Janji Pada Diri Sendiri

Posted on January 30th, 2018

“The difference between school and life? In school, you’re taught a lesson and then given a test. In life, you’re given a test that teaches you a lesson.” (Tom Bodett)

PENTING untuk dicermati dan dipelajari sebagai bagian dari perjalanan yang tidak akan berulang untuk kedua kalinya. Selama satu setengah tahun, putri kami Eka Yuniarti memilih hidup sendiri jauh dari rumah dan orang tua. Pilihannya untuk mengambil S2 di Southampton UK membawa konsekuensi untuk berani hidup mandiri dan penuh tanggung jawab. Pilihan ini sendiri merupakan janji pada dirinya sendiri, yang harus dipenuhi, tanpa harus ada pengawasan dari siapapun.

30 Januari 2018_Janji Pada Diri Sendiri1

Memenuhi Janji pada Diri Sendiri

Perjalanan kami kali ini bukan untuk liburan dan jalan-jalan. Kedatangan kami ke Southampton adalah untuk mengawal Eka di ujung perjalanannya. Usaha malang melintang selama 1,5 tahun, terkadang harus berada di perpustakaan hingga tengah malam. Kesungguhan belajar seakan berpacu dengan waktu, akhirnya buah manis itu diterimanya ketika Universitas mengumumkan kelulusan di tanggal 11 Desember 2017, walau wisuda baru akan dilaksanakan pada bulan Juli 2018.

Namun demikian kemudahan dari Universitas yang paham akan berbagai kemungkinan, para lulusan sudah bisa pulang dengan membawa ijasah asli dan juga 10 copy yang sudah dilegalisir. Membaca senyumnya ketika menyambut kami di Bandara Heathrow, seakan mengatakan: “Terima kasih Tuhan saya berhasil. Terima kasih ibu dan bapaku, janjiku sudah kupenuhi.”

30 Januari 2018_Janji Pada Diri Sendiri2

You Make my World so Colourful

Ternyata sebuah janji untuk bisa kuliah dengan berhasil, memberikan hasil ganda. Suksesnya di kampus diikuti juga sukses dalam mengatur kehidupan setiap hari. Di sela-sela menemani Eka membereskan barang-barangnya untuk dipack, kami disajikan banyak kisah hidupnya selama berada di Southampton.

Cerita yang menyenangkan karena berbagai surprise yang dialami, mengagumkan karena banyak tantangan hidup yang bisa dia atasi sendiri, memukau karena warna-warni pengalaman, You Make my World so Colourful, kira-kira demikian kalau ceritanya diberi judul, tapi bukan nyontek judul lagunya Daniel Sahuleka.

Saat berdiri di depan apartemen tempat tinggalnya, yang nampak adalah sebuah cerita kehidupan yang sudah Eka tuliskan selama tinggal di apartemen ini. Termasuk di dalamnya adalah pelajaran yang selalu hadir di depan matanya, sebagai peringatan tentang nilai positif dalam kehidupan.

30 Januari 2018_Janji Pada Diri Sendiri3

Sayang untuk dilewatkan

Selagi di sana, kami tentu berkesempatan untuk berkunjung ke tempat menarik yang belum kami kunjungi sebelumnya. Dua diantaranya adalah:

Sky Garden, taman di atas gedung 34 tingkat, jadi taman mencakup tingkat 35, 36 dan 37, di mana London bisa dilihat dari segala penjuru:

30 Januari 2018_Janji Pada Diri Sendiri4

Covent Garden Apple Market, yang tidak menjual apple lagi (dulunya memang pasar buah dan sayuran):

30 Januari 2018_Janji Pada Diri Sendiri5

Momen Istimewa Ulang Tahun

Misa hari minggu di gereja Immaculate Conception Church di Southampton kami khususkan untuk mengucap syukur atas karunia tak terhingga yang sudah kami sekeluarga terima.

Bertepatan juga dengan perayaan ulang tahun istri, kesempatan tidak akan disia-siakan untuk menciptakan momen sukacita penuh syukur, momen yang tak terlupakan. Sebuah restoran, yang dikenal dengan makanan lautnya di daerah Winchester kami pilih untuk itu. Beberapa rekaman foto berikut ini.

30 Januari 2018_Janji Pada Diri Sendiri6

Kini saatnya untuk kembali ke tanah air, memasuki dunia nyata, menelusuri lorong kehidupan berikutnya, melirik berbagai peluang, di mana Eka akan mulai mengamalkan ilmunya. Semoga langkahnya diberkati.

“It was character that got us out of bed, commitment that moved us into action, and discipline that enabled us to follow through.” (Z Ziglar)

Bookmark and Share

4 Responses to Janji Pada Diri Sendiri

  1. Ratih says:

    Selamat untuk Eka, semoga berhasil di perjalanan selanjutnya. Selamat juga untuk Pak Josef dan Ibu Lena atas keberhasilannya mendidik anak. Dan selamat ulang tahun Bu Lena, sehat selalu…

  2. mudji says:

    “Congratulations beautiful girl Eka, Pak Josef & Ibu Lena”

    “Met Ultah juga Ibu Lena”

    Sukses selalu utk Eka & semoga sehat selalu & banyak dirahmati Allah. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life