Makna Keluarga Menurut Kami (Pesona Lombok 4)

Posted on November 27th, 2015

“The best way to raise positive children in a negative world is to have positive parents who love them unconditionally and serve as excellent role models.” (Zig Ziglar)

PERJALANAN INI bukan sekedar rekreasi biasa. Bersama kami coba menyimak kehidupan keluarga masing-masing, dan dengan terbuka mengungkapkannya dengan kata-kata sendiri. Pertanyaan tunggal yang saya sodorkan: “Apa Makna Keluarga/Kekeluargaan menurut Anda?”

Tidak ada yang salah dan benar, tidak ada penilaian isi pernyataan itu. Kami hanya ingin belajar satu sama lain, untuk menambah wawasan kami masing-masing. Yang menjawab, mulai dari usia belasan hingga lewat 60-an. Kata-kata mereka saya kutip apa adanya, termasuk kalau menggunakan Bahasa Inggris.

Mereka menjadi alasan saya eksis

  • For me : family is purpose of my life, a home, my soul, will always come first no matter what happen
  • Family is my heart and my love.
  • Family… where life begins and love never ends…
  • Makna keluarga buat saya, adalah sumber kebahagiaan, kekuatan dan kenyamanan serta senantiasa bahagia untuk membantu menjadikan segenap anggota keluarganya menjadi insan yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Rekaman Sejauh Ini

  • Makna kekeluargaan bagi saya adalah wadah/ikatan emotional yang kuat karena kesamaan values dan akhirnya menimbulkan trust, dan rasa ingin membagi dan memberi suka cita (karena trust jadi comfortable, so I feel comfortable to be “me, myself, and I) whenever I’m around them. And more importantly I’ll try my best to make the others happy..
  • Bagi saya makna kekeluargaan adalah rasa kebersamaan, sharing, caring and supporting each other di mana masing-masing merasa nyaman berada dalam lingkungannya dan selalu ikut bangga dengan keberhasilan  keluarga atau temannya.

Makna Keluarga Menurut Kami

Indahnya Perbedaan

Dalam setiap kebersamaan akan senantiasa kita temukan perbedaan. Dan perbedaan sering diperlukan untuk memperkaya gaya hidup, mengedepankan sisi kehidupan anggota atau pasangan yang belum kita pahami, dan pada akhirnya memberikan ragam warna demi memperindah kehidupan ini. Beberapa pandangan teman-teman dalam memaknai perbedaan dalam keluarga:

  • Family is one who cares and supports me unconditionally, one who only has good intentions for me. We may sometimes disagree with each other, but this is only because he/she wants me to be a better and happier person. We may also sometimes disappoint each other only because we are human beings but we will always try to be better to each other
  • Rasa kekeluargaan adalah saat kita merasa nyaman dan diterima apa adanya. Terjadi keterbukaan dan saling mengisi.
  • Kepedulian dan kebersamaan yang timbul dalam suatu kelompok, baik kelompok itu mempunyai hubungan darah atau tidak. Perasaan senang kalau bisa berbuat baik pada yang lain, kalau bisa saling membantu, bisa saling menyenangkan. Dan dari kebersamaan itu timbul rasa saling mengasihi, menyayangi walaupun kelompok itu mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Menurut saya itu adalah esensi dari Bhinneka Tunggal Ika.
  • Rasa kekeluargaan menurut saya adalah rasa nyaman dan senang dalam kebersamaan, rasa ingin membuat yang lainnya senang dan nyaman juga dan karenanya dengan sepenuh hati pula berusaha membantu bila ada permasalahan yang harus diselesaikan.

“The way is not in the sky, the way is in the heart. For the traveler who knows his direction, there is always a favorable wind.” (Stuart Avery Gold)

Hasil Idaman

Keluarga tidak sekedar kumpulan dua tiga orang.Kehadiran masing-masingnya diperlukan untuk melangkah bersama dalam situasi saling peduli, saling melayani. Berikut ini ungkapan mereka:

  • Family having time with each other without anything to disturb
  • Bonding that makes you feel connected with other people. Eg. Going to Lombok
  • Kekeluargaan buat saya adalah saling mengasihi dan menyayangi tanpa mengharapkan balasan, kekeluargaan adalah perasaan teduh dan nyaman yang selalu ingin diciptakan kepada orang-orang sekitar.

Perjalanan ke Lombok, sedikit banyak menguak warna keluarga masing-masing kami di rumah, tapi juga warna keluarga HRDF dalam kehidupan professional formil maupun dalam program santai, misalnya liburan bersama. Seorang peserta yang masih duduk di bangku SD, berani blak-blakan mengingatkan salah seorang anggota kami yang merokok dengan cara yang manis: “Suka merokok? Saya berdoa semoga tidak terkena kanker!”

Ramuan Hidup Bermakna

Pandangan berikut ini dapat menjadi rangkuman berbagai pendapat di atas, tentang makna Keluarga/Kekeluargaan menurut kami:

Kekeluargaan itu: hasil rajutan warna warni benang kehidupan bersama; kita yang memilih benangnya dan juga motifnya. Harapannya, agar juga menginspirasi orang sekitarnya, tentang motif warna warni kehidupan bahagia! (Terinspirasi dari Tenun Lombok)

Rangkaian kata teman-teman peserta rekreasi, sekaligus menjadi kesimpulan tentang perjalanan rekreasi, dalam nuansa kekeluargaan HRDF (Human Resources Directors Forum). Acara memang sudah berakhir, namun ratusan foto yang hadir dalam shared google drive yang di buat Noah, akan terus bercerita sepanjang masa.

“You don’t choose your family. They are God’s gift to you, as you are to them.”  (Desmond Tutu)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life