Apa Arti Sebuah Nama

Posted on March 22nd, 2013

“What’s  in a name? That which we call rose. By any other name, would smell as sweet”

SEPENGGAL dialog di atas yang ditulis William Shakespeare merupakan argumentasi Juliet berkaitan dengan rumah Romeo, Montague, dan bahwa nama tersebut tidak memberikan arti apa-apa, kecuali bahwa mereka berdua (Romeo dan Juliet) seharusnya tinggal bersama-sama.

Kepada tim, sejak awal saya menyampaikan bahwa saya hanya ingin memperkenalkan sebuah konsep kalau memang semua punya komitmen untuk menindak-lanjuti. Dan dengan komitmen itu, kami memulai langkah untuk mengemban tugas-tugas di Human Resource Division, sambil menciptakan suasana kerja yang menyenangkan kami semua.

“All I ask for is an opportunity to prove that money doesn’t buy happiness” (Anonymous)

Sarana Komunikasi

Untuk menunjang aktivitas ini, saya melirik berbagai sarana komunikasi yang tersedia, untuk bisa dimanfaatkan, dan kalau perlu menghadirkan yang baru. Salah satu yang sangat lazim adalah Papan Pengumuman. Tapi apakah ini nama yang akan diberikan kepada sepotong Papan? Akankah kita menempelkan pengumuman tentang berbagai aturan baru, tentang karyawan baru, dan pengumuman serupa?? Memang itu biasanya manfaatnya: Papan Pengumuman!!

Dalam diskusi dengan Fish Team, mereka sependapat untuk menghadirkan sebuah papan dan memberikan nama kepada papan tersebut yang saat itu masih kosong dan tanpa nama. Tapi harus dengan cara yang kreatif juga: Sayembara!!

Ternyata tanggapannya pun sangat positif. Tim berhasil mengumpulkan 14 alternatif nama, yang juga tidak kalah uniknya: Fish Board, Smiling Fish, Fish Home, Fish World dll. Semua nama dilengkapi dengan detail penjelasan arti nama tersebut.

Tim kemudian mendiskusikan dan membuat short list, sehingga tinggal 3 nama yang diunggulkan. Ketiga nama tersebut akan dilemparkan kembali kepada seluruh tim pada waktu Morning Briefing 15 Maret 2013, untuk mereka pilih. Dan unggulan pilihan mereka adalah: “Fish World”

Bahkan Lisa di Danamon yang banyak berinteraksi dengan tim di berbagai wilayah, memancing aktivitas mereka dengan menyediakan sebuah media untuk teman-teman di Pusat agar bisa mengetahui apa saja yang sedang terjadi di daerah. Dengan cara seperti itu, teman-teman di kantor pusat dapat secara rutin mengikuti apa yang sedang terjadi di berbagai wilayah; dan teman-teman di daerah akan berlomba untuk menjamin bahwa di setiap edisi, selalu ada aktivitas mereka terpampang di sana.

Social Media

Ternyata Perusahaan juga punya Portal, dan masing-masing divisi memang diberikan sepenggal space untuk diisi oleh Divisi masing-masing. Ada juga yang namanya HR Corner, yang selama ini diisi dengan berbagai peraturan yang perlu diketahui oleh karyawan, artikel-artikel yang relevan. Apakah hanya itu alasan seorang karyawan mengakses portal perusahaan?

Tim kemudian diajak diskusi untuk mulai mempersiapkan berbagai bahan untuk mengisinya dengan berbagai aktivitas baru yang inisiatifnya mulai dari HR, guna menarik keingintahuan divisi lain. Berbagai persiapan sedang dilakukan, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat sarana tersebut bisa dimanfaatkan. Namun sambil menunggu, “Fish World” sudah mulai berkiprah dengan berbagai foto dan penjelasan tentang aktivitas yang sedang dilakukan.

“Write to be understood, speak to be heard, read to grow” (Lawrence Clark Powell)

Bookmark and Share

4 Responses to Apa Arti Sebuah Nama

  1. Lisa Christiana says:

    Terima kasih banyak pak sudah memuat inisiatif papan what’s on di blog Bapak. Papan ini sampai sekarang masih terus diupdate di setiap kantor HR Region dan di GSI utk memuat aktivitas yang lagi “happening”…. Supaya setiap bulan spirit kita semua tetap menyala pak, meski jauh di mata tapi tetap dekat di hati.

    • josef josef says:

      Betul Lisa, inisiatif ini akan terus mendekatkan semua yang jauh. Terima kasih Lisa untuk terus menyalakan semangat team. Salam untuk teman2 HR di Region.

  2. Kevin Aprela says:

    makasih bwat blog nya,dah membantu ak,,,,,
    thankz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan