Tugas SATPAM, Sebuah Panggilan

Posted on September 4th, 2012

“Saya bangga menjadi anggota keluarga Danamon, dan saya ceritakan itu kepada sahabat dan keluarga saya.” (Victor Bawelle)

PERAYAAN Peringatan Hari Kemerdekaan RI telah berlalu, dengan berbagai upacara yang nyaris rutin. Namun tahun ini kami mempunyai sebuah moment yang layak diangkat sebagai sebuah berita untuk dibagi.

 

Cerita berawal dari sebuah tempat di sebelah utara Sulawesi, namanya Tahuna. Guna memudahkan cerita ini, saya lampirkan peta di bawah ini.

Untuk mencapai pulau Tahuna, kita harus menempuh perjalanan dengan kapal motor semalaman, atau dengan penerbangan selama 45 menit dari Menado. Di sana hidup keluarga Victor Bawelle, bersama istri dan 2 anaknya. Dalam usianya yang mencapai 39 tahun, ia sudah bekerja di Bank Danamon selama 15 tahun dengan jabatan sebagai SATPAM. Semua tugasnya dia jalankan dengan penuh syukur dan bertanggung-jawab.

 

Suatu saat, keluarga Victor dikejutkan oleh sebuah berita besar: Putra sulungnya, Cristo Bawelle, terpilih melalui seleksi ketat di daerah asalnya, Tahuna, menjadi generasi muda terbaik bangsa, dan menjadi salah satu anggota Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRAKA) di Istana Negara, 17 Agustus 2012. Cristo dan seorang teman putrinya akan mewakili propinsi Sulawesi Utara.

 

Sukacita besar meliputi seluruh keluarga, karena seluruh biaya ke Jakarta untuk Cristo akan ditanggung Negara. Sementara itu, Victor sebagai orangtua, diundang untuk mengikuti upacara, tetapi harus datang dengan biaya sendiri.

 

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya

 

Victor Bawelle, ternyata memiliki sederet prestasi. Bakatnya dalam olahraga Bela Diri Pencak Silat mengantarnya menjadi salah satu atlit dari SULUT dalam PON XIII 1993 di Makassar. Olahraga ini juga yang menjadikan Victor seorang yang sangat disiplin, tangguh dan bertanggung-jawab tinggi dalam menjalankan tugasnya dan menjalankan hidup keluarga bersama istri dan kedua anaknya.

 

Dalam mendidik anak, dia menerapkan prinsip: memberikan pendidikan terbaik, sifat jujur, disiplin, patuh pada orang tua dan takut kepada Tuhan.

 

Sementara itu Cristo Bawelle juga punya deretan prestasi, diantaranya: mewakili Sulut dalam Lomba Sains IPA Tingkat Nasional di Semarang 2006; Peringkat Satu Lomba Pidato tentang Narkoba HUT Provisnsi SULUT; Siswa Teladan SD & SMP Tingkat Kabupaten Sangir Talaut; prestasi sekolah selalu dalam peringkat 5 besar sejak SD sampai SMA. Cristo pun meluangkan waktu dalam organisasi: OSIS SMA, Palang Merah Remaja, Teater dan Drum Band. Atas semua prestasinya tersebut, Cristo telah menerima Beasiswa dari Karyawan Danamon Peduli sejak SD sampai sekarang.

 

Kesempatan yang patut disyukuri

 

Victor kembali harus memutar otak untuk mencari dana agar bisa hadir di Istana, menyaksikan langsung putranya sebagai PASKIBRAKA. Semua keluarga dan teman dihubungi untuk menjajagi bantuan.

 

Dan sampailah suatu hari, antara percaya dan tidak, Victor menerima berita dari kantor Pusat: “Bersiap-siaplah untuk audiensi dengan Direksi Perusahaan di Jakarta, 15 Agustus 2012. Kantor Cabang setempat akan mengurus semua perjalanan Victor bersama istri ke Jakarta-PP, dan juga penginapan selama di Jakarta, dan semuanya dibiayai perusahaan.”

 

“Serius? Benar? Tidak bercanda?” Semuanya terlontar spontan! Victor dan istrinya sempat terdiam: kaget, tidak percaya, gembira, mensyukuri, semuanya bercampur jadi satu.

 

Perhatian Direksi yang tidak terlupakan

 

Ini merupakan kesempatan pertama mereka menginjakkan kaki di Ibu Kota Republik ini: Jakarta. Tibalah waktunya, lima anggota Direksi, termasuk Presiden Direktur meluangkan waktu berbincang-bincang dengan Victor dan istrinya Vivi, sambil makan siang di Kantor Pusat Jakarta. Di sana Victor dan istrinya mengungkapkan, dengan suara terpatah-patah dan juga sempat menitikkan air mata:

  • Terima kasih tak terhingga bahwa tanpa diminta, perusahaan mau membiayai seluruh perjalanan saya dan istri ke Jakarta-PP dan juga penginapan.
  • Syukur kami juga bahwa kami bisa menyaksikan aksi Putra kami langsung di Istana Negara, berkat dukungan perusahaan.
  • Tidak terbayang, saya seorang SATPAM, bertugas jauh di Tahuna, diundang bertemu direksi, dan bisa makan siang bersama.

Acara diakhiri dengan foto bersama direksi.

Acara Peringatan Ulang tahun Kemerdekaan RI pun tiba. Victor dan istrinya menyaksikan putranya secara langsung dari Istana. Dan tentu saja bangga dengan membawa pulang foto kenangan di Istana.

 

Panggilan dan Kebanggaan

 

Dari sepenggal kisah di atas, kami ingin mengedepankan bahwa, masing-masing kita mempunyai panggilan hidup sendiri-sendiri. Ada yang jadi direksi, senior manager, tapi ada juga yang melayani melalui tugas sebagai office boy atau SATPAM.

Kisah perjalanan Victor memperlihatkan betapa dia mendapatkan berkat, setelah melalui perjuangan panjang dan tugas yang dilaksanakan dengan sepenuh hati. Dan kisah di atas pun memperlihatkan bahwa Rasa Bangga sebagai seorang karyawan yang mendapatkan perhatian tulus dari dewan direksi, akan mempertebal rasa cintanya kepada perusahaan, dan juga membuat dia terus mensyukuri rahmat yang diterima.

 

Victor, Selamat dan Sukses selalu !!!

Bookmark and Share

20 Responses to Tugas SATPAM, Sebuah Panggilan

  1. Erlina says:

    sip…setiap kerja keras pasti akan membuahkan hasil dan ini merupakan engagement event yang langka bagi seorang karyawan…:)

  2. Lisa Christiana says:

    Saya terharu membaca ceritanya pak…. Tuhan memberikan jalan keluar yang tidak terduga utk Victor dan istri, sehingga bisa datang ke Jakarta.

    • josef josef says:

      Ya Lisa, bahkan Victor sendiripun tdk pernah menduga mendapat kesempatan seperti itu. Tuhan selalu memberikan yang terbaik untuk masing2 kita, dan sayapun senang untuk share kisah ini. Terima kasih Lisa

  3. Nugraha says:

    Sangat menggugah sekali, pak..Sangat menginspirasi, terutama bagi generasi muda seperti saya.

    Salam hangat

  4. Banis says:

    Saya menitikkan air mata haru membaca kisah ini. Sungguh inspiratif dan patut menjadi teladan, betapa setiap anggota organisasi memberi kontribusi pada perusahaan dalam kapasitasnya masing2, dan penting bagi manajemen utk menaruh perhatian pada mrk.
    Terima kasih telah berbagi kisah ini, pak Josef :’)

    • josef josef says:

      Terima kasih Banis telah mencermati kisah ini, yang mengandung nilai kemanusiaan yang universal tentang peran setiap insan dimanapun mereka berada. Kita semua perlu memahami ini dengan hati. Trima kasih komentarnya, salam

  5. Dede says:

    Salut untuk Pak Victor yang sudah melahirkan salahsatu putra bangsa terbaik. Saya membayangkan betapa bangganya beliau… terimakasih Pak Jos atas ceritanya yang selalu menginspirasi.

    • josef josef says:

      Terima kasih sama2 Dede, jalan hidup terkadang penuh kejutan, terus mengingatkan kita akan tangan2 yang siap membantu kita, dan seharusnya kita syukuri. Salam

  6. Nurdin says:

    Luar biasa perjuangannya…seleksi begitu ketat sekali. Itu pun pernah saya rasakan menjadi Paskibraka Kabupaten Kuningan tahun 2007…begitu bangga dan senang setelah menjalani proses yang begitu panjang dan berat. Cristo Bawelle …. teruskan dan kembangkan potensimu.

    • josef josef says:

      Selamat juga untuk Nurdin yang pernah berhasil terpilih sebagai Paskibraka, dan karena itu bisa membayangkan besarnya kebanggaan dan sukacita Cristo dan orang tuanya. Terima kasih Nurdin akan sharingnya

  7. christo bawelle says:

    puji Tuhan 🙂 saya tidak dapat berkata apa2 saat membacanya saya hanya bisa meniti kan air mata.. semua yang saya lakukan adalah berkat dan kebaikan dari Tuhan yang maha kuasa.. semua yang saya lakukan akan sia2 tanpa dukungan dan doa orangtua dan keluarga saya yang tercinta.

    terima kasih banyak kepada pak Josef.. dan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk bank Danamon dan segenap direksi.
    Tuhan memberkati.

    saya tidak dapat membalas semua yang telah bpk/ibu berikan. saya serahkan kepada Tuhan untuk membalas semua kebaikan bpk/ dan ibu sekalian.
    sekali lagi : TERIMAKASIH

    • josef josef says:

      Apa kabar Christo, semoga perjalanan ke Jakarta membawah seribu kenangan buat mu dan kedua orang tuamu, dan bukan kebetulan bahwa semua itu terjadi. Berkat Tuhan ! Salam sekali lagi untuk Christo serta bapa dan ibu Victor. Terima kasih juga telah menyimak kisah di blog ini.

      • christo bawelle says:

        puji Tuhan, luar biasa pak:)
        seribu kenangan yang tak akan terlupakan bersama orang2 yang dicintai dan AMIN itu semua berkat Tuhan!
        terima kasih pak.. ada salam hangat juga dari mama dan papa.
        Tuhan memberkati

  8. Christy says:

    sangat mengharuhkan , Tahuna memang hanya kota yang kecil , namun orang Tahuna memiliki semangat dan jiwa yang besar, salah satunya bpk Viktor Bawelle. Selamat untuk Christo. trima kasih pak Josef untuk kisahnya 🙂

  9. FitriRidha says:

    Sebuah kisah yang sangat luar biasa. Sekali lagi salut atas perhatian management DAnamon kepada karyawannya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Roy, pasti ada waktunya untuk masing-masing kita, sesuai kebutuhan. Salam sukses

roy:
Senang sekali bila malam itu saya bisa ikut bergabung, berbagi cerita, dan bersilaturahmi dengan pak Jos dan...

josef:
Terima kasih Denitri, pa Pungki sudah mulai membangun dialog untuk menemukan jalan agar CHRP bisa mendapat...

josef:
Selalu sehat dan jangan lupa olahraga rutin, serta ajak teman2 lainnya untuk ikut bersama2. Terima kasih Ratih

josef:
Terima kasih Ratih, kontribusi nyata bisa diberikan ditempat kerja, membuat diri kompeten karena terus...


Recent Post

  • Loyalitas Timbal Balik
  • Self Discovery melalui Coaching
  • Profesi MSDM Berkualitas
  • Fokus Untuk Masa Depan
  • Komitmen Hidup Sehat
  • Leading with Love
  • Paduan Gotong Royong dan Growth Mindset
  • Train the Brain for Growth Mindset
  • Ketertarikan dan Tulus Mendengarkan
  • Paguyuban dan Gotong Royong