Go Beyond

Posted on March 9th, 2018

“You will never know your limits unless you push yourself to them.” (Anonymous)

TANTANGAN terbesar untuk menaungi banyak pemimpin HR yang tersebar di seluruh nusantara, adalah bagaimana membuat seluruh tim itu merasakan kebersamaan sebagai keluarga HR. Program untuk meeting berkala, hanya bersama pimpinan HR Divisi, atau terkadang spesialis yang membidangi aspek tertentu.

Kunjungan ke daerah juga ada dalam program, namun tentu juga terbatas, tidak semua bisa dikunjungi dalam setahun. Karena itu Acara HR Workshop Tahunan sengaja kami agendakan dengan program yang bisa menjawabi tantangan tersebut.

9 Maret 18_Go Beyond1

Setting The Tone

Syal kuning yang dibagikan menjadi multi fungsi. Pelindung leher dari dinginnya kota Malang. Dijadikan juga sebagai alat yel-yel penyemangat sambil mengangkat syal tersebut ke udara secara bersama-sama. Ketika pemberi aba-aba menyebut “HR Indofood” semua serempak menyahut: “Go Beyond” sambil mengangkat syal ke udarah.

9 Maret 18_Go Beyond2

Suasana mulai cair, Tari BAPANG, Tari Topeng Malang oleh siswa SMA I Negeri Lawang telah membangun gairah untuk siap belajar secara fun.

9 Maret 18_Go Beyond3

Dan keunikan tanda pembuka disiapkan oleh panitia, di mana 16 orang terdiri dari beberapa pimpinan cabang di wilayah Jawa Timur dan juga pimpinan HR tampil di panggung memukul gallon air (gallon untuk air CLUB, produk kami sendiri).

9 Maret 18_Go Beyond4

Go Beyond

Ada dua kata yang sering mencuat selama tahun 2017: Change dan Disruption. Tahun lalu, pertemuan kami mengambil tema: “Change Start With Me.” Saya sengaja mengajak tim untuk kembali lagi ke basic untuk melihat diri, refleksi, apa yang bisa saya lakukan menghadapi perubahan yang berjalan cepat. Sebelum disruption membuat galau diri sendiri, tanyakan apa yang perlu saya lakukan, saya sebagai pribadi, sebagai karyawan, sebagai pimpinan dan mengambil langkah yang diperlukan untuk selalu eksis.

Tema tahun ini ‘Go Beyond, mengajak masing-masing untuk berpikir lebih jauh lagi melampau batas imaginasi. Diskusi tentang change dan disruption harus bisa disikapi secara bijak karena orang bisa cemas atau justru menumbuhkan harapan akan perubahan yang lebih baik.

Banyak Jawaban Dalam Dirimu

Ada satu elemen yang penting dalam situasi penting ini adalah: YOU, masing-masing diri peserta, entah sebagai pribadi, sebagai karyawan, sebagai orang HR, sebagai leader, sebagai change driver, agent of change, business partner, dan masih banyak lagi atribut yang melekat dalam diri masing-masing sesuai perannya. Tanpa menunggu, masing-masing HR Leader dapat berinisiatif untuk melakukan banyak hal within their circle of influence.

Penting untuk di-highlight adalah, semua unsur HR akan berperan sangat penting untuk melewati berbagai perubahan dan disruption. Kita semua harus mampu membangun environment bersama para business leader untuk membuat semua karyawan percaya bahwa change dan disruption itu bukan sesuatu yang mencemaskan tapi justru membawa harapan, harapan untuk lebih baik.

Business Perspective

Sebagai bagian dari program, kami juga mengundang seorang business leader untuk memberikan paparan tentang arah business ke depan dan apa peran HR yang diharapkan. Ini penting untuk melihat keterkaitan yang menyatu, tanpa mengkotak-kotakkan fungsi dalam sebuah divisi atau perusahaan.

Untuk itu kami kembali juga menggaris-bawahi, bagaimana memahami corporate values secara utuh: Adalah janji kita kepada konsumen untuk memberikan produk dan pelayanan UNGGUL, dan itu hanya bisa kita penuhi melalui INOVASI berkelanjutan. Untuk menunjang itu, KESATUAN semua pihak dituntut, baik dalam berpikir maupun bertindak.

Kesatuan itu hanya bisa dicapai kalau masing-masing unit dan fungsi RESPEK pada yang lain, karena perusahaan memang membutuhkan semua fungsi tersebut, tak ada yang lebih penting dari yang lain.  Memenuhi janji kepada konsumen (untuk produk unggul) adalah salah satu bukti INTEGRITAS kami yang tinggi (promise what can you deliver and deliver what you have promised). Dan kelima elemen itu harus diterapkan secara DISIPLIN dan berkesinambungan.

Banyak hal yang bisa digantikan oleh teknologi, tapi masih banyak juga elemen yang hanya Manusia yang bisa lakukan, antara lain creativity, engagement, wisdom, values, meaning, respect, dream, passion, etichs, dan lain-lain. Ini perlu kami kedepankan agar dalam menghadapi berbagai perubahan, kita tetap melihat potensi yang sangat besar perannya menuju masa depan, dan potensi itu ada dalam diri semua orang, semua orang HR yang hadir saat itu. Gali, asah dan poles. Go Beyond!

“The only way of discovering the limits of the possible is to venture a little way past them into the impossible.” (Arthur C. Clarke)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Santi, hadirnya Nilai perusahaan itu pasti ada tujuannya. Karena itu memahami dan hidup sesuai...

josef:
Terima kasih Rizky, saya akan email. Salam

Santi Sumiyati:
Selamat siang Pak Josef, terima kasih sudah menginspirasi dengan tulisan Bapak. Salah satu poin...

Teuku Muhammad Rizky:
Dear Pak Josef, saya rizky, dari management trainee human resources (MT HR) di indofood...

josef:
Thank you Sulaiman, keep in touch


Recent Post

  • Bangga dengan Pekerjaanku
  • Saatnya Mengisi Baterei
  • Kejujuran Employer Brand 3.0
  • Mama Izinkan Saya Bermain
  • Menyamakan Makna TRUST
  • Komunikasi dan Seni Mendengarkan
  • Pilihan di Tangan Anda
  • Tutur Kata Seorang Pemimpin
  • Bawa Juga Hatimu ke Tempat Kerja
  • Kartini Zaman Now