Buka Diri dan Temukan Ide-ide Baru

Posted on October 1st, 2013

“When a great moment knocks on the door of your life, it is often no louder than the beating of your heart, and it is very easy to miss it.” (Boris Pasternak)

SORE ITU, FishFUN team menampilkan dua tema sekaligus sesuai dengan kalender nasional di bulan September: Hari Pelanggan Nasional dan Hari Olahraga Nasional. Bagian pertama adalah sharing session dalam kaitan dengan Hari Pelanggan. Masing-masing Fish Team bertugas mencari inspirasi dari sumber apa saja untuk dibagi, entah itu dari UTube, buku, video, cerita dan lain-lain. Semua itu harus menggambarkan contoh-contoh nyata tentang “Service Excellence.

Kuambil IDE yang Hadir di Sekitarku

Sehari menjelang sesi FishFUN dengan tema “Service Excellence” dalam rangka menanggapi Hari Pelanggan yang jatuh di bulan September. Saya masih belum temukan kata-kata pas yang bisa dirangkai untuk membuka acara tersebut. Jam menunjukkan angka 02:00 pm, saya melangkah ke toilet melewati reception desk.

Ada aroma segar dari minyak wangi seorang gadis yang duduk menunggu di sana. Saya hafal betul: Aroma Parfume Escape. Langsung klik di benak saya, bukan tentang gadis itu (karena saya tidak kenal siapa dia), bukan juga tentang Escape. Tapi seketika muncul ingatan saya tentang kisah minyak wangi seri berikutnya.

Suatu hari, sang ayah, Calvin Klein, memperhatikan putrinya yang sedang berada di halaman rumah persama pacarnya. Beberapa item yang mereka kenakan di badan keduanya sifatnya unisex. Entah itu topi, kaos dan lainnya. Seketika muncul pertanyaan di benak sang ayah: “Mengapa Minyak Wangi tidak bisa dibuat unisex?

Tantangan itu disambut tim perfumer perusahaannya dengan antusias dan pada tahun 1993 meluncurlah produk yang spektakuler pada waktu itu: CK One, minyak wangi unisex, yang sama-sama dipakai oleh pria dan wanita. Kisah inilah yang saya sajikan untuk membuka acara FishFun hari itu yang bertemakan “Service  Excellence.” Dua hal yang saya kedepankan:

  1. Ide cerita bisa muncul setiap saat di sekitar kita. Hari ini saya buktikan bagaimana saya temukan ide untuk pengantar acara hari ini. Sebuah kebetulan?? Tidak !
  2. Dan Calvin Klein juga memberikan kita contoh ide inovatifnya dalam menemukan  CK One. Pengamatan tentang hal yang berada di sekitarnya bisa menghasilkan produk spektakuler, seperti halnya CK One.

Belajar dari Berbagai Video

Diperlukan excellence baik dalam produk maupun pelayanan, bukan sekedar delighting customer, tapi kalau perlu ke level Unexpected atau Surprise. Quote berikut turut menunjang pemahaman ini.

“Always do more than is required of you.” (George S. Patton)

Saya pilihkan salah satu paparan team,  berasal dari pengemudi Bajaj, dari negeri asalnya di India.

Kisah yang diunduh dari GagsDaily.com ini memaparkan cerita dari pengemudi bajaj yang menyediakan koran dan beberapa majalah di bajaj untuk bacaan penumpangnya. Untuk apa??

Kalau sekedar basic service (mengantar pengemudi ke tempat tujuan), itu tugas dasar bajaj. Kalau tujuan pelayanannya adalah sesuai harapan penumpang (sampai di tujuan dengan selamat) semua bajaj bisa melakukan. Kalau bicara soal delighting customer (misalnya dengan berperilaku sopan, membantu menaikkan dan menurunkan barang penumpang) banyak juga pengemudi bajaj yang berusaha melakukannya.

Tapi apa yang membedakan orang ini dari pengemudi bajaj lainnya?

Tersedianya koran dan majalah tersebut sungguh tidak diduga penumpang. Dan lebih mengejutkan lagi (surprising level) dia menyediakan fasilitas untuk charging HP, seperti foto yang saya tampilkan di awal kisah ini.  Selengkap itu fasilitas bajaj?? Saya juga surprise. Tapi ini sungguh terjadi!

Hari Olahraga Nasional

Karena bulan September juga terdapat Hari Olahraga nasional, acara FishFUN hari ini pun dirangkai dengan kegiatan yang memperingatkan kita semua untuk tetap hidup sehat melalui olahraga rutin. Pesan utama saya kepada tim:

“Ketika kalian semua diterima di perusahaan ini, salah satu syarat mutlak adalah kondisi kesehatan yang bagus. Investasikan waktu kalian untuk kesehatan, mulai dari sekarang. Jaga dan tingkatkan kesehatanmu, agar ketika kalian kembali ke keluarga di akhir masa tugasnya, kondisi kesehatan kalian masih bagus agar kehidupan di masa pensiun terasa menyenangkan bersama keluarga.”

Acara sore itu ditutup dengan “Senam Kesegaran Jasmani” (gerakan dan lagu asli SKJ), dan foto bersama. Untuk itu, semua kami memang tampil sore itu dalam kostum olahraga. Ini sekaligus mengingatkan, atau lebih tepatnya membuat kami saling mengingatkan akan pentingnya olahraga.

There are really only two requirements when it comes to exercise.  One is that you do it.  The other is that you continue to do it. (Jennie BM)

Bookmark and Share

2 Responses to Buka Diri dan Temukan Ide-ide Baru

  1. devi says:

    Cerita bpk ini mengingatkan saya kepada kisah masakan yang sering dinikmati yg senang makanan Padang “RENDANG”. Masakan ini sebenarnya diciptakan karena sesuatu yg tidak disengaja, ketika ibu2 di Ranah Minang yg kebiasan memasak menggunakan santan kelapa. Kejadian tidak sengaja membuat “GULAI DAGING” yaitu daging yg diberi santan kelapa+bumbu2 nya menjadi hangus ketika ditinggal oleh ibu tsb krn hrs mengerjakan pekerjaan lain. Aroma khas wangi, gurih beraroma rempah dan bumbu asli menjadikan Rendang Daging Sapi menjadi makanan Favorit semua orang di Indonesia, bahkan di dunia. Luar biasa Pak, terima kasih Inspirasinya.

    • josef josef says:

      Terima kasih Devi untuk mengangkat bukti lain, bahwa banyak hal sekitar kita yang bisa menjadi sumber inspirasi kalau kita mau membuka diri. Selamat menikmati Rendang !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life