahardi says:

    Selamat Untuk Pak Josef, sukses selalu…

  9. eriman says:

    Selamat dan Sukses untuk Pa Josef, semoga amanah besar di Indofood dapat ditunaikan dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life