Be There Sepenuh Hati

Posted on December 24th, 2013

Let me fill your heart with joy and laughter

Togetherness well it’s all I’m after

whenever you need me and I’ll be there…..

PENGGALAN LAGU I’ll Be There” ini  semakin meresap, terutama karena alunan suara merdu Mariah Carey, sebuah latar suara yang sengaja saya pilih untuk menemani saya mempersiapkan  tulisan ini.

Hati saya akan berbunga-bunga, bila dalam posisi sangat mendambakan uluran tangan,  terdengar suara yang mengatakan “Just call my name and I’ll Be There.” Apalagi kalau diungkapkan oleh orang yang dicintai, pada saat sangat merindukannya. Ungkapan ini terdengar sederhana, namun punya makna dalam, dan melaksanakannya pun tidak mudah. I’ll Be There, bukan sekadar rangkaian kata. Ini merupakan janji untuk dipenuhi.

Falsafah FISH

Dalam perjalanan setahun membangun lingkungan kerja yang menyenangkan bersama tim, setiap yang berperan men-design program FISH terus berusaha  mencerna makna setiap falsafah unik dari FishFUN: Choose Your Attitude, Be There, Play dan Make Their Day. Dalam mengimplementasikannya, saya sengaja membagi tim dalam empat kelompok dan diberi nama sesuai nama falsafah tersebut.

Alasannya sederhana, agar keempat nama tersebut terus menempel di kepala, kalau perlu, lagi tidur nyenyak dibangunkan sekaligus menanyakan keempat falsafah itu, mereka reflex bisa menjawabnya. Dan sekarang kami sudah memasuki Episode 2, dengan Tim “Be There” yang bertugas sejak 21 Oktober hingga 20 Desember 2013. Salah satu program yang mereka ramu secara cantik adalah “Menyambut Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional” (HKSN) yang bertepatan dengan hari-hari jelang Natal dan Tahun Baru.

Memaknai Pesan “Be There

Bicara HKSN, skalanya sangat luas. Pemahamannya perlu dirumuskan lebih membumi. Karena itu, dalam kata pengantar untuk memulai sesi pagi itu, saya sengaja mengutip kata-kata bijak dari Ibu Teresa:

“Don’t expect your friend to be a perfect person. But, help your friend to become a perfect person. That’s true friendship.” (Mother Teresa)

Sayapun melanjutkan untuk menggaris-bawahi makna Filosofi “Be There”:

Kita sendiri mempunyai program “Be There”, salah satu dari 4 falsafah FishFUN. Kepedulian kita kepada orang lain akan terasa berat, kalau itu tidak datang dari hati. Membantu kawan sekitar kita akan menjadi beban, kalau tidak dilaksanakan secara tulus. Bahkan sekedar memberikan perhatian kepada yang membutuhkan akan terasa tidak menyenangkan karena terpaksa atau tidak sepenuh hati.

Sebelum kita bicara tentang HKSN, mari kita terus belajar untuk menjalankan tugas kita sepenuh hati terutama dalam melayani divisi lain. Di sekitar kita banyak kawan yang membutuhkan uluran tangan kita, seberapa sigap kita menanggapinya. Kontribusi kita akan terasa maksimal karena uluran tangan kita berasal dari hati yang tulus. Dan implementasi makna BE THERE akan secara alami merambah ke lingkup lain di luar lingkungan kerja: keluarga, masyarakat dan lainnya.

Belajar Melayani dan Mensyukuri

Ketika kita melayani dari hati, akan terungkap melalui ekspresi senyum alami,  perilaku dan kebiasaan mensyukuri, dan termasuk di dalamnya bersyukur bahwa saya bisa mendapat kesempatan untuk melayani, untuk berbuat kebaikan. Dan saya sendiri juga tiada hentinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim yang berkontribusi, baik secara langsung atau dengan memberikan kartu Ucapan Terima kasih.

Foto berikut ini adalah kartu “Thank You” dengan pesan terima kasih yang saya tulis tangan sendiri satu persatu dan menanda-tanganinya.

Saya lakukan ini karena saya ingin terus mendisiplinkan diri untuk selalu mensyukuri, tapi juga menjadi contoh bahwa setiap hari ada banyak alasan dari pengalaman hidup yang perlu kita syukuri, tapi sering kita abaikan.

Dan program lanjutan yang lebih heboh, akan saya sajikan dalam posting Jumat 27 Desember 2013, mendatang.

Dalam rangka Hari Natal 2013, kami sekeluarga ingin menyampaikan buat sahabat yang merayakannya:

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Dewi, setuju sekali di rumahpun kita bisa rancang liburan yang menyenangkan. Butir yang tidak...

dewi:
Tidak semua liburan seharusnya keluar dan mengunjungi salah satu tempat wisata… terkadang dengan d rumah...

josef:
Terima kasih Mudji atas pertanyaannya: 1) Pembelajaran yang dimaksud tidak harus yang besar. Mis. Dalam...

Mudji:
Saat pertama Bpk baru buka blog ini di Nop 2011, terus terang saya suprise banget dgn moto Bpk yg berat ini +...

josef:
Terima kasih mba Meisia, batuknya sudah hilang berkat resep tradisional


Recent Post

  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan
  • Peluang ke Jenjang Lebih Tinggi
  • Bermanfaat Bagi Orang Lain
  • Komitmen Belajar dan Berbagi
  • Start-up Mentality
  • Transformer Center: School of Life
  • Melayani dengan Coaching
  • Terus Belajar dan Berkembang
  • Agar Sehat dan FIT