Terima Kasih dan Employee Engagement

Posted on January 30th, 2015

“When we learn to give thanks, we are learning to concentrate not on the bad things, but on the good things in our lives.” (Amy Vanderbilt)

ADA ORANG yang bisa mempunyai pandangan berbeda tentang judul ini, dengan mengatakan: Terima Kasih kita dengar dan kita ucapkan tiap hari. Bukankah itu gampang sekali? Apa urusannya dengan Employee Engagement?

Di time line sahabat terpampang gambar Kartu Terima Kasih Femina, dan kicauan @Vera:_makki: A beautiful card fom mba @petz09 @FeminaMagazine. Langsung saya timpali dengan twit: @josefbataona Suka idenya, kagum sama penerimanya

Mengapa menarik perhatian saya?? Kebiasaan mengucapkan terima kasih, nampak sederhana, tapi ternyata tidak semudah itu prakteknya. Sebaliknya banyak ucapan terima kasih yang diterima, tapi tidak banyak pula yang mengapresiasi ucapan terima kasih itu, apapun bentuknya. Dan tentu saja, penerima ucapan terima kasih di atas, adalah orang yang saya kenal, punya banyak good reasons untuk menerima ucapan seperti itu dari lingkungan sekitarnya.

Bisa Saja Formal

Dalam pertemuan rutin dengan teman-teman di komunitas HR Directors Forum, ada sahabat yang memaparkan apa yang dilakukan di perusahaannya. Perhatian saya menjadi sangat fokus, mendengar di tempat mereka, terdapat “People Principles”, salah satunya berbunyi:

We reward and celebrate the success of the “We” and the “I”

dan salah satu butir di dalamnya berbunyi:

“We take the time to say thank you and recognize success in a variety ways.”

Atas sepengetahuan Pak Irvandi, Lurah HR di perusahaan ini, saya mengangkat  tema tersebut. Betapa tidak, ini nampak sebagai sebuah komitmen sederhana, namun belum tentu mudah untuk diterapkan, bukan saja oleh mereka tapi juga oleh saya dan kita semua. Terima kasih adalah cara paling sederhana untuk memberikan pengakuan atas sebuah hasil tertentu, dan banyak cara untuk berterima kasih.

Seharusnya bukan perusahaan ini saja. Selagi di perusahaan lainnya, aspek reward masih bertumpuh pada aspek finansial, tidak ada salahnya untuk memberi perhatian pada hal kecil seperti ini, yang berdampak besar: “Ucapan Terima Kasih”

Informal dan Personalized

Dalam setiap perusahaan, kita juga disibukkan dengan yang namanya program “Employee Engagement”. Dan banyak program yang complex yang coba diramu, dengan didahului oleh survey yang dilakukan konsultan yang dibayar mahal. Rencana tindak lanjutpun dibuat dengan pengukuran yang cermat untuk melihat kemajuannya. Sayangnya, ada hal-hal sederhana dalam keseharian yang sering diabaikan. Dan hal keseharian tersebut mudah dilakukan, dan dampaknya bisa sangat besar.

“Who does not thank for little, will not thank for much.” (Estonian Proverb)

Berapa banyak ucapan terima kasih yang diberikan oleh setiap kita, dalam seminggu yang lalu? Berapa banyak ragam ucapan terima kasih yang dibuat, untuk menghindari ucapan dalam email kepada banyak penerima ucapan terima kasih?? Adakah ucapan terima kasih yang dibuat berdasarkan level atau golongan tertentu?? Anda hampir protes dengan pernyataan ini.

Tapi ada cerita teman bahwa di tempat dia bekerja, banyak yang akan minta cuti di hari ulang tahun. Takut minta traktir?? Ternyata bukan. Atasannya punya kebiasaan milih-milih siapa yang akan dia belikan kue ulang tahun. Lainnya tidak. Jadi daripada malu, ketahuan bukan masuk kelompok favorit boss-nya, lebih baik cuti.

thank you note by josefbataona

Saya sendiri akan meluangkan waktu, untuk menuliskan ucapan Terima Kasih kepada tim saya. Kalaupun hasil kerja itu tim, saya akan menulis satu kartu untuk satu orang, dengan tulisan tangan saya sendiri, dengan menyapa nama yang bersangkutan. Mudah-mudahan sentuhan sederhana ini membantu dalam upaya memberi contoh kepada pimpinan di bawah saya, dan juga upaya untuk mendekatkan diri pada karyawan dalam divisiku.

“When it comes to life, the critical thing is whether you take things for granted, or take them with gratitude.” (GK Chesterton)

NB: Inilah Buku “Kisah Rp 10.000 yang Mengubah Hidupku” dan akan segera beredar di TB Gramedia Seluruh Indonesia.

Buku 10rb blog

 

Bookmark and Share

12 Responses to Terima Kasih dan Employee Engagement

  1. Robert Affero says:

    Ucapan Terima Kasih yang tulus Dan disertai dengan tindakan nyata sangat dinantikan semua orang . Terkadang kita lupa untuk mengucapkan terima kasih dalam hal sekecil apapun. Dan kita juga lupa mengekspresikan ucapan terima kasih dari orang lain. Semoga artikel ini membuat saya selalu sadar dan ingat akan makna yang besar dibalik ucapan Terima Kasih.
    Terima kasih Pak Josef yang selalu berbagi Ilmu dan Pengalaman yang sangat Bermanfaat.

    • josef josef says:

      Terima kasih Robert, bila secara sadar kita lakukan setiap hari, akan menjadi kebiasaan hidup yang akan berlangsung otomatis. Kalau kita sdh lakukan itu, kita perlu membantu teman2 lain untuk sama melangkah

  2. ringga says:

    Saya Hrd di sebuah perusahaan otomotif. Artikel ini sangat menginspirasi pak. Saya selalu menerapkan salam, permintaan tolong dan permintaan terima kasih dalam setiap pekerjaan dan kehidupan pribadi saya. Hasilnya luar biasa, di perusahaan saya dengan mayoritas karyawan 90% di atas usia saya, selalu “mantra” tersebut yang saya gunakan. Hasilnya kerja beres dan kita saling menghargai dan menghormati antar sesama karyawan perusahaan meskipun berbeda usia. Pak ada resensi bukunya?

    • ringga says:

      Saya Hrd di sebuah perusahaan otomotif. Artikel ini sangat menginspirasi pak. Saya selalu menerapkan salam, permintaan tolong dan permintaan terima kasih dalam setiap pekerjaan dan kehidupan pribadi saya. selalu “mantra” tersebut yang saya gunakan, Hasilnya luar biasa, di perusahaan saya dengan mayoritas karyawan 90% di atas usia saya. Hasilnya kerja beres dan kita saling menghargai dan menghormati antar sesama karyawan perusahaan meskipun berbeda usia. Pak ada resensi bukunya?

      • josef josef says:

        Terima kasih Ringga, yang dilakukan sudah mantab, teruskan. Tidak ada resensi buku. Langsung beli di Gramedia sebelum habis. Sudah hadir sejak hari ini

  3. Donny Nugroho says:

    Terima kasih ” Maturnuwun ” merupakan kata yang mempunyai kekuatan yang dahsyat dan mendalam dan familyer digunakan setiap percakapan baik di awal maupun di akhir kalimat , kata yang sederhana terbukti Ampuh dalam mengembangkan People dan membangun relasi dan berdampak luar biasa mencapai produktifitas dan kebahagiaan karyawan, luar biasa Pak Josef , Maturnuwun sanget, Salam Donny Nugroho, “Profesional HR yang Takut Akan Tuhan”

    • josef josef says:

      Terima kasih Donny, saya nangkap NILAI yang disebut: sederhana, familier,punya kekuatan dasyat, ampuh, dampak luar biasa, kebahagiaan. Terima kasih menggaris bawahi, untuk membantu kita memahami nilai dibalik “Terima Kasih”. Salam – Josef

  4. Rizal Kasim says:

    halo Pak, saya adalah salah satu follower bapak dan pembaca setia website bapak. Btw saya ingin berterimakasih pada bapak yg sudah berbagi lewat tulisan di atas, saya langsung mempraktekan untuk tim baru dan hasilnya luar biasa respon mereka dan ada peningkatan kesadaran dari tim saya untuk bekerja lebihh giat .

    saya menuliskan ucapaan terimakasih melalui email ke tim saya . saya sampai menyimpan screen capture balasan email dari mereka. Jika bapak membutuhkan contoh respon tim terhadap ucapan terimakasih, saya akan dengan senang hati memberi screen capture email tim saya pada bapak, agar lebih banyak lagi leader yang peka untuk berterimakasih pada timnya. sekalagi lagi Terimakasih untuk inspirasi dari bapak

    Rizal Kasim
    Founder http://www.Ceraproduction.com

    • josef josef says:

      Terima kasih Rizal Kasim. Dan terima kasih untuk antusiasme dalam mengimplementasi pemikiran sederhana dari posting yang lalu. Saya akan sangat senang kalau dibagi response karyawan dimaksud. Saya akan email permintaan ini. Salam

  5. Erlina says:

    Terima kasih my mentor…. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life