Inspirasi Sang Master

Posted on March 20th, 2018

“Leaders don’t create followers…they create more leaders” (Tom Peters)

CIPTAKAN BANYAK PEMIMPIN. Tiga kata ini ingin saya kaitkan dengan kutipan pembuka, di mana seorang leader bertanggung jawab bukan saja untuk mempersiapkan siapa penggantinya, tapi mengembangkan banyak calon leader yang bisa menduduki berbagai posisi. Dan merupakan bagian dari tanggung jawab itu adalah mempersiapkan para leader yang juga mempunyai kemampuan untuk menciptakan lebih banyak leader lagi.

Diharapkan bahwa gelombang ini tidak akan berhenti di satu generasi tapi kalau bisa berlanjut ke banyak generasi berikutnya. Untuk itu sang leader perlu menanggalkan kepentingan pribadinya, dan memikirkan sebuah tujuan yang lebih luas lagi bagi masyarakat banyak.

Foto bersama beberapa anak binaan Ko Jul.

20 Maret 18_Inspirasi Sang Master1

Fondasi Menjadi Valuable Person

Anak-anak yang tinggal di Sekolah Selamat Pagi Indonesia adalah siswa-siswi SMA. Sambil belajar kurikulum resmi SMA, mereka diajarkan ilmu enterpreneurship melalui pendekatan “experiential learning”.

Namun untuk menjadi pribadi yang berguna, perlu diperjelas apa hasil akhir dari perjalanan belajar mereka. Ada lima pilar yang mereka pelajari untuk dikuasai dalam kehidupan mereka: Mereka belajar untuk pandai dalam lima aspek: Pandai mensyukuri, pandai beramal, pandai berpikir, pandai bertindak dan pandai berkomunikasi.

Tentu saja proses paling mendasar adalah mentransformasi diri menjadi manusia yang berguna, valuable person, melalui kelima pilar tersebut. Dan proses transformasi itu akan berlanjut sepanjang kehidupan mereka. Namun pola dasarnya diajarkan melalui 9 Kecerdasan Utama (9 quotiens), seperti pada foto ilustrasi berikut ini.

20 Maret 18_Inspirasi Sang Master2

(Courtesy MIC, The Transformer)

Inspirasi dari Sang Master

Puncak acara kami hari itu adalah mendapatkan inspirasi dari sang master, Bapak Julianto Eka Putra. Dialah tokoh yang disapa dengan KO JUL oleh anak-anak SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI). Semua Team HR yang hadir, hening menyimak, tidak ingin kehilangan satupun kata beliau. Berbagai kisah perjalanan pribadi sebagai anak dari keluarga biasa penuh perjuangan hidup.

20 Maret 18_Inspirasi Sang Master3

Dari sana dengan mudah kita dapat memaknai perjuangan tak kenal lelah, jatuh bangun dalam kehidupan, tapi satu hal yang pasti, dia percaya bahwa sukses tidak datang dengan sendirinya. Harus diraih, dan dia membuktikan sendiri bila melihat posisi terakhirnya sebagai Presiden Komisaris group perusahaannya yang membawahi 20 perusahaan. Decak kagum? Tentu.

Tapi yang lebih membuat kita semua terpukau, adalah perhatian utama beliau saat ini bukan pada perusahaan-perusahaan itu. Fokus Ko Jul saat ini beralih untuk mengulurkan tangan sendiri untuk mengangkat lebih banyak orang ke tingkat kehidupan yang lebih baik. Mereka adalah anak-anak tidak mampu yang datang dari seluruh pelosok tanah air, lintas suku dan agama.

Pak Julianto meninggalkan kehidupan di kota yang serba ada, dan tinggal di Batu Malang. Di sana  dia mengabdikan hidupnya untuk menciptakan generasi entrepreneur masa depan yang punya karakter teruji, menjadi valuable person untuk menjalani hidup masing-masing yang lebih bermakna.

Di sana dia berjuang bersama The Transformer Community untuk menciptakan lebih banyak leader, didasari panduan: “Be a valuable person to have a valuable life.”

Sukses yang beliau ceritakan tentang anak- anak SPI, yang juga berdasarkan testimony anak-anak tersebut, seakan menghadirkan berbagai mujizat (miracles). Kami semua speechless saat mendengarkan sukses anak-anak binaannya. Berikut foto bersama tim kami usai sharing session.

20 Maret 18_Inspirasi Sang Master4

Kick Andy Hero 2018

Jumat malam, beberapa minggu setelah kunjungan kami ke Batu, para pemirsa TV tengah menyimak uraian pendek Kick Andy di malam penghargaan Kick Andy Hero 2018, dengan tema, “Berbagi Dalam Keberagaman.”

Sepenggal uraiannya yang kami catat:

“Tema ini menguatkan dan menegaskan kepada kita semua bahwa di tengah issue sara, issue-issue konflik, masih banyak orang yang berbuat baik, berbagi pada sesama,  tanpa memandang suku dan agama. Jadi bagi saudara-saudaraku yang sedang mengabdi di pelosok-pelosok negeri tercinta, teruslah berbuat baik, teruslah mengabdiTuhan akan membuka jalan dan memudahkan niat baik Anda.”

Dan salah satu pejuang kemanusiaan yang layak menerima penghargaan ini adalah KO JUL, yang tak lain adalah Bapak Julianto Eka Putra.

20 Maret 18_Inspirasi Sang Master5

Penghargaan ini bukan hanya untuk apa yang sudah dia lakukan, tapi juga untuk riak gelombang yang dia ciptakan untuk perbuatan baik yang dilakukan oleh semua anggota Transformer Community. Mereka adalah manusia-manusia mandiri yang berkarakter, hasil binaan Ko Jul, yang akan meneruskan apa yang dicita-citakan beliau, bukan hanya di Transformer Center, tapi juga di manapun mereka nanti berkarya.

Mereka sebagai pribadi mandiri atau secara bersama-sama, akan menginspirasi lebih banyak lagi orang untuk bergandengan tangan membuat ‘Indonesia ini Lebih Baik.

Selamat untuk Penghargaan Kick Andy Hero Award 2018. Semoga Tuhan Memberkatimu, dan seluruh keluarga besar Transformer Community, dengan sukses berlimpah.

“If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader.” (John Quincy Adams)

Bookmark and Share

4 Responses to Inspirasi Sang Master

  1. Damaianus Rangga says:

    Menginspirasi sekali,bagaimana kepedulian Ko Julian terhadap anak kaum marjinal dapat terangkat. Semoga pendidikan entrepreneur Ini tidak belaka mengajar mencari keuntungan semata, karena banyak kali sumber komplik antara lain di masyarakat adalah tidak adanya rasa empati diantara sesama atau pengusaha. Halmana bisa serakah tidak peduli dengan sekitarnya yang penting untung. Cenderung ke mental menguasai semuanya. Semoga sikap empati siswanya bisa ditumbuh kembangkan juga.Sehingga kedamaian terus tercipta dimasyarakat. Tidak merasa dirinya yang paling benar atas semua tindakannya.

    • josef josef says:

      Terima kasih Damianus Rangga untuk tanggapannya. Pendidikan dasar dan utama yang diberikan disana adalah pembinaan mental. Anak2 disana bukan saja belajar Nilai2 dasar kemanusiaan di kelas, tapi terlebih dalam kehidupan dan kebersamaan setiap hari. Bayangkan mereka semua dari latar belakang beragam, lintas suku lintas agama. Saya sendiri menyaksikan bagaimana dalam sebuah event mereka mendemonstrasikan cara kerja multi-tasking, yang sedang tdk bertugas rela membantu temannya yang sedang bertugas, sekedar sebuah contoh, dan masih banyak lagi… Terima kasih untuk mengangkat issue penting dalam hidup keberagaman.

  2. Santi Sumiyati says:

    Selamat siang Pak Josef, saya coba browsing tentang Ko Jul dan ternyata beliau seorang pengusaha yang ulet dan sukses di Jawa Timur ya Pak. Tulisan Pak Josef di atas membuka wawasan saya tentang konsep berbagi dan tumbuh bersama, terutama dalam hal pembangunan karakter dan pengembangan potensi manusia. Paling dekat mungkin dapat dimulai dari lingkungan sekitar kita dulu ya Pak. Terima kasih Pak Josef sudah memberi pencerahan.

    • josef josef says:

      Terima kasih Santi, leader seperti itu sangat humble, sudah menanggalkan kepentingan diri demi masyarakat banyak. Yang dia utamakan adalah berbagi dan membantu orang lain menemukan makna hidupnya, hidup yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Putu Endra. Salam

josef:
Terima kasih pa Awan Rusdi telah menyempatkan berkunjung ke blog dan memberi komen. Saya senantiasa percaya...

Awan Rusdi:
Pak Josef, Bapak sudah tercatat di UNVR berkarir cemerlang, berkontribusi hebat dan dikagumi bawahan...

I Gusti Putu Endra A:
Terima kasih bapak ku,, Sangat diberkati. Salam I Gusti Putu Endra A

josef:
Terima kasih Roy, pasti ada waktunya untuk masing-masing kita, sesuai kebutuhan. Salam sukses


Recent Post

  • Sentuhan Tangan Yang Diberkati
  • Tempat Kerja Idaman
  • Momen Mendengarkan Milenial
  • Memacu Gairah Belajar
  • Loyalitas Timbal Balik
  • Self Discovery melalui Coaching
  • Profesi MSDM Berkualitas
  • Fokus Untuk Masa Depan
  • Komitmen Hidup Sehat
  • Leading with Love