Transformasi Kecil dari Dalam

Posted on March 7th, 2014

“The future is completely open, and we are writing it moment to moment.” (Pema Chodron)

PAGI ITU, istri saya sedang memegang dua butir telor yang siap dipecahkan. Dalam sekejap teflon panas telah mengubahnya menjadi makanan nikmat, siap disantap sebagai sarapan. Isi telor itu bisa keluar, karena dipecahkan dari luar. Semua berjalan otomatis, tubuh mengkonsumsi telor ceplok dan mengambil manfaat dari ciptaan yang luar biasa itu, yang terus kita konsumsi tanpa berpikir, tanpa menganalisa dan kita kembali ke dalam kesibukan hari-hari.

Telur Transformasi by josefbataona dotcom

Telor juga bisa dipecahkan dari dalam

Kita sering mendengar, membaca atau berbicara tentang transformasi. Dan umumnya dalam skala besar. Tanpa kita sadari, banyak moment setiap hari terjadi proses transformasi pada diri kita sendiri, namun terjadinya secara alamiah, bahkan tanpa kita sadari. Masa depan terbuka lebar, dan setiap moment kehidupan itu kita rajut menuju kesana, kita menciptakannya.

Terlintas kejadian di dapur pagi tadi. telor itu secara alami, akan pecah, atau persisnya dipecahkan. Telor itu pecah karena faktor dari luar. Lantas, bagaimana jika telor itu pecah “Dari Dalam.” Menarik disimak dan menjadi pelajaran bahwa perubahan alami dari dalam telah menghadirkan anak ayam, yang akan tumbuh besar, bertelor lagi dan menghadirkan banyak anak lagi.

Perubahan seperti itu tidak bisa dipaksakan dengan memecahkan dari luar, apalagi kalau belum waktunya untuk telor itu menetas. Ada prosesnya.

Transformasi kecil dilakukan setiap orang

Setiap pagi, dalam perjalanan ke tempat olahraga atau kantor, seperti biasa saya akan posting inspirational quotes di Twitter dan Facebook. Untuk apa saya lakukan itu??

  • Pertama-tama, saya ingin menanam di kepala saya hal-yang positif, pemikiran positif, inspirasi positif, yang kiranya akan membantu membuat hari saya dikawal dengan energi positif.
  • Kedua, saya menginginkan para sahabat yang membacanya akan juga terkena virus positif yang sama, yang bisa membuat hari mereka positif menyenangkan.
  • Ketiga, Secara bersama-sama, di manapun kita berada, semoga mindset positif itu akan terus dibawa dan berpotensi mennyebar ke mereka yang ada di sekelilingnya.
  • Keempat, mengulang membaca quotes tersebut di tengah hari itu seakan memberikan penguatan kembali, atau setidaknya mengingatkan kembali masing-masing kita untuk selalu berpikiran positif, berbicara positif, dan juga berperilaku positif.

DanTransformasi itu dari HATI

Hal-hal positif yang saya sajikan melalui quotes tersebut, tanpa disadari akan memberikan pengaruh positif dalam proses transformasi pribadi yang dialami oleh mereka yang membaca quotes dan meresapi maknanya. Pengaruh itu akan bekerja dari dalam, yang pada waktunya akan terekspresikan keluar melalui kata dan perbuatan.

Dan ekspresi yang terungkap dalam bentuk kata dan perbuatan itu akan terekam oleh sekitar kita, entah teman, maupun anggota tim. Kita pun bisa membayangkan dampak ganda, kalau lebih banyak orang mengamplifikasinya.

Karena itu, mulailah dari diri sendiri, hari ini juga, untuk mengawali hari dengan mindset positif, dan lihat dampaknya!!

“The first responsibility of a leader is to define reality. The last is to say Thank You. In between, the leader is a servant.” (Max DePree)

Bookmark and Share

6 Responses to Transformasi Kecil dari Dalam

  1. Ratih says:

    Pagi Pak…
    Setuju dengan Bapak, bahwa kita harus mulai dari diri sendiri untuk berpikiran positif dan jangan menunggu dari orang lain dulu untuk memulainya, seperti juga yang dikatakan George Eliot “the important work of moving the world forward does not wait to be done by perfect man” (yang ini mengutip juga dari tweet Pak Josef pagi ini ^_^ )

    • josef josef says:

      Terima kasih Ratih, kata kuncinya: mulai dari diri sendiri tanpa menunggu. Banyak yang bisa dilakukan kalau mau.

  2. Wow, bapak menulis hal yang sbenarnya sangat obvious tapi entah kenapa banyak dari kita yg sering kali lupa akan hal ini. Memulai untuk berkaca dari dalam diri kit masing2. Trima kasih sudah diingatkan kembali 🙂

    Omong2, 4 alasan yg bapak sebutkan mirip dengan alasan saya memulai blog pribadi saya tentang marketing dan branding. Intinya supaya saya bisa sharing dan juga disatu sisi bisa belajar. Saat ini saya masih do it for personal tapi ingin skali nantinya bisa share ke lebih banyak orang spt bapak juga. Keep on inspiring Pak 😀

    • josef josef says:

      Terima kasih Agus, dan terima kasih telah mengunjungi blog dan menyimak kisah ini. Ikuti terus posting berikutnya yang akan hadir setiap Selasa dan Jumat pagi jam 08:00. Saya doakan agar niat baikmu untuk sharing akan terlaksana dengan lancar.

  3. Ferry Butarbutar says:

    Bagus sekali tulisannya Pak Josef. Saya diingatkan lagi bahwa perubahan dari dalam jauh lebih besar, lebih berarti, dan tentulah lebih bermakna. Saat ini saya tengah memimpin change management di tempat kerja saya yg lagi bertransformasi. Again, thanks pak.

    • josef josef says:

      Terima kasih Ferry, adalah tanggung jawab kita bersama untuk saling mengingatkan, dengan menyapa langsung, atau melalui tulisan. Saya doakan agar transformasi yang sedang dikerjakan berhasil sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan