Appreciation Notes

Posted on February 21st, 2012

SAAT ITU malam Minggu, ketika dia sedang bercengkerama dengan keluarga di rumah. Tiba-tiba, sebuah SMS masuk dan jelas itu berasal dari nomor handphone HR Director. Agak tegang karena belum tahu ada kejutan apa. Segera dibaca pesan seperti berikut ini, yang terkirim pada 11-08-2009.

Dear Usmarsyah,
Dari pantauan lapangan kami mendapat laporan ttg kerja keras pak Usmarsyah dg teammu mempertahankan pasar anyar dan malabar yg sdg diserang oleh pesaing, sampai hari minggu pun datang ke pasar untuk menjaga pajangan agar tdk diganggu oleh pesaing. Ini merupakan contoh dari Sustained Agressiveness di lapangan. Saya ikut bangga dan ingin mengucapkan terima kasih utk pak Usmarsyah dan team, teruskan perjuangan… !!
Salam – Josef Bataona

“Terus terang saya kaget setengah mati, karena tidak menyangka menerima SMS dari Direksi. Terima kasih sekali atas perhatian bapak” demikian diakui Usmarsyah ketika bertemu saat upacara pension.

Lain lagi kisah Novalino yang menerima SMS serupa pada 12-08-2009.

Dear Novalino,
Kita sering bicara ttg EDGE (Every Day Great Execution), tapi belum banyak contoh kita saksikan ttg Great Execution, terutama ditengah ketatnya saingan saat ini. Mengikuti perjuangan Novalino di Medan, kami pun sadar bahwa telah 2.100 toko atau >70% total toko dicovered produk kita, angka yg fantastis yg hanya bisa dilakukan oleh karyawan dengan semangat dan dedikasi tinggi. Terima kasih dan penghargaan dari kami atas hasil Novalino dan Team. Teruskan perjuanganmu, Salam – Josef Bataona
cc OKTY, VK, YTO

Beberapa waktu berselang, HR Business Partner menyelenggarakan meeting di Medan untuk mendiskusikan fasilitas incentive untuk tim sales. Tanpa diduga, Novalino berdiri dan meminta peserta mendengarkan bunyi SMS tersebut di atas.

Selanjutnya ia berujar…

“Buat saya SMS tersebut jauh lebih bermakna dan mempunyai nilai melampau nilai Rupiah mana pun yang akan kita diskusikan. Jadi saran saya: sebelum mendiskusikan nilai rupiah insentif itu, kita semestinya sepakat untuk melakukan hal-hal basic kepada tim sales, memberikan mereka apresiasi, terima kasih atas hasil yang diraih, seperti yang dicontohkan oleh pak Yos.”

Novalino benar. Setiap hari kita mempunyai banyak alasan untuk memberikan apresiasi kepada anggota tim, dengan cara mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Baik melalui sarana SMS, BBM, Twitter, atau bahkan bertatap muka langsung untuk menyampaikan “Terima Kasih” atas apa yang sudah dihasilkan. Karena hal ini akan memberikan motivasi kepada anggota tim untuk bekerja lebih giat lagi. Langkah kecil tapi berdampak besar.

Sebagaimana bunyi kalimat terakhir dari SMS balasan Novalino berikut ini…

“….. Bp semakin membuat km tertantang dan termotivasi unt bekerja lebih keras dan Smart. Terimakasih atas perhatian, appresiasi dan dukungan Bp. Salam hormat kami. Novalino.(CC.Ibu OCTI,Bp. VEKA,Bp.ERA)”

Bukan hanya SMS yang mengagetkan mereka, tapi juga angka-angka yang dicantumkan di situ adalah angka pencapaian hari-hari terakhir yang dimonitor secara ketat. Hal ini membuat mereka yakin bahwa Direksi di kantor pusat pun mengetahui detail di lapangan, bahkan hasil kerja tim yang jauh di Medan sana.

SMS seperti ini, hanya mungkin saya lakukan berkat kegesitan sekretaris saya, Nolly yang bekerja sama dengan Helda, Tim HR Customer Development, yang sangat rajin memantau kerja lapangan, serta rutin memberikan update kepada saya tentang progress-nya.

Semua SMS motivasi yang kami kirimkan dan balasan tim lapangan seperti itu masih saya simpan rapi, untuk juga mengingatkan saya agar terus memberikan apresiasi kepada anggota tim. Terima kasih Nolly, terima kasih Helda. (*)

Bookmark and Share

12 Responses to Appreciation Notes

  1. erlina says:

    Terima Kasih juga Pak Josef atas sharing-sharingnya yang menginspirasi. Tetap Semangat! 🙂

  2. Fanny Bataona says:

    Terima Kasih, Opa…
    Setiap sharing selalu memiliki suatu makna yang bisa diterapkan dlm berbagai aspek untuk menjadi lebih baik…..

  3. Lukman Nul' Hakim says:

    Inspiring…Terima kasih Pak Yos.
    Better everyday…

  4. Sunny says:

    Dear Pak Josef,
    Thank you for always inspire me with great stories of yours. Your sharings give me the energy to keep on learning to be better everyday.
    Thank you sooooooo much.

    • josef josef says:

      Sapaan Sunny yg saya baca pagi2 dalam perjalanan ke gym untuk olahraga, telah memberikan saya tambahan semangat untuk memulai kegiatan hari ini. Terima kasih, dan jangan lewatkan kisah yg akan hadir pagi ini

  5. Joko Santosa says:

    Dear Pak Josef

    Terimaaksih atas Inspirasi yang sangat luar biasa…hal ini dapat kita sharingan kan bersama di tempat kerja dan keluarga..

    Salam
    Joko

    • josef josef says:

      Terima kasih Joko. Berikan alamat blog saya dan cerita di dalamnya kepada teman2mu, siapa tahu mereka bisa mendapat manfaat dari kisah2 itu. Nanti Kalau Joko dan teman2nya punya kisah menarik, tolong dibagi juga buat saya dan pembaca lainnya di blog ini.

  6. Saya baru membuka blok Bapak. Sangat inspiratif. Saya senang bisa menemukan blog dengan isi yang menggugah ide dan tindakan. Terima kasih dan lanjutkan perjuangan.
    EDGE (EveryDay Great Execution)

    • josef josef says:

      Terima kasih Arie telah berkunjung ke blog ini. Penggalan pengalaman selama ini sengaja saya hadirkan disini untuk teman2 pembaca yg sedang mencari inspirasi. Saya akan hadir tiap selasa dan jumat pagi dengan ceritera2 baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Ratih. Semua kita punya kontribusi untuk menciptakan lingkungan untuk tumbuh kembangnya mindset...

Ratih:
Penutupnya keren Pak, “fokus pada solusi”. Hal ini akan mudah diterapkan jika kita punya mindset...

josef:
Terima kasih Ratih, sungguh cantik, hanya terbatasnya ruang untuk penyajian saya di blog. Salam

Ratih:
Cantik sekali ya Pak pemandangannya..

josef:
Terima kasih Tromol untuk waktunya menyimak kisah ini. Banyak momen hadir dihadapan kita, untuk mengingatkan...


Recent Post

  • Kick-off Coaching Program
  • Suasana Penuh Kedamaian
  • Jadikan Pelajaran Berharga
  • Swedia Negara Ribuan Pulau
  • World’s Happy Countries
  • Indahnya Ciptaan Tuhan
  • Meaning dibalik Aktivitas
  • Optimisme Pekerja Mandiri
  • Positive Organization
  • Benih Positif di Taman Kehidupan