Co-creation

Posted on February 20th, 2015

“The deepest secret is that life is not a process of discovery, but a process of creation. You are not discovering yourself, but creating yourself anew.” (Melchor Lim)

MAYORITAS ANGGOTA TIM adalah orang yang sama yang saya temui pada awal saya bergabung awal 2013. Lingkungan fisik juga tidak banyak berubah. Tapi mereka mengaku ada perbedaan besar yang mereka rasakan. Dan tidak sungkan mereka mengungkapkan manfaat yang diperoleh, sambil juga mengetengahkan keinginan untuk memperbaiki yang belum sempurna.

Cara Pandang yang Berbeda

Kita menghabiskan waktu cukup lama dalam sehari di tempat kerja. Dan tentu saja kita semua menginginkan tempat kerja, atau persisnya lingkungan kerja yang menyenangkan. Tapi siapakah yang bertanggung-jawab untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan??

Boleh jadi banyak berpikir bahwa itu adalah tanggung jawab perusahaan, atau dalam skala lebih kecil lagi, tanggung jawab sebuah Divisi atau Unit. Lebih spesifik lagi ada yang percaya bahwa itu adalah tanggung jawab leader, kepala bagian. Asumsi itu tidak salah, tapi juga belum tentu sepenuhnya benar.

Dan di minggu pertama ketika saya bergabung dengan perusahaan ini, secara tegas saya menyampaikan, bahwa kalau seandainya mereka sedang mengharapkan saya sebagai pimpinan yang baru, akan membawa lingkungan kerja yang menyenangkan mereka, maka mereka tidak akan pernah mendapatkannya.

Saya mengulanginya:

“Kalian tidak akan mendapatkannya hingga kalian pensiun atau sampai saya pergi. Tapi kalau yang diharapkan adalah kita bersama-sama menciptakan (co-create) lingkungan kerja yang menyenangkan kita semua, maka saya siap memfasilitasi.”

Wajah yang Berbeda

Memasuki tahun ketiga, episode ketiga inisiatif FishFUN, tim memberikan input tentang apa yang membuat inisiatif ini bertahan selama ini. Value Words yang diambil dari input tersebut menggambarkan apa yang dirasakan sekaligus manfaat yang didapatkan oleh tim sejauh ini.

Lima belas top Value Words tersebut adalah: positif, akrab, kreatif, komitmen, ide-ide baru, semangat, fun/menyenangkan, refresh, ceria, komunikatif, cair, penyegaran, kebersamaan, kontribusi, care.

Lengkapnya bisa ditemukan dalam format wordsalad berikut ini yang sekaligus memberikan gambaran tentang wajah Tim CHR.

Worldsalad

Masihkah Kita Bertahan?

Paparan harapan dan usulan perbaikan juga diberikan tim, yang akan menjadi pekerjaan rumah tim yang bertugas. Usulan ini tentu atas dasar keyakinan bahwa apa yang sudah diraih sejauh ini masih akan bisa disempurnakan untuk memberikan manfaat yang lebih besar, demi kebaikan kami semua.

Sementara itu seorang anggota tim kami, Supandi, baru kembali liburan dan sempat mampir di Fish Market Pike Place, Seattle, USA. Tentu saja dia membawa oleh-oleh foto dan rekaman aktivitas jualan ikan di Fish Market tersebut, yang tentu saja dengan seribu satu atraksi untuk membuat suasana kerjanya menyenangkan, bukan saja buat karyawan, tapi juga untuk pelanggan yang sedang hadir di sana.

Kalau Pike Place yang berdiri sejak 1930, dan sudah sekian lama menerapkan keempat falsafah kerja yang menyenangkan: Choose your attitude, Be There, Make their day, Play, dan masih bertahan sampai saat ini, maka perjalanan kami yang baru memasuki tahun ketiga, tentu bisa berlanjut dengan menyenangkan juga, dipandu oleh FishFUN Team yang sedang bertugas.

Terima kasih Team. Perjalanan kita masih berlanjut…

“Focus on the journey, not the destination. Joy is found not in finishing an activity but in doing it.” (Greg Anderson)

Bookmark and Share

4 Responses to Co-creation

  1. Rolin says:

    Terima kasih untuk artikelnya hari ini Pak.
    Bila belum dapat melakukan perubahan secara global,paling tidak dimulai dengan perubahan untuk bagian/unit terkecil, bahkan perubahan untuk pribadi.
    Saya sangat dibangun.

    • josef josef says:

      Terima kasih Rolin, sadar akan pentingnya memulai perubahan dari diri sendiri, sangat penting. Selanjutnya langkah perubahan berikutnya akan terasa lebih ringan.

  2. Robert Affero says:

    Tanggung jawab dilingkungan kerja dan lingkungan dalam skala yang lebih besar memang harus dimulai dari kesadaran setiap insan bahwa kita semua bertanggung jawab untuk menciptakan suasana yang lebih baik dan menyenangkan. terima kasih Artikelnya pak Josef semoga saya akan selalu ingat dan menjalankan Tanggung jawab. Salam kami untuk Pak Josef dan keluarga.

    • josef josef says:

      Terima kasih Robert untuk komentarnya. Kita sering dengan mudahnya melihat kekurangan lingkungan yang lebih besar, dan lupa untuk memulainya dari lingkungan sendiri yang lebih kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan