Cerita FUN di Awal Desember

Posted on December 2nd, 2022

“The secret of joy in work is contained in one word – excellence. To know how to do something well is to enjoy it.” (Pearl S. Buck)

KECERIAAN ADALAH PILIHAN. Dan pilihan kami untuk menutup kebersamaan hari itu adalah dengan foto bersama, foto we-fie seperti kebiasaanku di akhir sesi offline. Tentu saja dilanjutkan dengan berbagai acara foto-foto selagi bertemu teman-teman dalam komunitas ini.

Pagi Mengawali Desember Ceria

Pagi-pagi sekali di sosmed, saya tampil dengan pakaian liburan dan dua koper yang dibawa keluar rumah. Sampai seorang kawan cepat menghubungiku dan mengingatkan bahwa awal minggu depan sesi sharingku di sebuah perusahaan sudah mendapat konfirmasi. Dia menduga saya memang baru berangkat liburan. Padahal caption postinganku berbunyi: I’m not going for holiday. I’m on holiday mood, ready to share my story about Creating FUN at WORK #employeeengagement #mystory #funatwork

Komunitas Pembelajar DigiHR

Hari itu, 1 Desember 2022 ada 130 peserta yang hadir ingin mendengarkan langsung ceritaku dari pengalaman nyata, bagaimana program FUN at Work diterapkan. Berbagai tentangan awalpun kami sampaikan, agar teman-teman yang terinspirasi untuk mengimplementasikannya punya gambaran komplit. Karena itu seorang peserta langsung menggunakan kesempatan untuk bertanya:

Bagaimana menjembatani kebutuhan fun at work beda generasi (terlebih utk anak baru adalah anak milenial, fresh grad), management (generasi baby boomer). Pendekatan apa yg bisa dilakukan utk generasi baby boomer mau mengubah persepsi sehingga bisa fun at work.

Ada beberapa hal penting dari komentar atau pertanyaan tersebut:

  1. Ada ide untuk menerapkan suatu program baru lintas generasi. Diantisipasi ada kemungkinan mendapat hambatan dari Boomers
  2. Kita belum jelas, apa yang sebetulnya yang mau diimplementasi, walau di permukaan, label yang diberikan adalah Fun at Work. Dibutuhkan kendaraan untuk menciptakan FUN. Misalnya ingin menerapkan morning briefing dengan cara unik dan menyenangkan.
  3. Kalau ada program berskala besar, lintas divisi dan lintas generasi, ada baiknya mereka yang berada di divisi berbeda dan juga generasi yang berbeda, diajak bicara sejak dini. Dengan demikian kita bisa mengakomodasi aspirasi para pihak

Peserta di acara ini memang didominasi generasi muda, yang punya hasrat besar untuk berperan dalam perubahan.

Bisa Mulai dari Yang Sederhana

Mendengar FUN at Work, sering berkonotasi kegiatan besar dengan budget besar. Ada juga seperti itu. Tapi kita bisa mulai dengan hal yang sederhana. Dan kata Dale Carnegie:

“It isn’t what you have, or what you are, or where you are, or what you are doing that makes you happy or unhappy. It is what you think about.

Jadi semuanya itu bermula dari pikiran kita. Dan yang menginspirasi saya untuk implementasi program tersebut adalah falsafah FISH dari Pasar Ikan di Pike Place, Seattle, Amerika, yang terdiri dari 4 unsur penting:

  1. Choose your attitude
  2. Make their day
  3. Be there, be present
  4. Play

Semua itu berkaitan dengan mindset positif yang kita bangun sejak awal hari, yang akan mewarnai kehidupan kita sepanjang hari.

 

Mulai Dari Diri Sendiri

Dengan dipandu oleh Lisa Qonita, saya memang berduet dengan pa Dudi Arisandi, yang hadir sebagai praktisi Human Resources. Beliau juga meneguhkan bahwa, semua perubahan yang kita bicarakan hari itu, hendaknya dimulai dari diri sendiri. Kebiasaannya turun kebawah menyapa tim atau berkeliling dua kali sehari, membantu dia untuk bisa leluasa berinteraksi dengan karyawan yang ditemui. Disitu karyawan merasakan tak ada sekat diantara mereka dengan anggota direksi. Bahkan ada praktek dimana para direksi mereka berkeliling menyapa karyawan dengan penampilan ala-ala penjual permen di bis antar kota antar propinsi, program cancimen (kacang tanah, kuaci, permen). Tentu saja ini membutuhkan kebesaran jiwa para direksi untuk berpenampilan seperti itu. Tapi itu akan membuat suasana cair.

Milenial Berbagi

Dalam waktu singkat berbagai pesan dari peserta hadir di IG Story. Saya pilihkan 4 diantaranya:

Melalui sosmed peserta, kita bisa membaca berbagai butir pelajaran yang diambil peserta dari sudut pandang masing-masing. Saya kutipkan butir penting yang diangkat coach Helda Tan sebagai berikut:

“Coaching without LOVE won’t be powerful nor impactful”…‼️

This quote by Pak Josef Bataona really struck me as a coach.

It’s very simple yet impactful:

  1. Leaders need to make their people feel seen, heard, and appreciated by doing simple and personalized acts.
  2. Many leaders might have coaching competencies, but not a lot do it with love.
  3. When done with love, coaching can increase engagement among colleagues.
  4. Leaders can create a fun working environment through the 4 practices of the Fish! Philosophy:
    Choose your attitude. Take responsibility for how you respond 2. Make their day 3. Be emotionally present for your people 4. Play. Be creative and open to all ideas

As a mindset & emotion coach, I had to agree with the message & values he shared during his book launch for Fun @ Work.

Thanks Pak Josef Bataona for your important & powerful message today…

Can’t wait to read your book: Fun @ work …

Pesan singkat di akhir Sesi

Beberapa pesan singkat yang saya sampaikan untuk bisa dibawa pulang.

  1. Masing2 perusahaan punya keunikan dan kekhususan akan kebutuhan dari waktu yang berbeda-beda..
  2. Apa yang diceritakan di buku ini sekedar contoh untuk mengisprirasi, untuk menggugah bahwa FUN at work bisa diinisiasi di tempat kerja manapun.
  3. Peran leader sangat penting, tapi kontribusi dan keterlibatan seluruh team sangat menentukan keberhasilan program.
  4. Coaching bukan sekedar skill dan implementasi formal. Harapanku, bisa dibawah dalam keseharian, menggunakan pertanyaan2 coaching, biasakan menggunakan kata2 positif, dan membiasakan team untuk berperilaku positif.

Pesan tersebut belum cukup untuk mengungkapkan semua yang kami diskusikan hari itu. Masih banyak lagi catatan peserta yang menjadi pembelajaran mereka, tapi juga catatan pendek untuk segera mereka carikan rujukan lebih detail di buku Fun At Work.

“Just don’t give up trying to do what you really want to do. Where there is love and inspiration, I don’t think you can go wrong.” (Ella Fitzgerald)

Note: Buku FUN AT WORK dapat diperoleh lengkap dengan tanda-tangan penulis melalui link ini: https://bit.ly/3STN6mz

 

Bookmark and Share

4 Responses to Cerita FUN di Awal Desember

  1. Helda Tan says:

    Senang sekali bisa hadir di acara ini. Suasana acara santai, namun isi sharingnya sangat berkwalitas. Servanthood leadership dari Pak Josef sangat terasa saat Pak Josef menceritakan hal-hal menyenangkan yang dibuat oleh Pak Josef secara khusus untuk anggota teamnya. Hal sederhana, namun menyentuh karena dilakukan secara intentional dengan penuh kasih. Dari acara kemarin saya sangat merekomendasikan teman-teman leaders yang ingin membuat suasana menyenangkan di tempat kerja untuk segera memiliki buku Fun At Work.
    Saya sendiri mau membacanya dengan segera…

    • josef josef says:

      Terima kasih Coach Helda untuk kunjungan ke blog dan menyimak tulisan ini. Karyawan kita adalah juga manusia seperti kita sendiri, yang ingin diperlakukan sebagai manusia: ada ketulusan dalam perhatian, memanusiakan manusia lain, atas dasar KASIH. Salam

  2. Imam Teguh Santoso says:

    Salah satu tantangan dalam menciptakan “fun at work” adalah definisi fun setiap orang berbeda. Tidak hanya lintas generasi, kita yang seumuran pun juga sering berbeda. Lalu saya mendapat inspirasi dalam acara bahwa bisa dimulai dari satu circle kecil dulu, dan suasana fun itu akan menular

    Terima kasih atas sharingnya pak,
    dapat bonus makan siang juga

    • josef josef says:

      Terima kasih Imam sudah hadir dalam acara tersebut untuk kita belajar bersama, dan juga bisa mengambil manfaat dari acara tersebut. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Thank you coach Helda for your insightful comment. Setuju, let us become life long learner to become a better...

Helda Tan:
Love this article Pak Josef. Setuju sekali terhadap penekanan Coaching Mindset yg benar utk menjadi...

josef:
Thank you pa Heru for the opportunity to learn together. Appreciate also your time and effort to visit and...

Heru Hardoyo:
Thanks for your inspiring sharing Pak. Keep on inspiring and enlightening

josef:
Terima kasih pa Danang Arief sudah mengunjungi blog dan menyimak tulisan ini. Benar sekali perilaku anggota...


Recent Post

  • Berbagi Tips Menuju Puncak Karier
  • Menuju Coaching Maturity
  • Tumbuhkan Gairah Kerja
  • Pilihan Penuh Tanggung-Jawab
  • Kolaborasi dan TRUST
  • Development Dialogue
  • Invest in Your People
  • Cerita FUN di Awal Desember
  • Memimpin Dengan Hati
  • Ada Niatan Positif Dibalik Setiap Perilaku