Hasrat untuk Belajar

Posted on September 12th, 2014

“Don’t just learn something from every experience; learn something positive.” (Allen H Neuharth)

PAGI ITU Tim mengedepankan sepenggal petikan berikut ini, yang mereka yakini telah melandasi semua inisiatif FishFUN selama mereka bertugas. Petikan ini  sekaligus mengawali acara serah terima kepada team berikutnya, Be There 2:

“Setiap orang mempunyai pilihan  …….. Setiap menit…..Setiap hari…. Untuk memilih sikap  yang akan diambil, Pilihlah sikap yang baik…dan orang di sekitar kita akan merasakan dampak positifnya.” (Choose Your Attitude Team)

Berikut ini foto Tim Choose Your Attitude yang baru selesai tugas.

Choose Your Attitude Team

Rasa Ingin Tahu

Sudah terlalu sering saya bercerita tentang motto hidup saya: Be Yourself But Better Everyday. Saya sungguh berharap bahwa pemahaman untuk senantiasa membuka diri untuk belajar terus menyebar ke lebih banyak orang. Dan buat yang sering mendengarkannya, kiranya mereka juga bisa menjadi ambassador untuk mengajak lebih banyak orang bergabung dalam komunitas yang berkomitmen untuk belajar.

“Everyone and everything around you is your teacher.” (Ken S. Keyes Jr.)

Pembelajaran ada karena rasa ingin tahu seseorang (curiosity). Rasa ingin tahu akan membuat kita mengaktifkan antena kita, semua indra kita, siap untuk merekam hal atau kejadian sekitar kita. Keingin-tahuan akan menelorkan berbagai pertanyaan, dalam hati ataupun terucap, demi mendapatkan jawabannya. Kebiasaan kecil ini akan membuahkan berbagai pelajaran kehidupan yang tak ternilai. Akan menjadi komplit kalau rasa ingin tahu disambut oleh mereka yang mau berbagi ilmu dan pengetahuannya. Apalagi itu berhubungan dengan talenta unik yang dimiliki seseorang.

Belajar Berkesinambungan

Agenda wajib untuk acara serah terima FishFUN adalah dengan menyajikan butir-butir pembelajaran, berdasarkan pengalaman selama bertugas.

  • Sikap peduli terhadap sesama mendorong setiap orang untuk membantu dan menyayangi dengan ikhlas meskipun tidak ada balasan yang diperoleh namun kebahagiaan terbesar adalah saat orang yang dibantu merasakan aspek positifnya.
  • Keluarga memberikan banyak inspirasi dan pelajaran hidup, setiap orang bahagia dan bangga akan keluarga yang dimiliki. Semangat dan kekuatan muncul saat keluarga di rumah dan di kantor memberikan aura positif buat kita.
  • Waktu yang singkat tidak membuat suatu rencana menjadi gagal, berfikir positif dan bekerjasama yang baik akan membuat semua bisa berjalan dan terlaksana dengan baik.
  • Kesempatan terbaik tidak akan pernah datang dua kali, dengan hati yang kembali bersih kita membangun kebersamaan dan kesatuan dalam perbedaan.
  • Setiap manusia adalah unik namun kesamaannya yaitu akan merasakan bahagia jika di hari spesialnya kita berikan sesuatu yang disukainya. Itu menunjukkan bahwa kita saling peduli.

Tentu saja, semua yang mereka paparkan bisa kita ikuti secara berkala di Mading dengan nama keren: FishWorld.

Mading FishWorld

Merayakan Sepenggal Perjalanan

Setiap hari ada saja alasan yang bisa ditemukan untuk “celebrate” sambil mensyukuri penggalan perjalanan hidup tersebut. Siang itu bersama 10 anggota “Choose Your AttitudeFishFUN Team, kami berkumpul di sebuah rumah makan untuk sekedar merayakan penggalan perjalanan, di mana tim ini bertugas untuk menjadi pengawal.

Sambil makan siang, saya mendapatkan masukan santai dari team Choose Your Attitude. Ada tiga yang baru masuk ke perusahaan berkata:

“Kami berterima kasih sekali bahwa kegiatan FishFun ini membuat kami cepat menyatu dengan team CHR lainnya. Bukan hanya itu. Dalam tim yang juga terdapat senior kita, kita merasa didorong untuk mengeluarkan pendapat, dipacu untuk menggali ide-ide kreatif agar team bisa tampil maksimal.”

Dan observasi mereka meneguhkan, bahwa kekompakan tim secara menyeluruh merupakan salah satu faktor suksesnya program yang dijalankan.

Ada juga yang lebih lama di perusahaan mengedepankan pengalamannya:

“Karena lokasi kerja tidak selamanya di lantai yang sama dengan teman-teman lain, pertemuan sejauh itu tidak lebih dari ucapan selamat pagi/siang dan ungkapan hai. Karena masing-masing akhirnya terbenam dalam kesibukan masing-masing. Sekarang, dengan aktivitas FishFUN, ditemukan alasan untuk lebih dekat, lebih mengenal dan lebih bisa bekerja sama. Dan ada saja alasan setiap hari untuk berinteraksi.”

Dan berbagai kreasi pun muncul sebagai buah dari kebersamaan itu, buah dari keterbukaan untuk saling membagi dan belajar (Learning and Sharing). Dan lebih penting lagi adalah belajar itu bukan sekedar pengetahuan tapi seni mengimplementasikannya.

“He that has sense knows that learning is not knowledge, but rather the art of using it.”  (Richard Steele)

Bookmark and Share

6 Responses to Hasrat untuk Belajar

  1. Damianus Rangga says:

    Pak Josep, terima kasih inspirasinya ini pagi, dgn fishfun team saling berbagi dan belajar tentunya.

    • josef josef says:

      Terima kasih Damianus Rangga, seriap hari, sekitar kita selalu ada kesempatan untuk belajar dan berbagi. Terima kasih tanggapannya

  2. dini says:

    Great inspiration Pak…met pagi

  3. eriman says:

    Inspiratif banget Pa Jos, pak bisa share langsung ke tim kami kah? biar kami datang ketemu bapak atau tim yang ditunjuk bapak, mumpung masih kecil dan belum sebesar perusahaan bapak, moga bisa menjadi modal dasar untuk menjadi besar. Terima kasih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET