Komitmen untuk Berbagi

Posted on March 4th, 2014

“When you drink the water, please remember the man who dug the well.” (Confucius)

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN sekarang bukan lagi merupakan pilihan, bukan juga kewajiban. Saya tidak ingin menggunakan label kewajiban, karena ini seolah-olah karena ada peraturan pemerintah lalu kita melaksanakannya. Tanggung jawab sosial perusahaan ini, sejatinya sebuah PANGGILAN. Dan kalau ini panggilan, maka ada atau tidak peraturan yang mewajibkan, ada atau tidak orang yang melihat, perusahaan akan tetap melaksanakannya. Ini membutuhkan kebesaran jiwa para pelaku di perusahaan terutama pimpinannya.

Link & Match Industri dan Perguruan Tinggi

Motivasi para mahasiswa yang sedang belajar, akan tinggi kalau mereka juga mengetahui bahwa apa yang mereka pelajari bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Manfaat itu akan jelas, kalau mereka bisa melihat keterkaitan antara materi yang mereka pelajari dengan kebutuhan di Industri. Karena itu, kunjungan ke industri, praktek kerja atau kesempatan riset akan sangat membantu.

Pada kesempatan ini, Perusahaan kami menggandeng pihak Perguruan Tinggi untuk memberikan kesempatan Penelitian di bidang Penganekaragaman Pangan berbasis Sumber Daya Laut dan Darat.

IRN (Indoffod Riset Nusantara) by josefbataona dotcom

Prof FG Winarno, Ketua Tim Pakar IRN, menjelaskan bahwa tema mengenai potensi pangan berbasis sumber daya laut secara khusus diangkat mengingat luasnya lautan di Indonesia mencapai sekitar 70%  dan merupakan wilayah Mega-Biodiversity terbesar di dunia yang memiliki 8.500 species ikan, 550 species rumput laut dan 950 species biota terumbu karang (sumber : Kementerian Kelautan dan Perikanan RI).

“Sumber pangan ini memiliki kandungan gizi lengkap seperti protein, asam amino, lemak, vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh dan mudah diserap oleh tubuh manusia. Di sisi lain, secara ekonomis memiliki nilai yang sangat tinggi,” ujarnya.

Better Life

Di bawah payung “Creating better life everyday”, perusahaan kami memiliki 5 Pillar Utama aktivitas CSR: Building Human Capital, Strengthening Economic Value, Solidarity for Humanity, Outreaching the Community, protecting the environment.

Di bidang Human Capital, kami memilih untuk fokus pada beberapa hal pokok, antara lain: pemberian Beasiswa (BISMA: Beasiswa Indofood Sukses Makmur), program pembangunan karakter sejak dini untuk mahasiswa penerima BISMA, dan bantuan mahasiswa/dosen untuk Riset. Program ini sudah berjalan lama, dan akan terus berlangsung.

Program Riset, di bawah icon Indofood Riset Nusantara (IRN), dirancang dengan tujuan:

  • Menghasilkan riset-riset unggul di bidang pangan
  • Mendorong terbangunnya link and match antara industri dan perguruan tinggi, khususnya terkait dalam bidang penelitian pangan.
  • Mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan dalam bidang pendidikan tinggi.

Sumber Daya Laut

Hari itu hadir di Perusahaan, perwakilan mahasiswa dan juga dosen untuk peluncuran program IRN 2014-2015 dengan tema: “Mencerdaskan Bangsa Melalui Penganekaragaman Pangan Berbasis Sumber Daya Laut dan Darat.”

Jadi jangan heran kalau disana-sini bisa kita saksikan berbagai sumber pangan, termasuk ikan, seperti yang terlihat pada foto.

Sumber Pangan by josefbataona dotcom

Dan tentu saja, ini bukan sekedar riset biasa. Tim pakar yang akan menjadi Penilai sudah mempunyai nama besar, seperti:  Prof. Dr. FG Winarno (Ketua); Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi; Prof. Dr. Bustanul Arifin; Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, Msc; Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo W.; dr. Widjaja Lukito, Phd, SpGK; Prof. Dr. Ir. Ambariyanto. Msc. Fenny M. Dwivany Phd; Ir. Winarti TK.

Untuk pertama kali, sumber daya laut dimasukan dalam obyek penelitian ini, dan sekaligus menggandeng Pakar Bidang Perikanan dan Kelautan dari Undip: Prof. Dr. Ir. Ambariyanto. Msc.

Penelitian Saja Tidak Cukup

Agenda hari ini memang tentang penelitian. Tapi di balik itu, para mahasiswa sedang mempersiapkan diri untuk masa depannya. Karena itu di akhir sambutan, saya tidak lupa memberikan pesan khusus untuk para mahasiswa:

“Mari kita mensyukuri kesempatan ini!  Belajarlah untuk menjadi pemimpin masa depan, yang punya integritas, dimulai dari memimpin pemikiran dan perilaku sendiri secara arif. Kembangkanlah dirimu menjadi pribadi unggul yang berwawasan luas. Latihlah diri untuk menjadi pemimpin masa depan yang berguna bagi banyak orang.”

“Try not to become a man of success but rather to become a man of value.” (Albert Einstein)

Bookmark and Share

2 Responses to Komitmen untuk Berbagi

  1. Muhammad Ansyari Rizky says:

    Selamat siang Pak
    Perkenalkan Pak, nama saya Muhammad Ansyari Rizky Fakultas Teknologi Industri Pertanian Univesitas Padjadjaran. Salah satu peserta BISMA Batch 6. Membaca tulisan Bapak mengenai IRN, membuat saya menjadi lebih semangat membuat judul skripsi untuk segera mungkin, walaupun saat ini saya masih menginjak semester 6. Pak saya ingin bertanya, kalau judul penelitian saya merancang dan membuat mesin pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pangan boleh tidak untuk diajukan dalam program IRN? Terima kasih pak

    • josef josef says:

      Terima kasih Rizky, tentu saja boleh. Team yang akan melakukan seleksi atas semua usul Riset dan akan menentukan siapa yang lulus untuk mendapatkan bantuan. Saya kagum dengan semangat dan antusiasme Rizky.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET