Bahagia di Tengah Harmoni

Posted on July 3rd, 2018

“When we feel, a kind of lyric is sung in our heart. When we think, a kind of music is played in our mind. In harmony, both create a beautiful symphony of life.” (Toba Beta)

PELAJARAN dari alam semesta hadir di depan kita setiap saat. Terkadang kita menyadarinya, tapi di kesempatan lain kita tidak melihatnya sebagai hal yang penting, apalagi untuk dijadikan pembelajaran.

Hal sederhana yang saya sendiri alami. Sudah sekian lama saya menggunakan laptop. Sudah ratusan artikel saya tulis di laptop untuk mengisi blogku. Tapi ada sesuatu yang tiba-tiba menjadi pusat perhatianku ketika sedang mempersiapkan sebuah tulisan untuk blog.

Bahwa huruf U dan I di keyboard laptop posisinya berdampingan, dan kalau dibaca dalam Bahasa Inggris, memberi makna engkau dan saya. Dan ada lagi sebuah tulisan di sisi kiri bawah: ENVY, entah apa maksud produser laptop ini. Tapi ini menggelitik aku untuk membuat postingan di Instagram, Facebook dan LinkedIn.

3 Juli 2018_Bahagia di Tengah Harmoni

Tata Letak Berbagai Huruf

Postingan di sosmedku lengkapnya berbunyi:

You (U) and I have been there side by side for quite a long time, not realizing an ENVY sign out there. #sidebyside #kebersamaanituindah #bersamamelangkahmaju #bersamamenyebarkebaikan

Seorang sahabat, Dewi Anggraeni bereaksi: “Apa cuma aku doang yang ga ngerti maksudnya apa!?”

Saya pun tersenyum membaca komen tersebut, karena sadar, belum tentu pada paham apa yang hadir di pikiranku saat membuat postingan itu. Dan kawan kita Dewi tentu bisa punya interpretasi sendiri, tapi dia memilih bertanya. Bola yang sudah dia lemparkan, saya gunakan untuk mengundang sahabat-sahabat lainnya untuk juga berkomentar, di tengah kebersamaan mereka bersama keluarga di libur Lebaran.

Tanggapan datang dari Elfi Prawitasari:

“Kebersamaan yang terjalin sekian lama tanpa disadari menjadikan ENVY (iri, cemburu) berada jauh dari U&I.”

Bukan Berlebihan

Dalam konteks belajar, sah-sah saja untuk mempertanyakan mengapa susunan huruf harus seperti itu? Om Wikipedia bilang, desain keyboard  yang disebut QWERTY yang digunakan saat ini adalah untuk Latin-script alphabets.

Nama QWERTY berasal dari  deretan  6 huruf di baris atas keyboard. Inilah model desain yang dibuat untuk mesin ketik Sholes and Glidden, yang kemudian dijual ke Remington di tahun 1873.

Dan hingga saat ini masih digunakan karena secara teknis dan pertimbangan efisien dalam mengetik.

Harmoni Positif

Pemikiran awal yang menggoda saya untuk membuat postingan itu adalah sebagai berikut:

  • Ada huruf U dan I yang bersanding akrab selama ini. Kalau saya terjemahkan sebagai Engkau dan Saya, maka bisa memberikan makna kebersamaan di lingkungan mana saja kita berada. Kalau U adalah majemuk berarti sebuah tim yang kompak di mana saya juga berada dan berperan. Selama kita terus berpikir dan bertindak secara positif, maka aura positif akan berperan menjadi pengikat kebersamaan kita menjadi semakin solid.
  • Di sekitar kedua huruf itu masih ada lagi huruf-huruf lainnya, yang mempresentasikan pribadi lain sekitar kita, atau anggota masyarakat lain di luar komunitas kita. Mereka juga hadir di situ sesuai peran masing-masing, sejak 1879. Ini berarti selagi kita semua secara sendiri-sendiri atau secara tim terus memainkan peran hidup masing-masing, kita akan terus hidup dalam harmoni.
  • Dengan pemahaman akan peran masing-masing, tak akan ada yang mempersoalkan mengapa saya mempunyai peran ini sementara yang lain punya peran itu. Tidak ada kesempatan untuk saling cemburu, karena kita tahu dan sadar, peran kita memang berbeda-beda untuk satu tujuan yang sama yang lebih besar lagi.
  • Dalam konteks laptop ini, ENVY (kecemburuan) itu akan berada di luar komunitas kita, bukan menjadi pola pikir dan pola tindak kita. Bahkan kita hapus dari daftar kosa kata dalam kamus kehidupan kita bersama.

Be Yourself but Better Everyday

Beginilah cara sederhana saya menerapkan motto hidupku, menjadi diri sendiri, gali potensi diri kembangkan untuk menjadi modal melaksanakan tugas sesuai panggilan hidup. Buka diri untuk terus belajar, dari siapa saja, atasan, bawahan, rekan kerja, komunitas yang lebih luas lagi. Juga belajar dari setiap peristiwa yang dihadirkan alam semesta di hadapan kita setiap saat.

Terima kasih untuk Mbak Dewi yang mengangkat ini dalam bentuk pertanyaan untuk kita simak bersama. Dan terima kasih serta selamat untuk Elfi yang memenangkan hadiah untuk jawabannya.

Mbak Dewi menggugah kita untuk terus bertanya, dan terus bertanya agar bisa mendapatkan jawaban. Untuk apa? Supaya kita terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik hari ini dibandingkan dengan hari kemarin, dan besok lebih baik dari hari ini… karena kita terus belajar.

“You cannot evolve unless you are willing to change. You will never better yourself, if you always cling to what was.” (Leon Brown)

  1. Instagram: https://www.instagram.com/josefbataona
  2. Twitter: https://www.twitter.com/josefbataona
  3. LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/josefbataona
  4. Facebook: https://www.facebook.com/josbataona

Bookmark and Share

4 Responses to Bahagia di Tengah Harmoni

  1. Elfi says:

    Terima kasih Pak.. untuk terus jeli menangkap, mengangkat dan mengingatkan kita begitu banyak hal-hal di sekeliling kita yang bisa kita jadikan sumber pembelajaran yang tidak ada habis2nya.

    • josef josef says:

      Terima kasih sama2 Elfi, kita akan terus berlatih membuka diri untuk menangkap kehadiran apa saja yg disediakan alam semesta, untuk kita sikapi secara arif, kita jadikan pelajaran hidup. Salam

  2. Lia says:

    Good morning, Pak…

    Sharing yg bagus & ttp dengan gaya yg santai… Terima kasih krn terus mengingatkan sekitar… ❤❤

    • josef josef says:

      Terima kasih Lia, Semangat Pagi. Kita saling mengingatkan, dengan cara dan gaya masing2 tanpa memaksakan kehendak. Keep in touch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Rolin, fondasinya adalah senantiasa bersyukur. Melangkah setiap hari dengan mindset positif, maka...

rolin:
Kehidupan Bapak&kel seperti sungai yang tidak habis airnya. Terima kasih selalu mengajarkan kami untuk...

josef:
Terima kasih banyak Santi, kami telah berusaha untuk mengawal dia sampai ke pintu kehidupan berikutnya,...

josef:
Terima kasih Santi, nilai nilai kebaikan seperti itu sering hadir dihadapan kita setiap hari. Begitu juga...

Santi Sumiyati:
Pak Josef, selamat atas kelulusan putri Bapak dari program Post Graduated di UK. Semoga Eka...


Recent Post

  • Energi dan Harapan Masa Depan
  • Mengapresiasi Tiap Momen Kehidupan
  • MU dan Leadership ala Alex Ferguson
  • Perjuangan Meraih Sukses
  • Kejutan Dalam Rencana Suksesi
  • Saya Belajar Caranya Belajar
  • REFLEKSI untuk Pengembangan Diri
  • Tak Selamanya Mendung Itu Kelabu
  • Setelah Baju Itu Kutanggalkan
  • KESEHATAN: Harta Tak Ternilai