Konektivitas dan Energi Positif

Posted on August 11th, 2017

“Encourage, lift and strengthen one another. For the positive energy spread to one will be felt by us all. For we are connected, one and all.” (Deborah)

DI ALAM SEMESTA INI, semua kita, mestinya terkoneksi satu sama lain. Namun demikian tingkat koneksinya dirasakan berbeda-beda. Di tengah keluarga, kita dengan mudah merasakan keterkaitan satu sama lain. Di antara sahabat dekat, perasaan itupun cukup kuat.

Bahkan dalam hubungan sesama komunitas tertentu seperti misalnya rekan kerja, ada keterkaitan karena berada dalam perjalanan yang sama. Dalam lingkungan manapun kita berada, cara yang paling mendasar tapi sekaligus sangat ampuh untuk membangun konektivitas dengan orang lain: LISTEN.

“Perhaps the most important thing we ever give each other is our attention… A loving silence often has far more power to heal and connect than the most well-intentioned words.” (Rachel Naomi Remen)

HR UniLovers: Unilevers dan UniLeavers

Perjalanan masing-masing kita dalam sebuah perusahaan, bisa seiring menuju destini yang semula nampak sama, tapi ternyata banyak persimpangan di mana setiap orang mempunyai kebebasan memilih mengikuti jalur pilihannya. Namun demikian kebersamaan yang telah dibangun selama perjalanan tersebut telah pula menjadikan kita semua seakan satu keluarga, tersambung satu-sama lain walau sudah berada di lokasi yang berbeda-beda.

Mungkin itu alasan di mana teman-teman mencoba membangun komunitas yang disebut HR Unilovers, yang anggotanya adalah HR Unilevers (yang masih aktif) dan HR UniLeavers (yang sudah keluar atau pensiun).

11 Agustus 17_Konektivitas dan Energi Positif1

Momen di atas hanya satu dari berbagai alasan yang bisa diramu untuk membuat hubungan ini tetap terjaga serta dipupuk. Canda ria, seperti pada acara halal bi halal ini sekedar mencairkan suasana, sekaligus saling mengenal lagi lebih dekat satu sama lain, dengan keunikan masing-masing. Baik yang sudah kita ketahui ataupun yang belum.

Tarik suara barangkali yang paling mudah untuk disumbangkan, apalagi kami punya aturan: tampil nyanyi di forum seperti ini adalah hak setiap orang. Kalau ternyata teman-teman tidak bisa menikmati, silahkan terus ngobrol dengan teman-teman di dekatnya, tapi kalau sampai disukai oleh teman-teman, itu merupakan bonus.

Silaturahmi HRDF

Sudah sejak lama kelompok ini hadir: Human Resources Directors Forum (HRDF). Kami semua terkoneksi karena kesamaan profesi. Kami terus bersama karena adanya kebutuhan untuk saling belajar dan berbagi.

Selain pertemuan formil dua bulanan, tim juga merancang kegiatan lain yang sifatnya lebih informal. Salah satunya adalah momen Halal-biHalal untuk terus menjalin silaturahmi.

11 Agustus 17_Konektivitas dan Energi Positif2

Positive energy is your priceless life force. Protect it. Don’t allow people to draw from your reserves; select friends who recharge your energies . . . I’m not asking you to cut people out of your life, but I am asking you to invest your time with people who will push you to be your best. Winners love to see other people win. (Chalene Johnson)

Sejenak keluar dari rutinitas, dalam forum informal seperti itu kami bisa leluasa saling berbagi cerita, ada tawa dan lagu, yang diiringi dengan gitar oleh anggota sendiri, Pak Dani. Semua itu akan memberikan asupan energy baru, memperkuat konektivitas antar kami, karena ada panggilan lain dalam kehidupan masing-masing untuk sesuatu yang lebih besar, yaitu membawa lebih banyak lagi orang yang bisa menemukan MEANING dalam hidup mereka.

“To be fully engaged, we must be physically energized, emotionally connected, mentally focused and spiritually aligned with a purpose beyond our immediate self-interest.” (Jim Loehr)

Catatan:

Berhubung saya akan pulang kampung, tidak  ada postingan di tanggal 15, 18 dan 22 Agustus 2017. Postingan baru akan hadir kembali Jumat 25 Agustus 2017.

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life