Bukan Sekedar Potluck

Posted on January 21st, 2014

“We become happier not by accumulating more things but by creating richer experiences.” (Robin Sharma)

MENGAWALI TAHUN, ada banyak inisiatif yang disiapkan. Tim FISHFun juga tidak kalah gesit menyodorkan acara, dengan program re-energizing, mengikuti irama dan semangat baru di awal tahun.

Menggugah Memori, Belajar dari Pengalaman

Berbagai kegiatan di tahun 2013 memang direkam secara disiplin. Dari koleksi berbagai foto saja memori kami bisa digugah: betapa suatu lingkungan dibangun secara solid melalui sentuhan tangan dari seluruh tim. Keceriaan yang tergambar dari foto-foto tersebut bisa berbicara sendiri tentang gairah yang sedang menggelora dalam perjalanan bersama.

Semua itu secara cermat diramu oleh tim yang sedang bertugas: “Make Their Day”, dalam bentuk video presentation untuk menggugah memori kita akan perjalanan bersama. Dan gelak ketawa yang terdengar ketika menyaksikan video tersebut, membuat saya merasa bersyukur akan kesungguhan tim ini.

Tidak hanya berbagai foto, tetapi juga video yang kaya akan pembelajaran, yang akan menjadi bekal kami dalam melangkah selama 2014 dan seterusnya.

Pola Hidup Sehat

Dalam mengantar program siang itu, saya share tentang program saya dalam kaitan “Pola Hidup Sehat”. Program ini sebetulnya berdasarkan 4 elemen utama: Movement, Nutrition, Mindset dan Recovery. Baca juga artikel di blog, Jumat 29 November 2013, melalu link ini: “Komitmen Sehat  Berkesinambungan

Saya awali dengan meminta mereka untuk sharing dengan teman sebelahnya, apa alasan tersenyum pagi ini, sebagai bagian dari memulai hari dengan “Mindset Positif.” Kembali semua mereka gelak ketawa, ketika seorang teman wanita tanpa malu dan sungkan sharing bahwa pagi ini dia bernapas lega penuh senyum lebar ketika mengetahui bahwa nasi untuk potluck hari ini, yang dimasak di magic jar, benar-benar matang. Loh, emangnya suka mentah hasilnya??

Melalui slide, saya juga menunjukkan foto aura dari koleksi pribadi saya, sebelum dan sesudah meditasi, untuk memperlihatkan betapa dampak meditasi pada proses recovery menuju ketenangan, menjauh dari situasi stress.

Dan sebagai bagian dari komitmen 2014, sayapun mengumumkan bahwa sejak hari itu konsumsi gula saya yang dimasukan ke dalam kopi atau kopi susu yang disajikan untuk saya tiap pagi dan sore, saya kurangi 50%.

Potluck Demi Kebersamaan

Sebagai bumbu kebersamaan hari itu, masing-masing Fish Team harus menyediakan makanan sehat untuk makan siang bersama. Mereka harus mempresentasikan makna sehat di balik semua makanan itu, antara lain: ada rujak pengantin, pepes ikan kembung, nasi merah, pepes tahu, salad manga, dress code ungu atau pink menambah semarak. Beberapa dari teman yan g hadir bahkan jadi relawan model langsing sehat yang patut dicontoh, seperti nampak pada foto kanan bawah.

Relawan model langsing by josefbataona dotcom

Launching FishWorld CHR

Sejauh ini, semua inisiatif FISHFun  hadir di media yang diberi nama Fish World. Kami sungguh puas dengan itu. Tapi tim masih melihat peluang untuk dijajagi: media sosial. Walau tingkat keaktifan kami semua di media sosial belum seperti diharapkan, tapi kami tidak ingin menunggu. Benar juga kata-kata bijak berikut ini:

“If you wait to do everything until you’re sure it’s right, you’ll probably never do much of anything” (Win Borden)

Hari itu resmi diluncurkan akun Facebook FishWorld CHR dan twitter @fishworldchr. Melalui dua media sosial ini secara kolektif kami belajar sekaligus berbagi. Target pertama untuk komunitas sendiri, dan mudah-mudahan bisa melebar kepada yang lainnya.

Page FB by josefbataona dotcom

Makna Di Balik Acara Potluck Awal Tahun

Tim memang memberikan label acara itu sebagai Potluck, namun di balik semuanya tertanam pembelajaran:

  1. Acara ini terus memupuk kebersamaan.
  2. Kreatifitas tim terus digali, terutama melalui berbagai ide untuk menyelenggarakan acara biasa menjadi luar biasa.
  3. Belajar saling menghargai pendapat masing-masing, tidak membunuh ide yang belum bisa diterapkan sekarang, tapi mungkin sesuai di kemudian hari.
  4. Sebuah resolusi untuk melanjutkan inisiatif FISHFun, tanpa formulasi dalam bentuk kata-kata, tapi perbuatan nyata.
  5. Komitmen untuk saling membantu untuk pola hidup sehat: teruskan stretching, ada yang janji mau menggunakan fasilitas general check up, dll.
  6. Ini merupakan acara re-energizing, FUN yang murah.
  7. Dress code akan membuat kita merasa sama dan satu, dan warna pink/ungu memberikan keceriaan tersendiri.

Dan jelang makan siang bersama, kami semua menundukkan kepala berdoa mensyukuri nikmatnya makan siang bersama, mensyukuri berkat dalam perjalanan kami selama ini, dan sekaligus memohon bimbinganNya untuk perjalanan yang ada di depan kami. Perjalanan kami lanjutkan dengan penuh keyakinan akan sukses.

“Success is the sum of small efforts, repeated day in and day out.” (Robert Collier)

Bookmark and Share

2 Responses to Bukan Sekedar Potluck

  1. Anjar Sujatmiko says:

    dear pak Josef,
    saya ingin belajar dari Bapak bagaimana bisa membangun komitmen dan kebersamaan dalam team. kalau saya melihat acara dalam foto-foto di atas saya kagum bagaimana komitmen dan kebersamaan itu bisa terjadi pada team Bapak. Terima kasih atas sharingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih coach Indra, sukses juga untuk bukumu yang baru: Effective Coaching Skills for Leaders. Salam

Indra Dewanto:
Sukses selalu dan terus menginspirasi Pak Josef Bataona….:)

josef:
Terima kasih sama2 Tromol, satu dua kata yang bermanfaat, kiranya menyejukan. Salam sehat dan sukses

Tromol Sihotang:
Terima kasih pak Josef yang setiap saat memberikan pandangan, arahan dan tentunya bimbingan yang...

josef:
Terima kasih sama-sama bu Dwi Suwarnaning, sukses selalu, salam


Recent Post

  • Belajar Bersama dari Buku Leader as MEANING MAKER
  • Sikapi Dengan Hati Yang Jujur
  • Agar Tetap Tegak Diterpa Badai
  • Mengasah Listening Skill Menuju Peran Sebagai MEANING MAKER
  • Tim Membutuhkan TRUST
  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement