Mercusuar Pedoman Hidupku

Posted on August 31st, 2012

“Begin with The End in Mind,” demikianlah sepenggal nasehat dari Stephen Covey, melalui program 7 Habit of Highly Effective People. Ini merupakan Habit kedua dalam lingkup penguasaan diri sendiri, bersama dengan dua habit lainnya: Be Proactive dan Put First Things First.

Kemandirian seseorang tergantung dari kehidupan sesuai dengan ketiga habits ini. Dan ini merupakan unsur sangat penting, sebelum kita berbicara tentang interaksi dengan orang lain. Dan habit mana pun yang ditampilkan dalam kehidupan sehari-hari, pada akhirnya membuat kita menjadi seperti pribadi yang hadir saat ini, seperti kata Aristoteles: “We are what we repeatedly do. Excellence, then, is not an act, but a habit.

Dalam mengikuti program 7 Habits tersebut, peserta diminta untuk merenungkan perjalanan ke depan, sambil merancang Misi hidup masing-masing. Untuk apa?Ini merupakan pedoman, sebuah mercusuar yang memandu kita ke arah yang sudah di gariskan. Seperti apakah pribadi yang akan saya bangun, dan pada akhirnya inilah pribadi yang akan dikenal orang sekitarnya. Pada kesempatan ini, saya ingin membagi, apa yang saya goreskan pada waktu itu sebagai Misi hidup saya. Simak selengkapnya:

Misi Hidupku:

Meraih Kebahagiaan dengan membagi kasih

Kebahagiaan hidup saya bersama keluarga adalah SALING PEDULI, saling MENYAYANGI, serta saling membantu agar masing-masing kami tumbuh menjadi pribadi mandiri yang saling tergantung satu sama lain (interdependence).

Kebahagiaan hidup professional saya adalah KARYA POSITIF yang penuh tanggung jawab, sambil membagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman, serta menjadi sumber inspirasi bagi atasan, bawahan dan rekan kerja

Kebahagiaan hidup sosial saya adalah MEMBAGI KASIH karena PEDULI terhadap sesama, terutama yang papah dan terabaikan.

Kebahagiaan hidup saya adalah senantiasa MENGEMBANGKAN DIRI baik fisik, mental maupun spiritual, bersatu dengan alam yang terus menyapa, mengingatkan saya akan KASIH penciptaNYA.

Kebahagiaan hidup saya adalah mengawali dan mengakhiri hari-hari saya dengan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, SUMBER KELIMPAHAN KASIH

(Josef Bataona – Megamendung 22 Oktober 1998)

Konsepnya sangat sederhana. Bila kita membangun rumahpun, kita membayangkan kediaman seperti apa yang kita inginkan, dan menuangkannya ke dalam sebuah design, yang akan menjadi panduan mereka yang akan membangun rumah tersebut.

Demikian juga Misi hidup ini merupakan mental creation yang sengaja dituangkan sebagai panduan hidup perancangnya.



 

 

 

 

 

Progress dan Pencapaian?

Sudahkah saya mencapai kelima butir Misi hidup tersebut? Jawaban jujur saya: “Masih Jauh.”

Loh, kok begitu? Sudah 14 tahun belum juga dicapai? Misi ini sekaligus menjadi pelengkap motto saya yang berbunyi: “Be yourself, but better everyday.”

Misi ini akan menjadi acuan untuk mengukur apakah saya terus berupaya, terus belajar dan terus mengimplementasikannya, agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik hari ini dibandingkan dengan hari kemarin, dan besok lebih baik dari hari ini.

Rancangan tersebut di atas, saya diskusikan juga dengan istri saya, dan saya juga bahas ini dengan putri saya ketika dia sudah dewasa. Ini sangat penting karena merekalah alasan kenapa saya ada. Mereka juga yang memberikan saya umpan balik kalau ada perilaku yang menyimpang dari janji di misi tersebut.

Dengan menyajikan Misi ini di hadapan pembaca sekalian, juga merupakan bagian dari komitmen saya untuk berbagi: siapa tahu ada yang tertarik untuk merancang untuk diri sendiri, kalau memang belum punya. Di samping itu, bagi yang mengetahui misi ini dan mengamati bahwa saya hidup tidak sejalan dengan misi ini, mudah-mudahan mereka bersedia memberikan saya umpan balik, dan saya akan sangat berterima kasih untuk itu.

Tulisan ini sekaligus untuk mengenang tokoh yang menginspirasi saya: Steven Covey, yang telah mendahului kita beberapa waktu yang lalu. Tapi pemikirannya dalam buku “7 Habits of Highly Effective People” akan terus menjadi sumber inspirasi yang tak ada habisnya.

Bookmark and Share

11 Responses to Mercusuar Pedoman Hidupku

  1. Erlina says:

    Setuju…untuk mencapai sebuah tujuan harus digambarkan secara jelas apa yang kita ingin raih diakhir perjalanan, sehingga langkah” yang kita ambil pun akan mengarah menuju pencapaian tujuan tersebut.

  2. Erlina says:

    Have a great weekend too…. 🙂

  3. Alex Denni says:

    Tulisan yg bagus sekali Pak.. Love the mission and the motto. 🙂 Jgn pernah menghentikan langkah agar semakin dekat menuju “Greatness” 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih pak Alex telah mengunjungi blog dan menyimak isinya. Langkah saya akan diteruskan dengan panduan mercu suar ku. Salam untuk teman2 di Dunamis

  4. Alex Denni says:

    Bagus sekali tulisannya Pak. Love the mission, love the motto. Semoga Bapak semakin dekat menuju “Greatness” 🙂 Saya izin follow blog bapak.

    • josef josef says:

      Silahkan pak Alex, dengan senang hati untuk jadi komunitas pembaca blog saya. Ikuti terus berbagai kisah baru yang akan saya hadirkan tiap Selasa dan Jumat pagi jam 08:00. Terima kasih

  5. Terima kasih sudah berbagi misi hidup ini Pak Jos. Sangat menginspirasi kita semua untuk melihat jauh ke depan dan menjalankan misi tersebut.

    • josef josef says:

      Apa khabar Noer dan teman2 di Singapore ? Terima kasih sdh luangkan waktu untuk menyimak kisah seputar misi hidupku. Saya turut gembira bahwa cerita ini bermanfaat. Salam

  6. indarto setiawan says:

    Sangat menginspirasi, 7 Habits of Highly Effective People kadang kita tahu apa yang dimaksud tetapi tidak tahu bagaimana harus menjalankannya, tulisan bapak me-remaind kembali apa yang sudah saya dapatkan, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Roy, pasti ada waktunya untuk masing-masing kita, sesuai kebutuhan. Salam sukses

roy:
Senang sekali bila malam itu saya bisa ikut bergabung, berbagi cerita, dan bersilaturahmi dengan pak Jos dan...

josef:
Terima kasih Denitri, pa Pungki sudah mulai membangun dialog untuk menemukan jalan agar CHRP bisa mendapat...

josef:
Selalu sehat dan jangan lupa olahraga rutin, serta ajak teman2 lainnya untuk ikut bersama2. Terima kasih Ratih

josef:
Terima kasih Ratih, kontribusi nyata bisa diberikan ditempat kerja, membuat diri kompeten karena terus...


Recent Post

  • Loyalitas Timbal Balik
  • Self Discovery melalui Coaching
  • Profesi MSDM Berkualitas
  • Fokus Untuk Masa Depan
  • Komitmen Hidup Sehat
  • Leading with Love
  • Paduan Gotong Royong dan Growth Mindset
  • Train the Brain for Growth Mindset
  • Ketertarikan dan Tulus Mendengarkan
  • Paguyuban dan Gotong Royong