Dua Tahun Penuh Gairah

Posted on November 12th, 2013

“A friend is someone who is there for you when he’d rather be anywhere else.” (Len Wein)

LUANGKAN WAKTU untuk membagi ilmu yang dipunyai. Ilmu milikmu tidak pernah habis dibagi. Demikian salah satu pesan yang saya sampaikan via Media Sosial untuk para sahabat di jaringan social.

Persahabatan yang kita bangun bisa karena kesamaan tertentu, seperti teman sekolah, teman kerja, kelompok hobi yang sama dan seterusnya. Kelompok seperti ini yang dulunya bisa berkumpul bersama untuk berbagai tujuan. Namun situasi bisa berubah di mana mereka menyebar di berbagai tempat karena alasan yang berbeda-beda.

Dewasa ini kita diuntungkan dengan hadirnya berbagai sarana Media Sosial yang memungkinkan kita masih bisa berkomunikasi secara intensif. Dengan demikian kita bisa mempunyai update tentang situasi terkini teman-teman tersebut.

Banyak Forum untuk Berbagi

Perkembangan dunia dewasa ini menghendaki kita juga menyesuaikan pola hidup kita, termasuk di dalamnya pola berkomunikasi. Dan yang lebih penting adalah membangun pola komunikasi yang efektif, di mana saya berkesempatan untuk membagi berbagai ilmu, pengetahuan, pengalaman yang sudah saya raih dalam perjalanan hidup dan karier selama lebih dari 30 tahun.

Saya memang sering menjadi narasumber untuk artikel koran atau majalah, terkadang diundang untuk berbagi di seminar publik atau dosen tamu di Universitas, ikut aktif memfasilitasi program Certified Human Resources Professional (CHRP) program selama 6 tahun pertama sejak diluncurkan oleh almamaterku Universitas Atma Jaya.

Apakah itu sudah cukup?? Bagaimana kalau menulis sendiri??

Persahabatan di Dunia Maya

Dari berbagai diskusi dengan teman-teman, terutama melalui inisiatif Ibu Malla Latif dari PortalHR, muncullah ide lain untuk membuat blog sendiri, sebagai media untuk menulis berbagai pengalaman. Setelah semuanya siap, maka lahirlah blog: www.josefbataona.com pada tanggal 11 November 2011 untuk mendapatkan tanggal cantik: 11-11-11.

Untuk menunjang komunikasi tentang blog dan interaksi yang lebih langsung dengan pembaca, diluncurkan pula akun Twitter @josefbataona dan memberdayakan juga akun di Facebook dan LinkedIn yang sudah hadir lebih dahulu. Ini bukan sekedar eksis di dunia maya, tapi juga membangun komitmen jangka panjang untuk terus berkisah bagi para sahabat.

Komitmen Sekaligus Disiplin

Dengan bangga kami memberitahukan, bahwa hari ini sudah hadir di blog ini sebanyak 205 artikel karya tulis selama 2 (dua) tahun. Ini merupakan buah dari janji untuk menulis dua artikel seminggu, dan menghadirkan kepada pembaca setiap hari Selasa dan Jumat pagi jam 08:00, kecuali hari libur. Begitu sudah siap di blog, saya akan umumkan melalui Twitter, Facebook dan juga LinkedIn.

Janji lain yang tidak kalah pentingnya adalah setiap komen di blog akan saya jawab, dengan demikian yang bersangkutan tahu kalau saya membaca komennya, sambil mengucapkan terima kasih atas waktu yang diluangkan pembaca untuk mengunjungi blog dan menyimak kisah di sini. Dan data kami memperlihatkan ada 1.937 komentar atas 205 tulisan tersebut.

Google Analytics

Melalui Google Analytics pada tanggal 10 November 2013, diperoleh data tentang blog saya:

  • Jumlah orang yang berkunjung: 21.697
  • Total jumlah kunjungan: 39.566
  • Jumlah halaman yang dibaca: 91.365
  • Rata-rata halaman yang dibaca per visit: 2.31
  • Lama tiap kunjungan: 3:30 menit

Category

Demi kemudahan pembaca, semua artikel dibagi dalam beberapa kategori, seperti tercantum di bawah ini. Melalui halaman ini, pembaca dapat membuka link dari setiap kategori untuk menemukan artikel dalam kelompok itu. Angka di akhir kategori menunjukan jumlah artikel yang ada.

Ucapan Terima Kasih

Puji syukur ke hadirat Yang Mahakuasa, karena berkat dan bimbinganNya saya masih diberikan kesehatan untuk bisa terus menulis dan berbagi. Saya tidak malu untuk hari ini memberikan ucapan Congratulation pada diri sendiri atas perjalanan ini, sesuai kata Jonathan L Huie: “Congratulate yourself whenever you have done your best, regardless of the outcome.”

Dan tentu saja tidak lengkap kalau saya tidak menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaanku kepada para sahabat yang aktif mengunjungi blog, menyimak kisah di sana, memberi komentar. Tidak sedikit juga pembaca yang selain merasa terinspirasi, tetapi juga memetik pembelajaran dan mencoba menerapkan beberapa ide yang dirasakan relevan. Doakan saya agar bisa terus aktif berkontribusi untuk dunia yang lebih baik, melalui tulisan-tulisan yang menginspirasi.

“Develop an attitude of gratitude, and give thanks for everything that happens to you, knowing that every step forward is a step toward achieving something bigger and better than your current situation.” (Brian Tracy)

NB: Baca juga bagaimana kisah menarik “Perjalanan 11 Bulan Sebuah Blogdi sini.

Bookmark and Share

16 Responses to Dua Tahun Penuh Gairah

  1. Damianus Rangga says:

    Proficiat Pak Josef atas perjalanan blognya yg sdh genap 2 tahun, semoga Pak Josef selalu dalam keadaan sehat sehingga tetap berbagi ilmu lewat media social ini. Blog ini adalah menu tetap saya setiap minggu dan bahkan rasanya belum cukup kalau cuma dua kali dalam seminggu. Ketika saya berkunjung ke blog saya pasti baca respon dari pembaca dan jawaban dari Pak Josef.Karena tulisan dan respon itu menjadi inspirasi dan pembelajaran saya.Saya berharap mungkin dalam waktu dekat sudah masuk percetakan sehingga semakin banyak orang terinspirasi lewat tulisan yang ditebar selama ini. Terima kasih Pak Josef atas informasi gratis selama ini. Semoga Tuhan selalu memberkati Pak Josef dan keluarga tercintanya dihari-hari mendatang.

    • josef josef says:

      Terima kasih Damianus Rangga untuk meluangkan waktu berharganya guna mengunjungi blog ini secara rutin dan menyimak kisah disini. Dua tahun ini bisa langgeng karena persahabatan yang dibangun dengan para pembaca setia. Terima kasih akan doanya, semoga kami sehat untuk terus menulis.

  2. Salam Pak Josef..

    Tulisan Bapak sangat sangat sangat sangat bagus sekali deh.. 🙂

    Sangat membantu orang-orang HR muda seperti saya. Saya berharap blog Bapak dibukukan as soon as possible 🙂

    Cheers

    • josef josef says:

      Terima kasih Agung, semoga lebih banyak manfaat diperoleh HR muda dari membaca blog ini. Terima kasih idenya untuk membukukan semua ini. Sekali lagi terima kasih telah mengunjungi blog dan menyimak kisahnya

  3. arsana wiyasa says:

    Saya ucapkan selamat Pak Yosef sangat super hebat dan kagum kpd Pak Yosef begitu seksamanya mengatur waktu yg hanya 24 jam dpt memberi pencerahan yg luar biasa dan sbg inspirator dan motivator positif pada saat awal membuka dan membaca blog di pagi hari smg terus hidup dan minghidupi dunia yg penuh dg tantangan

    • josef josef says:

      Terima kasih Arsana, saya hanya orang biasa yang mencoba mengangkat hal2 kehidupan disekitar kita untuk diramu menjadi bahan pelajaran, dan saya bagikan kepada yang lain. Semoga Arsana juga mendapat manfaat positif yang pada gilirannya juga ikut membagi. Caranya sederhana: bagi kisah di blog ini kepada teman2nya atau bagi link blog ini.

  4. arsana wiyasa says:

    Saya ucapkan selamat Pak Yosef pd hr yg sangat istimewa ini smg blog Pak Yosef sll dapat menginspirasi dan memotivasi kt semua unt menjadi pelayan kehidupan dan sll mampu memberi sgl sesuatu yg dibutuhkan masyarakat ok makin banyak membiri mk kt semakin kaya

    • josef josef says:

      Terima kasih Arsana untuk doanya, semoga blog ini juga berperan untuk mengajak lebih banyak orang untuk berbagi demi dunia yang lebih baik

  5. darwin f manao says:

    selamat untuk Bapak, untuk sharing pengalaman Pak Josef selama 2 tahun ini, semoga akan memberi warna pada perkembangan SDM Indonesia , Tuhan memberkati

    • josef josef says:

      Terima kasih Darwin, semoga doa kita semua dikabulkan: blog ini terus berkontribusi dalam memberikan warna perkembangan SDM Indonesia

  6. Andina says:

    terima kasih sudah berbagi ilmu selama 2 tahun ini pak Josef

  7. Selamat untuk ulang tahun yang kedua blog ini.. Indahnya berbagi.. Itu yang menjadi motivasi utama yang tidak akan luntur dan melemahkan semangan sampai kapan pun… Salam…

    • josef josef says:

      Terima kasih Laurens, response teman2 yang membaca turut memberikan motivasi untuk menulis, karena dari sana saya juga belajar

  8. Meisia Chandra says:

    Congrats pak Josef.. 🙂
    Kami team PortalHR bangga menjadi bagian dari blog ini.

    • josef josef says:

      Terima kasih Meisia dan teman2 di PortalHR, support kalian sangat berarti bagi kelangsungan inisiatif blog ini. Salam GBU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET