Parkir Motor Khusus untuk The Best Employee

Posted on October 31st, 2017

“An employee’s motivation is a direct result of the sum of interactions with his or her manager.” (Dr. Bob Nelson)

KEHADIRAN KAMI di pabrik di Purwosari, Kabupaten Pasuruan, adalah untuk menyaksikan Penanda-tanganan lima Perjanjian Kerja Bersama dari Indolakto yang berada di 5 lokasi terpisah. Hadir pada kesempatan ini, semua tim perunding, baik dari Serikat Pekerja maupun Management. Berkenan pula hadir Kepala Disnakertrans Kabupaten Pasuruan. Berikut adalah foto bersama tim perunding sebelum saya menyampaikan sambutan.

31 Oktober 2017_Penghargaan The Best Employee1

Best Employee of the Month

Begitu turun dari mobil setibanya di loby pabrik, mata saya langsung menangkap sesuatu yang unik yang terletak di sisi kiri loby tersebut. Ada tempat parkir motor khusus untuk Best Employee.

Saya berkesempatan untuk bertemu dan berbincang dengan Kartiko, salah satu penerima penghargaan tersebut. Dia bergabung di Indolakto tahun 2012, di bagian can-making, nikah dan sudah mempunyai 3 anak, terbesar sedang kuliah, terkecil berusia 5 tahun. Ini bukan perusahaan pertama dia bekerja.

Hal yang paling berkesan selama 5 tahun bekerja menurut Kartiko adalah nyaman karena hubungan yang dekat  dengan Management, semua kerja baik dan bersungguh-sungguh, standar upah kompetitif. Apalagi keluargaku, imbuhnya, juga bangga karena bisa sekolahkan anak sampai ke Perguruan Tinggi.

Kartiko mendapat penghargaan sebagai The Best Employee untuk bulan Juli 2017. Untuk itu ia mendapatkan penghargaan berupa “Tempat Parkir Motor Khusus” di depan loby seperti nampak pada foto.

31 Oktober 2017_Penghargaan The Best Employee2

Di samping itu ia mendapatkan antara lain Sertifikat dan acara tumpengan untuk syukuran bersama karyawan satu departemen. Teman-teman lainpun memberikan tanggapan positif, karena merasa apa yang mereka lakukan diapresiasi manajemen.

Sementara itu untuk pabrik Jakarta, karena areal parkir yang terbatas, penghargaan untuk The Best Employee adalah dia akan diantar dan jemput bekerja selama sebulan dengan menggunakan mobil kantor dan supir, ditambah hadiah lainnya. Namun yang paling berkesan untuk mereka yang di Jakarta, pemberian penghargaan akan disaksikan oleh anggota keluarga, sebuah moment yang paling mengharukan dan menciptakan kebanggaan tersendiri  bagi karyawan dan keluarga.

Mendekatkan Diri Mendengarkan Karyawan

Melalui program Engagement, pimpinan dari pusat maupun di lokasi pabrik melakukan apa yang mereka namakan “Engagement two way communication” di mana secara berkala diadakan dialog dengan pelaksana lapangan ataupun supervisor dan juga one on one program.

Melalui forum seperti itu, para pimpinan meluangkan waktu untuk mendengarkan suara karyawannya, mereka rekam berbagai usul mereka. Dan secara berkala mereka akan update follow-up-nya, mana yang sudah dilaksanakan, mana yang sedang dalam progress dan mana yang tidak bisa dilaksanakan dan sebabnya mengapa.

Selain usulan untuk penghargaan yang unik diatas, saya meminta berikan satu contoh saran sensitif, yang hanya dalam suasana keterbukaan karyawan mau memberikan saran, entah dalam forum bersama atau one on one. Dengan senyum Pak Asep Noor, Factory Manager Purwosari menjelaskan: Ada yang mengusulkan agar kepala bagiannya bisa lebih banyak senyum. Dan kepala bagian itu bisa menerima usulan itu tanpa harus tersinggung, dan melaksanakannya.

Harmonis demi Peningkatan Produktivitas

Yang menarik dari kedua kisah di atas adalah, karyawan bisa menyaksikan bahwa Manajemen meluangkan waktu untuk berbicara dengan mereka, secara tulus dan mengambil langkah nyata. Penghargaan tersebut di atas juga sekaligus memberikan signal, betapa kontribusi mereka dihargai, dengan cara yang spesial, apalagi dengan menggugah kebanggaan dari keluarga karyawan juga.

31 Oktober 2017_Penghargaan The Best Employee3

Melangkahkan kaki meninggalkan pabrik di sore hari itu, saya merasakan ada energy khusus yang saya dapatkan, tapi juga yang didapat oleh seluruh tim perunding yang hadir seperti nampak pada foto di atas. Kami semua menampilkan senyum gembira karena telah menyepakati PKB yang penting demi kesejahteraan karyawan, penting dalam menciptakan Hubungan Industrial yang harmonis, dan tentu saja penting dalam meningkatkan produktivitas bersama.

“People will forget what you said. People will forget what you did. But people will never forget how you made them feel.” (Maya Angelou)

Bookmark and Share

4 Responses to Parkir Motor Khusus untuk The Best Employee

  1. Yasman says:

    Terima kasih Pak Josef, sudah berkunjung ke pabrik kami di Purwosari, salam – Yasman

  2. rolin says:

    Terima kasih Pak Josef.
    Tulisan ini untuk mengkoreksi diri saya kembali.

    • josef josef says:

      Terima kasih Rolin, pembelajaran tersedia setiap hari dari berbagai sumber, tinggal kita mau atau tidak merai kesempatan belajar tersebut. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Rolin, fondasinya adalah senantiasa bersyukur. Melangkah setiap hari dengan mindset positif, maka...

rolin:
Kehidupan Bapak&kel seperti sungai yang tidak habis airnya. Terima kasih selalu mengajarkan kami untuk...

josef:
Terima kasih banyak Santi, kami telah berusaha untuk mengawal dia sampai ke pintu kehidupan berikutnya,...

josef:
Terima kasih Santi, nilai nilai kebaikan seperti itu sering hadir dihadapan kita setiap hari. Begitu juga...

Santi Sumiyati:
Pak Josef, selamat atas kelulusan putri Bapak dari program Post Graduated di UK. Semoga Eka...


Recent Post

  • Energi dan Harapan Masa Depan
  • Mengapresiasi Tiap Momen Kehidupan
  • MU dan Leadership ala Alex Ferguson
  • Perjuangan Meraih Sukses
  • Kejutan Dalam Rencana Suksesi
  • Saya Belajar Caranya Belajar
  • REFLEKSI untuk Pengembangan Diri
  • Tak Selamanya Mendung Itu Kelabu
  • Setelah Baju Itu Kutanggalkan
  • KESEHATAN: Harta Tak Ternilai