I Love Monday

Posted on June 27th, 2014

“Friends are angels sent down to Earth to make good days and help us find our way.” (Unknown)

HARI SENIN, kita memulai perjalanan baru dalam minggu. Itu berarti ada kesempatan baru untuk meraih sukses, kesempatan baru untuk melangkah lebih maju, dan kesempatan untuk menguji berbagai terobosan baru. Dari segi ini, hari Senin sungguh menggairahkan.

Di lain pihak, Senin adalah hari pertama setelah (long) week-end, hari pertama bekerja setelah istirahat, hari yang biasanya macet, entah apa sebabnya. Dan entah apa lagi kejadian atau situasi yang tidak menyenangkan yang akhirnya memunculkan istilah Blue Monday atau I Hate Monday.

Sudah sejak lama, istilah Blue Monday/I Hate Monday berawal dari Senin Pertama setelah Tahun Baru, yang sering dianggap sebagai most depressing day of the year, karena orang harus mulai bekerja setelah liburan dan berbagai perayaan akhir tahun. Tapi haruskah setiap Senin diperlakukan sebagai hari dimana semangat kita rendah??

Reason to Love Monday

Pagi-pagi jam 06:35 seorang kawan @mariadwianto berkicau di Twitter:

“Can anybody give me a reason to like Monday?”

Saya pun tergoda untuk menanggapinya:

“Look at people around you. They smile!”

Tentu saja banyak sekali alasan untuk membuat awal hari Senin ini menggairahkan, karena setelah istirahat panjang, semangat kita masih tinggi. Tetapi kawan lain yang saya ceritakan quote di atas, justru bertanya:

“Bagaimana kalau ternyata orang sekitar saya tidak senyum, bahkan cemberut saja, seperti yang saya lihat di halte bis?”

Dengan senyum saya menjawab:

“Itu adalah cermin yang dipasang di hadapanmu, untuk menggambarkan suasana hatimu saat itu. Bila demikian yang terjadi, maka respon Anda sangat menentukan. Apakah terus dalam suasana hati yang seperti itu, atau mulai tersenyum dan secara sadar mengubah suasana hati dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan, seperti ketemu teman-teman yang ceria di kantor dengan wajah yang menggembirakan. Siapa tahu dengan perubahan ini, Anda akan juga membuat satu atau dua orang di sekitarmu mulai tersenyum.”

Lain Lagi Suasana Hati Elisa di Medan

Email pendek saya yang dikirim pada Sabtu, 14 Juni 2014 ke Elisa dengan ‘cc’ teman-temannya: Siska, Lyna, Dini, berbunyi:

Dear Elisa,

Coretan Elisa betul sekali: “The Friendship may last forever.” Dan saya gembira bahwa motto saya “Be yourself but better everyday” bisa sedikit menginspirasi Elisa, untuk terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

Terima kasih atas sejenak bersama di Medan, namun sangat menyenangkan.

Salam – Joseph

Coretan yang saya maksudkan ditulis Elisa dalam scrap book HR Region-6 dua tahun lalu, yang masih saya simpan rapih. Foto berikut ini adalah foto pertemuan baru-baru ini dan scrap book yang dimaksud.

scrap book HR Region 6 by josefbataona dotcom

Dan Elisa pun menanggapi email saya:

Dear Pak JB,

Terima kasih kembali Pak :):)….jadi terharu niy baca email dari Bapak satu per satu buat kita…and you still keep our scrap book (menahan mata biar ga’ sembab, hehehhe..)…..today judul nya jadi : I love Monday :):)

Have a great day yah Pak, thank you for a simple note we’ve got today.. ^__^

Sampai jumpa lagi yah Pak :):)

Terima kasih,

Elisa Berliana

Saya sengaja mengangkat kisah di atas, karena secara eksplisit Elisa mengungkapkan:

Today judulnya jadi : I love Monday :):)”

Sangat boleh jadi Senin-Senin sebelumnya judulnya beda lagi. Tapi di sini terlihat, sebuah perhatian kecil berdampak sangat besar untuk mengubah spektrum hati di Hari Senin. Dan tanggapan serupa juga saya terima dari teman-teman lainnya: Siska, Lyna dan Dini.

Wuwuh di Depan Ruang Kerjaku

Kontak Mia di atas adalah lewat Twitter, sementara suasana hati Elisa saya rekam via email. Bagaimana dengan orang-orang sekitar saya di tempat kerja.

Team FishFun senantiasa jeli untuk melihat setiap moment penting agar tidak terlewatkan. Inilah Ulang Tahun Wuwuh pertama sejak mutasi dan pindah tempat kerja bersama seluruh Tim CHR. Rekaman foto Senin pagi itu saya kirim kepadanya dengan pesan:

Dear Wuwuh,

Rangkaian foto, untuk melengkapi alasan untuk mengatakan: “I love Monday.” Joseph

I love Monday reason by josefbataona dotcom

Jadikan Senin Penuh Semangat

Sebetulnya setiap kita yang menentukan pandangan tentang hari Senin. Ketiga contoh di atas berada di hari yang sama di tempat yang berbeda. Contoh di atas memperlihatkan kontribusi teman-teman untuk membuat hari kita menyenangkan. Dan kalau kita mau, kita pun secara sadar bisa ambil inisiatif untuk membuat hari Senin menyenangkan buat kita dan rekan kerja lainnya.

Empat falsafah FISH yang kami terapkan di lingkungan kerja, bisa menjadi acuan untuk membuat hari-hari kita (bukan saja Senin) penuh semangat:

  • Memulai hari dengan menentukan mindset positif. “Choose Your Attitude
  • Secara sadar berniat untuk membantu rekan kerja, terutama mereka yang lagi ‘down’: Ajak mereka bicara, perlihatkan semangat positif dalam berbicara: “Make their day
  • Siap untuk melayani dalam tugas apapun yang diemban hari itu. Sikap melayani dimulai dari hati dan pikiran untuk melayani, sehingga tugas akan dikerjakan dengan sepenuh hati. Be Present
  • Bersama menciptakan cara kerja, suasana kerja, hubungan kerja yang menyenangkan, bervariasi dan kreatif. Play

Saya sendiri memulainya dengan berangkat lebih awal (sekaligus menghindari macet) untuk olah raga pagi. Dalam perjalanan pagi itu, saya akan posting 3 inspirational quotes, sekaligus mengajak pembaca untuk memulai harinya dengan mindset positif. Dengan cara demikian, suasana hati dan pikiran kita di hari Senin dan hari-hari lain akan positif, bersemangat dan menyenangkan sejak pagi hari.

Pilihan di tangan masing-masing kita!! I Love Monday.

“Don’t Wait ! Start on your dreams, your impulses, your longings, your special occasions today. Because this is your moment.” (Mary Anne Radmacher)

Bookmark and Share

8 Responses to I Love Monday

  1. Elisa says:

    Terima kasih Pak unt tulisan ‘I love Monday’ jadi terinspirasi unt membuat setiap Senin yg akan dijalani menjadi awal hari yg baru dan menyenangkan :). (I choose to Love Monday 🙂 )
    Sy slalu mendapat insight baru setiap membaca blog Pak Josef,tnx yah Pak 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih sama2 Elisa, dan terima kasih juga untuk menginspirasi saya untuk membuat tulisan ini. Setiap kita bisa menyebar virus positif seperti itu, sehingga akan banyak yang senang pergi bekerja, setiap hari termasuk Senin

  2. siska tarigan says:

    Pagi Pak Jos…Fish Fun yg Bapak tekankan masih terus kami terapkan sampai saat ini. Pertemuan terakhir saat foto bersama menginspirasi kami utk membuat pernak pernik piala dunia di ruangan kerja. Ternyata semua suka dan tetangga kiri kanan juga suka dan minta numpang foto

    • josef josef says:

      Terima kasih Siska, saya juga gembira bahwa inisiatif FisHFUN masih terus hidup disana. Saya sudah lihat foto2nya yang dishare via email pagi ini, keren banget. Salam untuk seluruh HR Team di Medan

  3. Meisia Chandra says:

    Thank you for sharing pak

  4. wuwuh hartiningsih says:

    Pagi Pak Josef…mohon maaf baru singgah di blog bapak lagi setelah mata ini pulih…komen saya: terharu difotoin sama fotografer keren…:)…perhatian dari teman-teman baru CHR,sungguh bs membuat fully smile on monday saat itu….kenangan yang tak mungkin terlupakan pak…terimakasih..terimakasih…let’s smile starting monday…and everday… 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih sama2 Wuwuh. Kita terus memupuk suasana saling peduli satu sama lain, termasuk mendorong mindset positif di tempat kerja, yang diawali dengan senyum, setiap hari termasuk Senin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih untuk kunjungan dan sapaan walau jauh di Medan. Ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang kita...

Rolin:
Terima kasih Pak Josef. Setiap tulisan Bapak adalah tulisan hidup yang sesungguhnya dapat dikerjakan oleh...

josef:
Terima kasih sama2 Suster Marietta untuk kata-kata memotivasi. Saya juga percaya bahwa semua yang tergabung...

Sr.Marietta:
Terima Kasih, saya telah menerima KASIH dari Sang Maha Pengasih, melalui tulisan di Blog Pak Yosep....

josef:
Terima kasih Lia untuk kata2 memotivasi. Saya akan terus belajar, menulis dan membagi berbagai pembelajaran...


Recent Post

  • Produktivitas Tanggung Jawab Semua Pemimpin
  • Terima Kasih Boleh Melayanimu
  • Tidak Semudah Itu Ferguso
  • Self Coaching for Better Tomorrow
  • Manusia Seutuhnya
  • Shani Yang Memberdayakan
  • Meraih Trust dan Respect
  • Learn Unlearn Relearn
  • Panggilan Mengubah Paradigma
  • Belajar Bersama dari Buku Leader as MEANING MAKER