Ikhlas Memaafkan

Posted on July 7th, 2015

“True forgiveness is not an action after the fact, it is an attitude with which you enter each moment.” (David Ridge)

BULAN RAMADHAN baru memasuki minggu yang kedua saat itu. Suasana kerja seakan terus mempertahankan ritme yang sudah ada. Tak ada kesan slow down, atau langkah yang kendor karena puasa. Bahkan pancaran ekspresi wajah teman-teman yang puasa masih seperti biasa, penuh senyum ceria, bisa diajak bercanda sambil gelak ketawa.

Yang berulang-tahun di periode ini pun mendapat perhatian yang tak berkurang. Karena itu tidak mengherankan, bahwa tim yang merancang acara Buka Puasa Bersama CHR mengedepankan tema: “Ramadhan Ceria” dengan tag line: “Mari Bersihkan Hati dengan Ikhlas Memaafkan”

foto1

Benang Merah Kebersamaan

Di Fish World dekat pintu masuk masih terpampang foto-foto kekeluargaan kami di tempat kerja, warna-warni berbagai event dengan pancaran wajah gembira semua anggota. Sementara itu di dinding sebelah kiri, sajian keakraban di rumah, hasil lomba foto keluarga. Foto-foto tersebut seakan menjadi pengantar masuk ke ruang di mana acara Buka Puasa Keluarga CHR diselenggarakan.

Dalam sambutan pembukaan, saya mengetengahkan pilihan yang dilakukan oleh setiap anggota, setiap hari: “Membangun Mindset Positif.” Pilihan yang didasari pada filosofi FISH, Choose Your Attitude, sudah menjadi komitmen kami semua, yaitu: Melangkah memasuki tempat kerja, dengan membawa tekad untuk berperilaku positif, saling membantu, saling peduli, saling mengingatkan, demi melangkah bersama. Hanya perilaku positif seperti itu yang bisa menjadi landasan membangun suasana kekeluargaan di tempat kerja.

Ringankan Langkah Ke Depan

Semua kami adalah manusia, dengan beragam karakter. Ada yang mudah ada yang sulit dalam mengajak bekerja sama. Ada yang peka menangkap signal dari teman yang membutuhkan uluran tangan. Ada pula teman yang asyik dalam kesendirian. Ada yang mudah melupakan hal yang menyakitkan hati, ada yang terbiasa meninggalkan ganjelan di tempat kerja, begitu melangkah pulang ke rumah. Semua ini perlu dicermati, perlu dibuat transparan.

Karena itu kami semua ingin menggunakan kesempatan baik untuk sungguh-sungguh saling memaafkan dengan ikhlas. Dengan demikian ganjalan dan beban masa lalu bisa dilepas, ditinggal sebagai sejarah masa lalu. Ini akan memungkinkan langkah ke depan akan terasa lebih ringan tanpa beban.

Warna-Warni Perayaan

Acara dirancang dengan kolaborasi FishTeam PLAY dan Choose Your Attitude. Mereka jeli mencermati detail: slide yang warna-warni, kostum bebas tapi dengan aneka warna ceria, bahkan sajian makanan di meja pun tidak ketinggalan warna-warninya. Semuanya mandiri dengan talent internal: paduan suara, SEMYR renungan kultum dibawakan oleh Pak Yudhi, dan tentu saja Imam dari CHR yang memimpin Sholat Maghrib mengambil tempat di ruang kerja saya sendiri.

Tak Perlu Menunggu Bulan Puasa

Buka puasa hanya merupakan salah satu alasan untuk menciptakan momen kebersamaan. Hanya salah satu momen untuk melakukan refleksi tentang berbagai tindak langkah sejauh ini, untuk kembali membangun tekad untuk melangkah dengan cara yang lebih positif penuh tanggung jawab, baik untuk kehidupan professional di tempat kerja, ataupun kehidupan pribadi di keluarga dan masyarakat. Tata Nilai yang kami hidupi di tempat kerja hendaknya senantiasa menjadi panduan.

“Dengan DISIPLIN sebagai falsafah hidup, kami menjalankan usaha kami dengan menjunjung tinggi INTEGRITAS, MENGHARGAI semua pemangku kepentingan dan  secara bersama-sama membangun KESATUAN untuk meraih KEUNGGULAN dengan cara melakukan INOVASI yang berkelanjutan.”

Ini merupakan sebuah janji, termasuk janji untuk saling mengingatkan dan membantu. Dan di dalamnya terkandung janji untuk saling terbuka, saling memaafkan. Bila semua itu bisa kita jalankan secara konsisten, akan merupakan sebuah karunia luar biasa yang tak akan henti-hentinya kita syukuri bersama.

Moment SerTiFish

Tak terasa, Fish Team PLAY, telah menemani kebersamaan kami selama dua bulan. Jejak langkah yang mereka tinggalkan akan terus menjadi parameter bagi tim berikutnya untuk “Keep Raising the Bar” alias terus memacu hasil yang lebih tinggi.

Dalam acara SerTiFish, alias Serah Terima Tugas FishFUN, team Choose Your Attitude nampak sudah sangat siap dengan rancang program, yang bahkan sudah didiskusikan sebelum serah terima ini.

SerTiFISH

Proaktivitas seperti ini akan bisa memberikan kami semua keyakinan, bahwa suasana kerja kami akan terus dipenuhi warna-warni ide dan inisiatif positif dalam menunjang kerja kami masing-masing. Untuk itu, saya mengajak semua anggota keluarga CHR: “Mari Bersihkan Hati dengan Ikhlas Memaafkan.”

“To forgive is the highest, most beautiful form of love. In return, you will receive untold peace and happiness.” (Robert Muller)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih, kalau insight yg Rolin dapat juga dibagi ke teman2, akan bertambah kaya ilmu Rolin. Salm

Rolin:
Terimakasih selalu menginspirasi,Pak Josef. Seperti sumur, semakin dalam digali, semakin jernih airnya

josef:
Terima kasih mba Nurlita Magdalena, sudah sempatkan menyimak kisah di blog ini dan memberikan komennya. Sukses...

Nurita Magdalena:
Terima kasih atas tulisannya Pak, sangat menginspirasi

josef:
Terima kasih Dimy, silahkan menyimak 748 artikel yang ada di blog ini dari berbagai kategori, semoga...


Recent Post

  • Percaya Pada Diri Sendiri
  • Saya Mengaku Salah
  • Advis Utama Seorang CEO: Be Yourself
  • Building Resilience with Growth Mindset
  • Year End Meaningful Conversation
  • Inspirasi dari Pelosok Nusantara
  • Produktivitas Tanggung Jawab Semua Pemimpin
  • Terima Kasih Boleh Melayanimu
  • Tidak Semudah Itu Ferguso
  • Self Coaching for Better Tomorrow