Dinamika Berorganisasi ala Serikat Pekerja Danamon

Posted on October 19th, 2012

GEMBIRA sekali untuk bisa hadir dan sekaligus membuka MUNAS Serikat Pekerja Danamon, bertempat di Denpasar Bali. Ini merupakan MUNAS yang sangat penting, karena akan ada Pemilihan Pengurus baru.

Dalam pidato pembukaan, saya menggaris-bawahi beberapa hal penting:

Pertama-tama tentu saja kita semua mensyukuri perjalanan bersama dalam membangun hubungan industrial yang harmonis di perusahaan ini, sekaligus meletakkan berbagai fondasi untuk perjalanan selanjutnya.

1. MUNAS ini akan menjadi moment yang bersejarah, karena banyak mata yang sedang tertuju ke sini: dari luar ada berbagai organisasi serikat pekerja yang ingin melihat proses dan hasil MUNAS ini. Sementara itu secara ke dalam, semua karyawan juga penuh harap sedang menunggu hasil MUNAS ini. Proses dan hasilnya akan tercatat dalam sejarah, yang bisa dijadikan acuan untuk belajar.

2. Dalam pertemuan menjelang MUNAS, panitia pemilihan menyampaikan kepada saya bahwa mereka sudah menetapkan kriteria yang cukup ketat untuk menyeleksi calon-calon ketua. Melalui proses tersebut, telah lolos 4 orang calon: Tri Jacks Santoso, Dadang Isnandar, Dollmart Ichtiar dan Djaka Suryadi.

3. Anggota Serikat Pekerja yang  hadir dalam MUNAS, sudah mewakili berbagai wilayah maupun lini bisnis/fungsi di perusahaannya. Ini merupakan pertanda, bahwa yang hadir sudah mewakili aspirasi rakyat banyak

4. Menarik pula untuk disimak, bahwa sebagian pengurus yang hadir adalah pengurus yang baru berkecimpung di organisasi Serikat Pekerja ini. Karena itu, mereka perlu belajar dari para seniornya. Sementara itu, dari sebagian pengurus yang lama, sangat diharapkan kebesaran hatinya untuk mau berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman kepada adik-adiknya. Mental berkelimpahan mengajarkan kita bahwa dengan berbagi, kita tidak akan menjadi miskin ilmu, tapi sebaliknya akan mendapatkan kelimpahan. Namun demikian, kitapun sadar bahwa proses ini hanya akan terjadi kalau ada yang mau belajar dan ada yang mau berbagi.

5. Kami pun tidak lupa mengingatkan pentingnya Diversity, pentingnya ada perwakilan Perempuan dalam organisasi, karena terkadang perspektif pemikiran mereka bisa beda dengan pria.

Dan dalam sambutannya pun Ketua Serikat Pekerja Danamon menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, karena sudah banyak pekerjaan yang diselesaikan selama ini berkat kerja sama yang solid, karena itu dia percaya bahwa melalui Semangat BISA, Synergy dan Hati yang disatukan, MUNAS ini pasti bisa diselesaikan dengan hasil yang maksimum.

Hadir pada acara Pembukaan MUNAS: saya sendiri mewakili Direksi, Pimpinan Danamon yang membawahi wilayah Bali/NUSRA, serta pejabat-pejabat HR dari Kantor Pusat.

Pada saat artikel ini diselesaikan, kami menerima laporan bahwa MUNAS telah berlangsung dengan lancar, dan Tri Jacks Santoso telah terpilih kembali sebagai Ketua. Kami atas nama Direksi dan Management PT Bank Danamon Indonesia, Tbk, mengucapkan Selamat kepada Tri Jacks  Santoso sebagai Ketua Serikat Pekerja PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan seluruh Pengurus baru, semoga kerja sama kita selama ini terus kita tingkatkan demi Karyawan dan perusahaan.

Tentu saja, tiada pertemuan tanpa foto bersama

Seluruh rangkaian proses persiapan dan pelaksanaan MUNAS, terutama proses pemilihan Pengurus Serikat Pekerja Danamon, telah tercatat dalam sejarah sebagai sebuah sukses besar. Semua unsur yang terlibat telah mendemonstrasikan kematangan berorganisasi, dan terlebih lagi, keyakinan semua pihak bahwa sukses ini bisa diraih karena semuanya menjiwai tiga butir Yel-yel MUNAS: Semangat BISA, Sinergi, dan Satukan Hati.

Semua ini menyatu dalam tema MUNAS yang terbentang di banner besar, berbunyi:

Dengan Kemandirian SP Danamon,

Ayo… Kita Tetap Jaga

Harmonisasi Kerja dan Kinerja Karyawan

untuk Danamon BISA!

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life